5 hal tentang Luis Milla, pelatih baru Timnas Indonesia

JAKARTA, Indonesia — Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya secara resmi mengumumkan penunjukan pelatih asal Spanyol, Luis Milla Alpas, sebagai pengganti Alfred Riedl menukangi tim nasional senior Indonesia pada Jumat, 20 Januari.

Luis Milla merupakan pelatih yang telah memiliki segudang pengalaman dalam dunia sepak bola. Apa saja? Berikut 5 hal tentang Luis Milla.

Memulai karier sepak bola sejak usia 16 tahun

Luis Milla adalah salah satu pria yang berhasil bertransformasi dari pemain hingga menjadi pelatih sepak bola. Ia memulai karir sepak bola bersama CD Teruel, sebuah tim junior klub lokal di Aragon, Spanyol, pada 1982. Saat ia masih berusia 16 tahun.

Bermain untuk Barcelona, Real Madrid, dan Valencia

Setelah bermain untuk Teruel, pesepakbola yang bermain di posisi gelandang bertahan ini kemudian bergabung dengan tim junior Barcelona pada 1983. Semusim kemudian, Luis Milla mencetak gol dalam debutnya bersama tim senior Barcelona saat melawan Real Zaragoza.

Pada 1990, Luis Milla juga sempat bergabung dengan skuad Real Madrid dengan total 165 penampilan selama 7 musim. Ia mengakhiri karir bermain sepakbolanya di klub Valencia pada 2001.

Melatih timnas junior Spanyol

Luis Milla pertama kali terlibat dalam kepelatihan profesional pada musim 2007/2008 bersama rekan setimnya di Barcelona dan Real Madrid, Michael Laudrup, yang pada saat itu melatih Getafe CF.

Pada musim panas setelah itu, Luis Milla ditunjuk sebagai pelatih timnas U-19 Spanyol dan berhasil menjadi runner-up Piala Eropa 2010.

Setahun setelah itu, pelatih kelahiran Aragon, Spanyol, 12 Maret 1966, ini dipercaya memimpin skuad U-21 timnas Spanyol, di mana ia berhasil membuat tim U-21 Spanyol menjadi juara Piala Eropa 2011.

Pernah melatih di Arab

Selain timnas junior, Luis Milla juga pernah menangani beberapa klub. Salah satunya adalah klub Al Jazira di Uni Emirat Arab. Ia juga pernah menjadi pelatih Real Zaragoza sebelum akhirnya terbang ke Indonesia untuk menjadi pelatih timnas.

Pernah melatih Juan Mata dan Ander Herrera

Sebagai pelatih timnas junior Spanyol, Luis Milla memiliki pengalaman menangani pemain-pemain bintang dari negara tersebut. Pemain yang pernah ia asuh antara lain adalah gelandang Manchester United Juan Mata serta Ander Herrera.

—Rappler.com