5 pemain kunci kemenangan Chelsea

JAKARTA, Indonesia — Chelsea berhasil bangkit dari keterpurukan. Setelah musim lalu menyelesaikan Liga Primer Inggris hanya pada peringkat 10, musim 2016/2017 ini mereka berhasil meraih gelar juara dua pekan sebelum liga berakhir. 

Prestasi ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Antonio Conte, pelatih yang baru bersama Chelsea sejak awal musim ini. Sebelum bersama The Blues, Conte sempat menunjukkan prestasi gemilang bagi Juventus dan tim nasional Italia.

Selain sosok Conte, tentu peran para pemain tidak dapat diremehkan. Berikut adalah lima pemain yang paling berjasa dalam perebutan gelar juara bagi Chelsea musim ini.

David Luiz

David Luiz menggiring bola saat bermain melawan Southampton pada 25 April. Foto oleh Justin Tallis/AFP

David Luiz menggiring bola saat bermain melawan Southampton pada 25 April.

Foto oleh Justin Tallis/AFP

David Luiz merupakan mantan pemain Chelsea yang dibeli kembali dari Paris Saint-Germain dengan biaya 30 juta pounds. Saat tiba pertama kali, ia menjadi bahan cemoohan para penggemar sepakbola Inggris karena penampilannya bersama Chelsea sebelumnya tidaklah mengesankan. Namun pemain asal Brasil tersebut tidak peduli, ia justru menampilkan performa terbaiknya, menjadi kunci lini belakang Chelsea dengan agresivitas sekaligus ketenangannya.

Victor Moses

Victor Moses tampil saat Chelsea melawan Middlesbrough pada 8 Mei. Foto oleh Adrian Dennis/AFP

Victor Moses tampil saat Chelsea melawan Middlesbrough pada 8 Mei.

Foto oleh Adrian Dennis/AFP

Victor Moses telah bersama Chelsea sejak 2012 namun kerap dipinjamkan pada klub Inggris lainnya. Baru musim ini ia berhasil menjadi tumpuan untuk strategi 3-4-2-1 yang diterapkan Conte. Meskipun berada di posisi sayap yang bukan posisi aslinya, namun pemain asal Nigeria ini berhasil beradaptasi dan berhasil menjadi pemain utama dalam strategi serangan balik Chelsea yang mematikan musim ini.

N’Golo Kante

Pindah dari Leicester City, Kante kembali meraih gelar juara Liga Primer bersama Chelsea musim ini. Foto oleh Adrian Dennis/AFP

Pindah dari Leicester City, Kante kembali meraih gelar juara Liga Primer bersama Chelsea musim ini.

Foto oleh Adrian Dennis/AFP

Musim lalu Kante merupakan salah satu kunci prestasi Leicester City, sang kuda hitam yang secara mengejutkan menjadi juara Liga Primer musim 2015/2016. Dibeli seharga 32 juta pounds, pemain asal Perancis ini terus menampilkan performa terbaiknya. Ia bahkan mendapatkan penghargaan sebagai Player of the Year dari asosiasi pesepakbola profesional (PFA) dan asosiasi jurnalis sepakbola (FWA).

Eden Hazard

Eden Hazard jadi salah satu kunci prestasi Chelsea musim ini. Foto oleh Adrian Dennis/AFP

Eden Hazard jadi salah satu kunci prestasi Chelsea musim ini.

Foto oleh Adrian Dennis/AFP

Bintang saat Chelsea meraih gelar juara Liga Primer musim 2014/2015, Hazard sempat kehilangan performanya saat Chelsea terpuruk pada musim lalu. Namun gelandang sayap asal Belgia ini berhasil kembali ke penampilan terbaiknya musim ini. Hazard berhasil memanfaatkan kebebasan ekstra yang diberikan Conte untuk menunjukkan kehebatan dribble dan umpan-umpan cantiknya. Sebanyak 15 gol ia sarangkan ke gawang lawan sepanjang Liga Primer musim ini merupakan rekor pribadinya sejak pertama kali bergabung dengan Chelsea dari lille pada 2012. 

Diego Costa

Diego Costa berhasil mencetak 20 gol sepanjang musim Liga Primer musim 2016/2017. Foto oleh Glyn Kirk/AFP

Diego Costa berhasil mencetak 20 gol sepanjang musim Liga Primer musim 2016/2017.

Foto oleh Glyn Kirk/AFP

Senasib dengan Hazard, Costa sempat gagal menunjukan penampilan terbaiknya di bawah Mourinho musim lalu dan sering kali mengalami kesulitan untuk keluar dari pertahanan lawan. Namun performanya musim ini sangat jauh berbeda. Penyerang asal Brasil ini berhasil menunjukkan kemampuan terbaiknya dan menyarangkan 20 gol sepanjang musim. —dengan laporan AFP/Rappler.com