Polri kantongi identitas penyandang dana makar

Musisi Ahmad Dhani tiba untuk menjalani pemeriksaan di Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (5/1). Foto oleh Sigid Kunriawan/ANTARA

Musisi Ahmad Dhani tiba untuk menjalani pemeriksaan di Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (5/1).

Foto oleh Sigid Kunriawan/ANTARA

JAKARTA, Indonesia —Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli mengatakan saat ini pihaknya telah mengantongi identitas pemodal yang diduga menjadi penyandang dana dalam kasus makar.

"Penelusuran sekarang sumber keuangan, yang katakanlah dipakai untuk menopang kegiatan makar," kata Boy Rafli di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 9 Januari 2017.

Boy enggan menyebutkan siapa pemodal tersebut. Ia hanya mengatakan saat ini penyidik masih mengumpulkan bukti yang bisa menunjukkan keterkaitan pemodal tersebut dengan aksi makar.

Menurut Boy Rafli pihaknya masih membutuhkan sejumlah alat bukti untuk menjerat pemodal tersebut.  Salah satunya dengan menelusuri rekening 12 tokoh yang telah terjerat kasus ini.

Polri, kata Boy Rafli, telah menelusuri transaksi keuangan tokoh-tokoh tersebut dan akan diklarifikasi kepada pihak yang mentransfer.

"Nanti dilihat apakah ini memiliki relevansi khusus terhadap aktivitas orang-orang yang diduga sebagai tersangka dan tentunya akan dilihat dari pemeriksaan," jelas Boy.

Saat ini, Boy melanjutkan, pihaknya belum bisa menyimpulkan apakah aliran uang yang masuk memang diperuntukkan untuk mendukung aksi makar. 

“Kami harus hati-hati, tidak bisa serta merta menuduh begitu saja. Harus diverifikasi anggarannya untuk apa dan dalam rangka apa. Apabila ada unsur terpenuhi ada unsur bantuan, tentu sangat dimungkinkan adanya sangkaan," kata Boy. —Rappler.com