'The Commuter': Ketika Liam Neeson terancam di kereta

JAKARTA, Indonesia — Sekali lagi Liam Neeson kembali memicu adrenalin penonton dengan film terbarunya The Commuter.

Film drama action ini berkisah tentang Michael McCauley, seorang pekerja perusahaan asuransi yang setiap hari pulang pergi dari rumah ke tempat kerjanya menggunakan kereta. Setelah sepuluh tahun pulang pergi dengan jadwal yang sama, Michael pun telah mengenal beberapa komuter lain yang juga memiliki jadwal serupa. Ia bahkan berteman dengan masinis dan kondektur kereta.

Suatu hari, tanpa peringatan apapun, Michael dipecat dari kantornya. Ia sangat terpukul, terlebih karena anaknya sedang membutuhkan uang banyak untuk masuk kuliah. Di hari yang sama, ketika di perjalanan pulang, ia diajak bicara oleh seorang wanita misterius bernama Joanna (Vera Farmiga). Joanna menawarkan sebuah tantangan untuk Michael yang berhadiah 100 ribu dolar.

Karena keluarganya sedang butuh uang, ia pun penasaran dengan tantangan tersebut. Tapi ketika seorang penumpang tewas, Michael sadar bahwa tantangan ini berbahaya. Ia pun berusaha untuk kabur, tetapi Joanna memiliki “mata” di dalam kereta dan menyandera keluarga Michael.

Michael pun akhirnya mengikuti permainan seperti yang Joanna minta, permainan yang menguji ketulusannya sebagai seorang manusia.

Menegangkan

Cerita yang ditawarkan The Commuter relatif sederhana, hampir sama dengan film-film Liam Neeson sebelumnya seperti Taken dan Non-Stop — Liam Neeson diminta menyelesaikan sebuah tugas demi menyelamatkan keluarganya. 

Meskipun premis cerita yang ditawarkan cenderung membosankan, tapi tidak membuat film ini kehilangan keistimewaannya. Penonton dibuat seolah-olah ikut berada di dalam kereta, merasakan ancaman yang ada. Apa lagi bagi para anker (anak kereta) yang sehari-harinya menggunakan kereta commuter line untuk beraktivitas.

Adegan action di dalam kereta juga cukup membuat jantung terpacu saat menonton film ini. Twist dibagian akhir yang cukup tak tertebak juga membuat film ini sangat patut untuk disaksikan, terutama bagi para penggemar film Liam Neeson sebelumnya. Perasaan kaget, tegang, dan naiknya adrenalin pasti akan dirasakan saat menonton film berdurasi 105 menit ini.

The Commuter akan tayang di Indonesia mulai 11 Januari mendatang dengan rating 17 tahun ke atas. —Rappler.com