Museum UGM, saksi bisu masa kecil Obama di Yogyakarta

JAKARTA, Indonesia - Tidak banyak yang tahu bahwa selain menghabiskan masa kecil di Jakarta, mantan Presiden Barack Obama juga kerap menyambangi Yogyakarta. Hal itu dilakukan saat Obama memasuki masa libur sekolah.

Sebuah bangunan bercat putih di Perumahan Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) di area Bulaksumur, Sleman, menjadi saksi bisu. Bangunan yang kini dijadikan museum UGM itu kerap menjadi tempat Obama menghabiskan masa libur saat bertandang ke kota gudeg tersebut.

“Obama selalu menghabiskan waktu liburannya di sini setiap ke Yogyakarta,” ujar pengelola Museum UGM, Widodo, yang ditemui pada Rabu, 28 Juni.

Dia menjelaskan bangunan di Jalan Bungur nomor D-7 itu merupakan tempat tinggal Prof. Imam Soetikno yang merupakan paman tiri Obama. Dia merupakan kakak dari ayah tiri Obama, Dr. Soetoro yang tidak lain merupakan suami Dr. Ann Dunham.

Rumah itu sempat dihuni oleh Imam Soetikno. Ibu Obama, Ann Dunham pun juga pernah tinggal di sana dan bekerja sebagai staf peneliti di Pusat Studi Kependudukan UGM.

“Ruang kerja (di museum UGM Blok D-7) yang penuh buku dulu dijadikan kamar tidur oleh Obama. Kamar itu dipakai ayah tiri dan ibunya,” kata Widodo.

Namun, kendati telah ditinggalkan selama 46 tahun, bangunan dan kamar tersebut masih rapi. Beberapa perabot seperti koper, dipan dan kursi kayu masih bersih dan terawat. Benda-benda itu, dulunya juga pernah digunakan oleh Presiden ke-44 Amerika Serikat tersebut.

Widodo menjelaskan, dipan yang menjadi tempat tidur, semula ada dua buah. Namun, satu dipan kini berada di Semarang, Jawa Tengah. Sedangkan, satu dipan yang ada sampai saat ini hanya dipindah sewaktu-waktu untuk mengganti suasana.

Selain dipan, ada pula kursi kayu yang biasa digunakan oleh Obama. Biasanya, dia duduk di kursi tersebut saat berada di beranda rumah.

“Tetapi, kursinya kini kami masukan ke ruang tamu,” tuturnya.

Sedangkan, koper yang pernah dipakai Obama kini disimpan di dalam museum. Menurut Widodo, Obama biasanya menaruh koper itu di sebelah selatan kamar.

Lalu, ada pula mainan yang berbentuk kotak. Sayang, mainan itu sudah rusak.

Saat ini, ruang bekas kamar yang ditempati Obama diberi nama “Barry”. Ruang itu diisi dengan berbagai benda yang pernah digunakan Obama. Terlihat pula beberapa foto Obama saat masih kecil bersama keluarga.

“Semua isi ruangan masih seperti aslinya. Posisi benda di dalamnya juga. Ini menjadi tempat Obama menginap ketika dia berlibur ke Yogyakarta,” kata dia.

Ingkung dan hobi panjat pohon

MASA KECIL. Beberapa foto yang menggambarkan masa kecil Barack Obama dan keluarga saat berada di rumah paman tirinya di Bulak Sumur, Sleman, Yogyakarta. Foto oleh Mustafa/Rappler

MASA KECIL. Beberapa foto yang menggambarkan masa kecil Barack Obama dan keluarga saat berada di rumah paman tirinya di Bulak Sumur, Sleman, Yogyakarta.

Foto oleh Mustafa/Rappler

Semua benda di rumah yang kini dijadikan museum itu turut menjadi saksi betapa Obama kecil sangat aktif. Widodo mengatakan, Obama sangat disayang oleh nenek tirinya.

Setiap kali dia berlibur dan menginap di rumah itu, neneknya akan membelikan ingkung atau daging ayam yang dimasak dalam kondisi utuh.

“Nenek tirinya itu selalu membelikan ingkung kalau Obama berlibur ke Yogyakarta. Obama memang suka sekali dengan ingkung,” tutur Widodo.

Selain menyukai ingkung, Obama kecil juga kerap memanjat pohon jambu yang ada di dekat rumah itu. Tetapi, pohon jambu yang dulu berada di sekitar bangunan tua itu sudah tidak terlihat berdiri batangnya.

Tidak diketahui apakah Obama akan mampir dan mengunjungi rumah paman tirinya selama berada di Yogyakarta. Dia tiba di Bandara Adisutjipto pada Rabu kemarin sekitar pukul 12:15 WIB.

Selama tiga hari berada di Yogyakarta, Obama dan keluarga menginap di Hotel Tentrem. Mereka sempat mengunjungi Candi Borobudur. Sementara, agenda hari ini, mereka berencana berkunjung ke Candi Prambanan. - Rappler.com