Mari berkenalan dengan Miss Universe 2016, Iris Mittanaere

JAKARTA, Indonesia — Kontestan asal Perancis, Iris Mittanaere, berhasil meraih gelar Miss Universe 2016 dalam acara puncak pada Senin, 30 Januari.

Perempuan yang baru saja berulang tahun ke-24 pada 25 Januari lalu ini berhasil mengalahkan 85 kontestan lainnya dan mendapatkan mahkota yang yang sebelumnya dikenakan kontestan asal Filipina, Pia Alonso Wurtzbach.

Setahun ke depan, Iris akan berkeliling dunia mengemban misi Miss Universe Organization. Siapakah dia?

Berikut beberapa fakta menarik tentang Iris Mittanaere:

Miss Universe dari Perancis pertama setelah 64 tahun

Iris bukanlah Miss Universe pertama yang berasal dari Perancis, namun saat negara Eropa Barat tersebut terakhir kali memenangkan Miss Universe adalah tahun 1953 atau 64 tahun yang lalu.

Saat itu Perancis diwakili oleh Christiane Martel, yang mulai meniti karier aktingnya setelah menyelesaikan tugas sebagai Miss Universe 1953.

Miss Universe Perancis Iris Mittanaere berpose imut. Foto oleh Alecs Ongcal/Rappler

Miss Universe Perancis Iris Mittanaere berpose imut.

Foto oleh Alecs Ongcal/Rappler

Miss Universe dari Eropa pertama sejak 1990

Tak hanya sebagai perwakilan Perancis, Iris juga mengharumkan nama Benua Biru. Pasalnya, ia merupakan kontestan asal Eropa pertama yang berhasil meraih mahkota Miss Universe sejak tahun 1990.

Terakhir kali kontestan asal Eropa juara adalah saat Mona Grudt dari Norwegia menjadi Miss Universe 1990.

Calon dokter gigi

Perempuan 172 cm ini merupakan mahasiswa kedokteran gigi tahun kelima dan masih membutuhkan waktu dua tahun lagi hingga lulus.

Iris terinspirasi menjadi dokter gigi karena mempunyai masalah dengan giginya saat masih kecil. Menurutnya, dokter giginya tersebut memiliki peranan yang besar pada dirinya hingga saat ini.

Suka memasak

Perancis terkenal dengan makanan lezatnya yang mendunia. Iris adalah salah satu warga Perancis yang sangat suka menghabiskan waktu untuk memasak.

“Saya sudah suka memasak sejak kecil di dapur ibu,” tutur Iris dalam video profilnya di Miss Universe.

Saat baru saja diumumkan masuk ke Top 13 Miss Universe 2016, perempuan kelahiran Lille, Perancis, ini juga sempat mengundang Steve Harvey untuk mencoba masakannya jika berkunjung ke Paris.—Rappler.com