Sejumlah sekolah di Jakarta Pusat pulangkan pelajar lebih awal

JAKARTA, Indonesia — Sejumlah sekolah yang berada di kawasan Jakarta Pusat memulangkan para muridnya lebih awal pada Jumat, 4 November, karena aksi unjuk rasa yang digelar hari ini.

Sekolah yang dipulangkan lebih awal di antaranya adalah SMAN 4 dan SMKN 2 yang lokasinya berdekatan dengan titik kumpul massa pendemo.

"Pada prinsipnya masuk seperti biasa. Namun kekhawatiran orangtua meminta anaknya tidak masuk sekolah. Oleh karena itu kami memutuskan memulangkan siswa pada jam 09:30," kata Kepala Sekolah SMAN 4 Jakarta, Adriansyah.

Menurut dia, banyak orangtua yang mengantar anaknya ke sekolah dan meminta izin ke wali kelas untuk tidak mengikuti pelajaran dan pulang ke rumah demi keamanan.

Lokasi SMAN 4 terletak di Jalan Batu, melalui Jalan Ridwan Rais yang nantinya alan dilewati pengunjuk rasa usai salat Jumat untuk mengarah ke Balai Kota.

"Kami memulangkan pada saat situasi masih kondusif dan masih ada kendaraan umum karena nantinya jalan akan ditutup," ujar Adriansyah yang memimpin SMA dengan jumlah siswa sebanyak 593 orang.

Selain itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMKN 2 Jakarta, Kadirah, mengatakan sekolahnya juga memulangkan siswa setelah ada arahan dari dinas pendidikan untuk memulangkan pelajar pada pukul 10:00 WIB.

Total seluruh siswa di SMKN 2 yaitu sebanyak 520 orang.

Letak SMKN 2 berdekatan dengan lokasi SMAN 4 yang hanya memiliki jalan masuk dari Jalan Ridwan Rais atau Jalan Medan Merdeka Timur.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 1 Pagi Kwitang, Jakarta Siti Solihah, mengatakan siswa siswi tetap melakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasa dan dipulangkan pada pukul 10:30 WIB.

Lokasi sekolah tersebut berada di pusat Jakarta dan Jalan Kramat Raya menjadi tempat berkumpul simpatisan ormas Islam yang akan berunjuk rasa. —Antara/Rappler.com