Saat selebriti jadi 'dubber' film 'The Secret Life of Pets'

JAKARTA, Indonesia - Bagi kamu penggemar film animasi, pasti sudah familiar dengan film The Secret Life of Pets produksi Universal Pictures dan Illumination Entertainment yang rilis Agustus 2016 lalu.

Film ini berkisah tentang para binatang peliharaan dan segala aksi dan kegiatan mereka saat ditinggal majikannya masing-masing. Ada Max, si anjing lincah; Duke si anjing berbulu tebal yang diselamatkan dari penampungan; Snowball, kelinci menggemaskan yang penuh amarah; Gidget, anjing pom yang diam-diam menyukai Max; Katie, gadis pemilik Max dan Duke; Tiberius, burung elang berekor merah dan Chloe, kucing gendut yang gemar makan.

Tapi kali ini, HBO Asia mempersembahkan kemasan baru film The Secret Life of Pets dengan sulih suara Bahasa Indonesia. Jadi, nantinya, saat film ini tayang pada Minggu, 25 Juni pukul 19:00 WIB di HBO, HBO HD dan HBO On Demand, penonton bisa memilih pilihan audio Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia.

Proyek sulih suara film The Secret Life of Pets pun didukung oleh sejumlah nama selebriti Tanah Air. Mereka adalah Rio Dewanto (aktor) sebagai Max, Ferry Salim (aktor) sebagai Duke, Ichsan Akbar (presenter) sebagai Snowball, Nycta Gina (aktris dan penyiar radio) sebagai Gidget, Nina Tamam (penyanyi dan penyiar radio) sebagai Katie, Bayu Oktara (aktor dan penyiar radio) sebagai Tiberius, serta Aimee Saras (penyanyi dan aktris) sebagai Chloe.

Menurut Zakiah Malek, Vice President, Affiliate Sales, HBO Asia, film The Secret Life of Pets ini adalah proyek sulih suara Bahasa Indonesia kelima yang digarap HBO. Prosesnya terbilang singkat karena dikerjakan dalam waktu sekitar 2 minggu. "Untungnya mereka (pengisi suara) memang sudah profesional, jadi semua berjalan lancar," ujar Zakiah di acara Media Screening The Secret Life of Pets versi Bahasa Indonesia, Selasa, 6 Juni di Grand Hyatt, Jakarta Pusat.

Pengalaman pertama 

Para pengisi suara pun terlihat antusias saat mereka ditawari proyek sulih suara ini. Termasuk Rio Dewanto, yang mengaku baru pertama kali jadi dubber. "Saya enggak punya background sebagai broadcaster. Tapi menurut saya akting dnegan olah vokal dan olah tubuh sudah jadi satu paket. Jadi ketika dapat pengalaman seperti ini bisa mendukung akting juga. Yang tadinya jarang melatih vokal, jadinya sekarang bisa melatih itu," ujar Rio.

Tak jauh berbeda dengan Rio, Ferry Salim juga mengaku ini adalah kali pertama ia terlibat di proyek sulih suara. "Latihan sih enggak sempat. Tapi waktu terima skenario saya belajar sendiri sambil nonton filmnya. Skripnya tebal banget. Tapi setelah dijalani ternyata enggak berasa dan enjoy banget."

Nina Tamam, yang memang dalam kehidupan sehari-hari dikenal banyak memiliki hewan peliharaan anjing, justru menjadi pengisi suara paling 'normal', karena ia memerankan Katie, satu-satunya karakter manusia di film ini. "Padahal kalau bisa milih, saya pengin mengisi suara anjing," kata Nina.

Sementara Bayu Oktara yang sebelumnya pernah mengisi suara di film Transformers: Age of Extinction dan Nycta Gina yang juga terlibat di sulih suara Despicable Me mengaku senang karena bisa terlibat lagi di proyek sejenis tapi dengan tantangan yang berbeda. "Kalau aku sih kayaknya enggak usah diapa-apain emang suaranya udah kayak Gidget ya," ungkap Nycta.

“HBO Asia terus menghadirkan lebih banyak konten dan eksklusif bagi para pemirsa kami di Indonesia, dan kami juga bangga dapat berkolaborasi dengan para selebriti berbakat Indonesia yang mengisi suara untuk beberapa karakter utama film The Secret Life of Pets dalam Bahasa Indonesia di HBO,” kata Zakiah lagi. -Rappler.com