SAKSIKAN: Polisi gendong warga ke rumah sakit

JAKARTA, Indonesia — Menjadi polisi berarti melayani warga dengan sepenuh hati. Mungkin prinsip itulah yang dipegang teguh Kepala Polsek Bunta Resor Banggai, Sulawesi Tengah, Iptu Candra SH.

Pada Senin 16 Oktober 2017 kemarin, Iptu Candra rela menggendong seorang warga Desa Doda, Kecamatan Simpang Raya, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, untuk mendapatkan pengobatan.

Warga bernama Isak Linggi (43 tahun) tersebut menderita luka bakar tujuh bulan lalu dan tak pernah mendapatkan perawatan medis. Sehingga Isak pun tak lagi bisa berjalan dengan kedua kakinya.

“Mendengar informasi itu, kami langsung berkoordinasi dengan kepala Desa pemerintah kecamatan, dinas kesehatan dan pihak RSUD Luwuk,” kata Kapolsek Iptu Candra.

Candra kemudian bergegas ke rumah Isak bersama Bhabinkamtibmas dan aparat desa setempat. Setelah itu Candra sendiri yang menggendong Isak di punggungnya. Isak duduk di atas kursi yang terbuat dari bambu lalu diikat yang kemudian dipikul oleh Candra di punggungnya.

“Jaraknya kurang lebih 5 kilometer. Kami berangkat dari jam 6 pagi tibanya sekitar jam 9 pagi,” kata Iptu Candra.

Medan yang ditempuh pun lumayan sulit. Candra harus melewati jembatan kayu dan menyebrangi sungai yang cukup lebar sambil terus menggendong Isak. “Isak Linggi (akhirnya) mendapatkan perawatan medis yang dipimpin dr Vermon Pakaya dan staf medis Puskesmas Bunta,” kata Iptu Candra.

“Alhamdulillah kami tiba di Puskesmas Bunta. Dan Isak Linggi mendapatkan perawatan medis yang dipimpin dr Vermon Pakaya dan staf medis Puskesmas Bunta,” tambah Iptu Candra.

Aksi simpatik Iptu Candra ini mendapatkan pujian dari Kapolres Banggai AKBP Heru Pramukarno. Apa yang dilakukan Iptu Candra, kata Heru, merupakan wujud kepekaan seorang anggota Polri kepada masyarakat. —Rappler.com