Isi surat AW, terduga pemilik bom panci

JAKARTA, Indonesia — Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan pihaknya masih mendalami surat yang ditemukan di kamar AW, terduga pemilik bom panci yang meledak pada Sabtu, 8 Juli 2017.

"Untuk surat sedang didalami, ditemukan di rumah kontrakan AW," ujar Rikwanto melalui pesan singkat di Jakarta, Minggu 9 Juli 2017.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah bom meledak di sebuah kamar kontrakan yang disewa AW di area Kubang Beureum, Kelurahan Sekajati, Kecamatan Buah Batu pada Sabtu sore, 8 Juli.

Ledakan dipastikan berasal dari bom panci setelah petugas Kepolisian memeriksa kamar kontrakan. Di kamar tersebut polisi menemukan panci berisi paku dan rangkaian bom yang sudah meledak.

Rikwanto mengatakan surat yang ditemukan tersebut antara lain berisi pernyataan baiat AW kepada Khilafah Daulah Islamiyah Abu Bakar Al Baghdadi.

"Saya berbaiat kepada Khilafah Daulah Islamiyah Abu Bakar Al Baghdadi untuk taat dan patuh kepada perintahnya. Baik dalam keadaan senang, sedih, susah, lapang. Saya tidak mungkin merebut kekuasaan darinya," demikian penggalan bunyi surat tersebut. —Rappler.com