LIVE UPDATES: Pilkada serentak 2017

JAKARTA, Indonesia — Hari ini, 15 Februari 2017, warga Indonesia kembali menggunakan hak pilih mereka untuk memilih pemimpin dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

Ini adalah kali kedua Pilkada serentak diadakan di Indonesia, setelah sebelumnya dilaksanakan pada 9 Desember 2015 lalu.

Tahun ini, Pilkada serentak digelar di 101 daerah, yang terdiri dari 7 provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota. 

Bagaimana jalannya Pilkada serentak tahun ini? Simak perkembangannya di LIVE UPDATES di bawah ini:

‘Quick count’ Indikator: Wahidin-Andika ungguli Rano-Embay di Pilkada Banten

Cagub Banten Wahidin Halim (ketiga kiri) memberikan pernyataan kemenangannya berdasarkan sejumlah hasil survei dengan kemenangan di atas 51 persen. Foto oleh Lucky R./Antara

Cagub Banten Wahidin Halim (ketiga kiri) memberikan pernyataan kemenangannya berdasarkan sejumlah hasil survei dengan kemenangan di atas 51 persen. Foto oleh Lucky R.

/Antara

Hasil penghitungan cepat Lembaga survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan, pasangan cagub-cawagub Banten nomor urut 1, Wahidin Halim-Andika Hazrumy, mendapat suara terbanyak, yakni 50,32%.

Sementara paslon nomor urut 2, Rano Karno-Embay Mulya Syarif, mendapatkan perolehan suara sebesar 49,68 persen suara.

Rano merupakan Plt Gubernur Banten saat ini. Ia menggantikan posisi mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus korupsi. 

Sementara Andika Hazrumy merupakan putra sulung Ratu Atut.

Pilkada Kota Jayapura, wartawati dapat intimidasi 

Proses pemungutan suara Pilkada Kota Jayapura diwarnai intimidasi dan ancaman terhadap wartawati Radio Republik Indonesia (RRI) Jayapura yang sedang melaksanakan tugas di TPS 30 Kompleks Hanyaan, Kelurahan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura

Wartawati bernama Lina itu diusir bahkan diancam keluar dari TPS saat melaporkan suasana proses pemungutan suara. 

"Benar, saya diintimidasi dan diusir dari TPS 30 Entrop, bahkan diancam akan dibunuh bila tidak segera pergi dari lokasi," kata Lina. Baca di sini untuk kronologi lengkapnya

TPS di Sorong hentikan pemungutan suara karena kekurangan surat suara

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada TPS 01 Kelurahan Malanu, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, menghentikan sementara pemungutan suara karena kekurangan surat suara.

Ketua KPPS Toto mengatakan, penundahan waktu pencoblosan tersebut atas kesepakatan warga pemilih dan saksi-saksi partai karena kekurangan 200 surat suara pemilihan gubernur.

Dia mengatakan, jumlah DPT pada TPS itu 421 namun surat suara Gubernur yang diterima oleh KPPS dari KPU hanya 221 kekurangan 200 surat suara. Selengkapnya di sini

Sejumlah TPS di Cilacap terendam banjir

Sejumlah tempat pemungutan suara di Kecamatan Sidareja dan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dilaporkan terendam banjir, kata Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Cilacap Warsid.

"Berdasarkan informasi yang kami terima semalam di Sidareja ada 12 TPS yang terendam dan di Kedungreja ada satu TPS. Tadi pagi, ada beberapa yang dipindahkan, sedangkan yang lain masih bisa digunakan," kata Warsid.

Kendati demikian, dia mengatakan tidak ada logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cilacap yang terendam banjir.

Berdasarkan pantauan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), pelaksanaan pemungutan suara di Sidareja dan Kedungreja berjalan lancar meskipun terjadi banjir. Selengkapnya di sini.

Ratusan TPS di Kota Yogyakarta rawan pelanggaran

Warga melihat Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditempel di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Pango Raya, Banda Aceh, Aceh, Selasa (14/2). Foto oleh Irwansyah Putra/ANTARA

Warga melihat Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditempel di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Pango Raya, Banda Aceh, Aceh, Selasa (14/2).

Foto oleh Irwansyah Putra/ANTARA

Badan Pengawas Pemilu Daerah Istimewa Yogyakarta menyebut 492 tempat pemungutan suara (TPS) dari total 794 masuk dalam kategori rawan pelanggaran.

