Neymar dibeli PSG Rp 3,5 triliun, FIFPro minta aturan transfer dikaji ulang

JAKARTA, Indonesia — Kepindahan Neymar ke Paris Saint Germain dengan nilai transfer mencapai 222 juta euro atau Rp 3,5 trilun mengundang banyak kritik.

Salah satunya dari organisasi yang menaungi para pemain sepak bola profesional dunia, FIFPro. Menurut mereka, transfer gila-gilaan PSG ke Barcelona menghancurkan keseimbangan kompetisi.

"FIFPro menyeru Komisi Eropa untuk menyelidiki aliran uang via biaya transfer dalam wilayah Uni Eropa untuk mengetahui dampaknya terhadap keseimbangan kompetisi di kawasan ini,” kata Sekrektaris Jenderal FIFpro Theo van Seggelen, Sabtu 5 Agustus 2017.

Theo menilai transfer senilai Rp 3,5 triliun yang dilakukan PSG untuk mendapatkan Neymar menunjukkan jika sepak bola kini hanya didominasi oleh segelintir klub-klub kaya. Akibatnya, kekuatan klub menjadi berat sebelah.

Karena itu mereka meminta Komisi Eropa untuk segera menggulirkan investigasi untuk menelisik aturan transfer dalam dunia sepak bola. “FIFPro meminta Komisi Eropa meluncurkan investigasi atas aturan transfer,” kata Theo. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com