Mengenal 5 kreator YouTube Indonesia penerima Gold Play Button

JAKARTA, Indonesia —Sebagai sarana hiburan dalam era digital, YouTube telah melahirkan beberapa entertainer dengan konten beragam yang dapat dinikmati masyarakat luas. Dalam usaha menghargai para kreatornya, YouTube memberi piagam bagi mereka yang telah menembus angka subscriber hingga ribuan bahkan jutaan.

Gold Play Button adalah piagam yang diberikan bagi kreator dengan jumlah subscribers yang telah melebihi 1 juta. Beberapa kreator asal Indonesia pun berhasil meraih piagam ini karena konsistensi mereka dalam menghasilkan konten terbaik.

Berikut adalah daftar nama beberapa kreator YouTube asal Indonesia yang telah meraih Gold Play Button.

Raditya Dika

Dengan lebih dari 2 juta pelanggan, Raditya Dika merupakan kreator YouTube asal Indonesia dengan jumlah subscribers tertinggi. Dika yang mengawali karier sebagai novelis ini telah mengembangkan kariernya ke berbagai bidang seperti menjadi sutradara, komika, dan aktor layar lebar. YouTube adalah salah satu platform yang ia gunakan sebagai perpanjangan tangan karyanya.

Pria berusia 33 tahun ini mengisi saluran YouTube-nya dengan konten vlog, tutorial, dan hal-hal berbau komedi lainnya. Dika mendapatkan Gold Play Button pada 2014 silam.  

SkinnyIndonesian24

Kakak-beradik Andovi dan Jovial da Lopez memenuhi saluran YouTube mereka yang bernama SkinnyIndonesian24 dengan konten-konten komedi yang memiliki materi seputar kehidupan sehari-hari remaja.

Duo lelaki ini baru saja mendapatkan penghargaan Gold Play Button mereka pada acara pembukaan YouTube Pop-Up Space Jakarta yang bertempat di Art:1 New Museum, Jakarta Pusat, pada Senin, 18 September 2017.

Dengan moto ‘fearless intelligent Indonesian’ kreator ini merayakan momen penting ini dengan cara memberi beasiswa kuliah bagi dua orang yang terpilih.

“Dari kecil tertanam di gue dan Dovi bahwa pendidikan itu penting. Banyak anak sekarang yang bercita-cita jadi YouTubers, itu nggak salah, tapi banyak hal lain yang bisa diraih lebih dari itu. Semuanya bisa terbuka dengan adanya pendidikan,” jelas Jovi ketika diwawancarai Rappler usai acara.

Baik Jovi dan Dovi berharap dapat melanjutkan program beasiswa kuliah ini di masa-masa mendatang.

Ria Ricis

Ria Ricis adalah perempuan pertama yang meraih Gold Play Button dari YouTube. Salurannya dipenuhi dengan konten yang ditujukan bagi anak-anak seperti mengulas mainan squishy dan slime. Hal ini ia lakukan demi menyelamatkan konten bagi anak-anak dan menunjukkan sesuatu yang positif untuk ditiru.

Ria mengaku, salah satu strateginya dalam mendapatkan banyak subscriber adalah dengan sering mengadakan giveaway atau membagi-bagikan barang kepada para penontonnya.

“Sering giveaway bisa jadi langkah tercepat mendapat subscriber. Aku sendiri sering giveaway barang-barang seperti squishy, parfum, dan hijab,” tutur Ria ketika diwawancarai oleh Rappler.

Bayu Skak

Bayu Eko Moektito atau yang lebih dikenal dengan nama Bayu Skak berhasil meraih 1 juta pelanggan pada bulan April 2017. Ia mengaku memiliki banyak suka duka selama 7 tahunnya menjadi kreator YouTube.

“Dulu videonya hanya bisa lipsync musik dari berbagai angle kamera. Kemudian titik balik itu ketika mengenal vlog dan menerapkan teknik monolog pada 2011,” ujar Bayu ketika diwawancarai Rappler di acara pembukaan YouTube Pop-Up Space.

Bayu mengatakan jumlah pelanggan salurannya bertambah drastis setelah tahun 2015 kala ia mendapatkan 500 ribu pelanggan.

Lelaki yang dikenal dengan video-video komedi berbahasa Jawa ini menjadi kreator luar Jakarta pertama yang mendapatkan Gold Play Button.

Tim2One

Duo yang terdiri dari Chandra Liow dan Tommy Limmm ini merupakan kreator Indonesia keempat yang mendapatkan penghargaan Gold Play Button. Saluran mereka yang bernama Tim2One kerap menampilkan konten-konten cover lagu atau sketsa yang penuh humor.

—Rappler.com