Anggota Bawaslu DIY Sri Rahayu Werdiningsih mengatakan ada lima bentuk kerawanan TPS. Akurasi data pemilih, ketersediaan logistik, politik uang, keterlibatan penyelenggara negara, dan profesionalitas penyelenggara pemilihan.

Ada 130 TPS dengan kerawanan kombinasi seperti itu. Misalnya saja, pada satu TPS terdapat indikasi ketidakakuratan data, politik uang, hingga masalah profesionalitas petugas pemungutan suara. “TPS dengan kerawanan kombinasi paling banyak ada di Kecamatan Kraton,” katanya. Selengkapnya di sini.

5.000 personel TNI/Polri amankan Pilkada Jawa Tengah

Sejumlah personel kepolisian Polres Aceh Timur mengikuti apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan TPS Pilkada 2017 di Gedung Idi Sport Center (ISC), Aceh Timur, Aceh, Senin (13/2). Foto oleh Syifa Yulinnas/ANTARA

Sejumlah personel kepolisian Polres Aceh Timur mengikuti apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan TPS Pilkada 2017 di Gedung Idi Sport Center (ISC), Aceh Timur, Aceh, Senin (13/2).

Foto oleh Syifa Yulinnas/ANTARA

Sebanyak 5.439 personel gabungan TNI/Polri dikerahkan ke tujuh daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak di Jawa Tengah.

“Ada ribuan TPS yang akan dijaga aparat kepolisian serta TNI pada pagi ini, kita telah menggelar apel siaga dan siap mengamankan jalannya coblosan agar aman," kata Kabid Humas Polda Jateng Komisaris Besar Djarod Padakova.

Sementara untuk pasukan TNI yang diterjunkan dalam pengamanan Pilkada di tujuh daerah sebanyak 1.253 personel. Mereka saat ini sudah berada di lapangan dan akan menghalau segala bentuk potensi kericuhan di tiap wilayah. Selengkapnya di sini.

101 daerah yang gelar Pilkada serentak 2017

Provinsi

Kabupaten
1. Mesuji
2. Lampung Barat
3. Tulang Bawang
4. Bekasi
5. Banjarnegara
6. Batang
7. Jepara
8. Pati
9. Cilacap
10. Brebes
11. Kulonprogo
12. Buleleng
13. Flores Timur
14. Lembata
15. Landak
16. Barito Selatan
17. Kotawaringin Barat
18. Hulu Sungai Utara
19. Barito Kuala
20. Banggai Kepulauan
21. Buol
22. Bolaang Mongondow
23. Kepulauan Sangihe
24. Takalar
25. Bombana
26. Kolaka Utara
27. Buton
28. Boalemo
29. Muna Barat
30. Buton Tengah
31. Buton Selatan
32. Seram Bagian Barat
33. Buru
34. Maluku Tenggara Barat
35. Maluku Tengah
36. Pulau Morotai
37. Halmahera Tengah
38. Nduga
39. Lanny Jaya
40. Sarmi
41. Mappi
42. Tolikara
43. Kepulauan Yapen
44. Jayapura
45. Intan Jaya
46. Puncak Jaya
47. Dogiyai
48. Tambrauw
49. Maybrat
50. Sorong
51. Aceh Besar
52. Aceh Utara
53. Aceh Timur
54. Aceh Jaya
55. Bener Meriah
56. Pidie
57. Simeulue
58. Aceh Singkil
59. Bireun
60. Aceh Barat Daya
61. Aceh Tenggara
62. Gayo Lues
63. Aceh Barat
64. Nagan Raya
65. Aceh Tengah
66. Aceh Tamiang
67. Tapanuli Tengah
68. Kepulauan Mentawai
69. Kampar
70. Muaro Jambi
71. Sarolangun
72. Tebo
73. Musi Banyuasin
74. Bengkulu Tengah
75. Tulang Bawang Barat
76. Pringsewu

Kota
1. Banda Aceh
2. Lhokseumawe
3. Langsa
4. Sabang
5. Tebing Tinggi
6. Payakumbuh
7. Pekanbaru
8. Cimahi
9. Tasikmalaya
10. Salatiga
11. Yogyakarta
12. Batu
13. Kupang
14. Singkawang
15. Kendari
16. Ambon
17. Jayapura
18. Sorong

—Rappler.com