Taeyang sukses 'sihir' para fans dalam konser 'White Night'

JAKARTA, Indonesia - Setelah G-Dragon datang ke Jakarta pada 3 September lalu, kini giliran personel BIGBANG lainnya, Taeyang, yang menyambangi Ibu Kota. Pada Jumat, 14 Oktober, Taeyang menggelar konser di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Konser ini merupakan bagian dari rangkaian tur dunia Taeyang, 2017 World Tour White Night dan dipersembahkan oleh promotor menggagas konser G-Dragon, IME Indonesia. 

Meski dijadwalkan tampil pada jam delapan malam, venue sudah mulai padat sejak pukul 16.30 WIB. Terlihat antusias para VIPs, begitu sebutan penggemar BIGBANG, yang menggunakan beragam atribut terutama crownstick andalan mereka. 

Tak seperti kebanyakan konser lainnya, konser White Night in Jakarta berjalan tepat waktu. Sejak pukul 19.30 WIB mayoritas penonton sudah di tempat duduk masing-masing, menunggu idola mereka tampil. Uniknya, dalam konser ini tidak ada penonton yang berdiri, IME menyediakan kursi bagi semua kategori. Hal ini diumumkan oleh pihak promotor sehari sebelum konser digelar lewat akun sosial media mereka.

[TAEYANG 2017 WORLD TOUR WHITE NIGHT IN JAKARTA, 13 OKTOBER 2017 8PM, JI EXPO HALL B3] Due to safety reasons we have made a few changes so please check this official announcement. #TAEYANG #TAEYANGinJKT #WHITENIGHTinJKT A post shared by IME INDONESIA (@ime_indonesia) on Oct 11, 2017 at 10:32am PDT

Tepat sesuai jadwal, Taeyang menyambut penggemarnya di Jakarta dan membuka konser dengan lagu BIGBANG, Ringa Linga dan dilanjutkan oleh Body yang langsung dinyanyikan oleh para VIPs. Pemilik nama asli Dong Young-bae ini melanjutkan dengan lagu dengan nuansa pop yang sangat kental, Superstar. 

Dengan baju serba putih, Taeyang mulai menyanyikan lagu Wake Me Up dari album terbarunya dalam posisi tidur di tengah panggung ditemani dengan dekorasi khas White Night yang berbentuk seperti bulan purnama. Suasana mellow berlanjut ketika Taeyang membawakan Only Look At Me dan Wedding Dress dengan suara lembutnya. Dua lagu tersebut berasal dari albumnya pada 2010 bertajuk Solar. 

This is Taeyang, what’s up Jakarta town? I miss you guys a lot, did you miss me?” ujar Taeyang dan dibalas dengan teriakan para VIPs yang memenuhi Hall B3. 

Ini memang bukan kali pertama Young-bae datang ke Jakarta, pada 2015 silam ia menggelar konser dalam rangka tur album RISE dan di acara Saranghaeyo Indonesia pada 2016. 

Dengan bahasa Inggris yang lancar, Taeyang berbincang-bincang dengan para penonton. Ia mengatakan bahwa album ketiganya, White Night, merupakan album yang paling ia nikmati proses pembuatannya. “ I’m very satisfied and happy about the way it turned out,” lanjut rapper BIGBANG ini. 

Tak lama-lama, Taeyang melanjutkan jalannya konser dengan lagu upbeat berjudul AMAZIN’ dan disambung dengan 1AM. 

Masuk ke babak kedua konser, Taeyang membawakan lagu NAKED berbalut jaket bulu berwarna, baju sequin, celana jins ripped, dan sepatu sneakers. Semua yang dikenakannya berwarna putih, bahkan rambut Taeyang yang berwarna platinum pun terlihat senada dengan keseluruhan busananya. 

Dalam lagu So Good Taeyang memamerkan suara jernihnya yang bernuansa R&B dilengkapi dengan tata panggung bernuansa merah. Kemudian setelah gelap sesaat, Taeyang menyanyikan I Need a Girl hanya diiringi gitar akustik membuat lagu ini mirip seperti lagu-lagu milik penyanyi asal Inggris, Ed Sheeran. 

Dengan jaket yang telah ditanggalkan, Taeyang menyanyikan Empty Road yang membuat penggemar histeris karena suara falsetto miliknya yang begitu terkontrol. Setelah membawakan dua lagu lambat, konser kembali digebrak dengan lagu Ride. 

Taeyang kembali menghilang untuk mengganti busana dan kembali dengan baju blus sheer bermotif bunga yang tentu saja berwarna putih. Ia membawa Tonight dan Love You to Death yang turut dinyanyikan oleh para penggemarnya. 

Para VIPs tak letih-letihnya mengucapkan chant dan mengangkat crownstick mereka di udara, menciptakan yellow ocean atau lautan kuning, warna khas dari fandom BIGBANG. 

Penggemar dikejutkan ketika Taeyang bermain piano di tengah panggung dan menyanyikan lagu BIGBANG berjudul Last Dance. 

“ Every time I sing this song I miss BIGBANG a lot, the biggest happiness and joy in my life is having my BIGBANG members,” ungkap Young-bae setelah selesai menyanyikan lagu ballad tersebut. 

Taeyang melanjutkan dengan mengatakan bahwa lagu berikutnya merupakan lagu terakhir dari konsernya di Jakarta. Tentunya hal ini disambut dengan teriakan kecewa seluruh VIPs. Ketika selesai menyanyikan Darling dari album terbarunya, White Night, Taeyang mengucapkan selamat tinggal dan panggung menjadi gelap. 

We want more!” teriakan menggema di seluruh sudut Hall B3. Para penonton belum puas, pasalnya mereka kecewa konser tesebut berakhir setelah baru berjalan selama satu jam. 

Permintaan mereka terkabuli ketika Taeyang keluar untuk membawakan lagu encore berjudul Break Down dengan menggunakan kostum berbeda: baju hitam bertuliskan ‘White Night’ dan topi dengan nama aslinya. Taeyang menampilkan kebolehan menainya yang apik dalam lagu Good Boy. 

Setelah lagu Stay with Me, Taeyang mengucapkan terima kasihnya dan berjalan ke atas panggung dengan tujuan menutup konser. Namun dua layar LED di atas panggung tidak membuka, membuat Taeyang tidak bisa pergi. Ia sempat mengetuk-ngetuk layar tersebut yang membuat penonton tertawa melihat aksinya yang jenaka. 

Taeyang berjalan ke tengah panggung, tersenyum, dan berkata “ we still have more songs.” 

Taeyang mengejutkan penonton dengan lagu BANG BANG BANG dan Fantastic Baby dari BIGBANG ia nyanyikan dengan enerjik dan membuat seluruh VIPs berdiri dan ikut berjoget. 

Konser 2017 World Tour White Night in Jakarta ditutup oleh Taeyang dengan menyanyikan lagu ballad-nya yang paling ditunggu-tunggu dengan judul Eyes, Nose Lips. Hall B3 dipenuhi nyanyian para VIPs dengan sungguh menghayati lagu ini. 

 

Konser terakhir sebelum vakum 

Sudah diketahui para penggemarnya bahwa anggota BIGBANG akan mengikuti wajib militer pada tahun 2018 dan berjalan hingga 2020. Artinya, rangkaian konser comeback solo dari Taeyang ini merupakan konser terakhirnya sebelum ia vakum dari dunia hiburan. 

Mengetahui hal itu, penampilan Taeyang pada White Night in Jakarta tentu menjadi penutup yang manis sebelum perpisahan sementara dengan para VIPs. - Rappler.com