Mengulurkan tangan kepada warga Somalia yang alami kekeringan dan kelaparan

JAKARTA, Indonesia — Kekeringan yang mengakibatkan krisis pangan di Somalia mendapat perhatian dunia internasional, termasuk Indonesia. Krisis yang juga melanda beberapa negara di benua Afrika sejak awal Maret 2017 ini telah menewaskan lebih dari 100 orang.

Kelaparan di Somalia dinyatakan sebagai “bencana nasional” oleh Presiden Mohamed Abdullahi Mohamed. Ia bahkan menyatakan dorongannya kepada negara-negara lain untuk membantu negaranya. 

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyatakan Somalia butuh bantuan dana dari komunitas internasional 

“Kami butuh dukungan finansial dari komunitas Internasional. Sejumlah 825 juta dolar AS untuk 5,5 juta orang dalam 6 bulan. Bila hal tersebut tidak terpenuhi, maka tragedi akan datang,” kata Guterres.  

Pada 2011, sebanyak 260.000 orang harus meninggal karena bencana kelaparan di Somalia. 

Selain Somalia, Sudan Selatan dan Nigeria juga mengalami hal yang sama. PBB menyatakan 4.000 anak di Nigeria mengalami kekurangan gizi. 

Faktor alam, terutama hujan yang tidak turun berbulan-bulan, diperparah dengan konflik bersenjata dan wabah kolera yang menjangkit di beberapa daerah disinyalir menjadi salah satu penyebabnya.

Mengajak masyarakat Indonesia ambil bagian

Warga Kahla, Somalia, sedang antri untuk mendapatkan air bersih yang disalurkan oleh PKPU Indonesia. Foto dari kitabisa.com

Warga Kahla, Somalia, sedang antri untuk mendapatkan air bersih yang disalurkan oleh PKPU Indonesia. Foto dari kitabisa.

com

Melihat kesengsaraan warga negara Somalia, sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Indonesia pun tergerak hatinya.

Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU) yang telah hadir di Indonesia sejak 1999 menggalang dana untuk membantu mereka.

Lewat situs urun daya www.kitabisa.com, PKPU berhasil mengumpulkan donasi hampir Rp700 juta dari lebih dari 2.500 donatur. Sejak 17 Maret 2017, tim PKPU sudah berada di Somalia untuk menyalurkan bantuan. 

Di samping bantuan pangan, PKPU juga membantu distribusi air bersih dan pembangunan sumur air. 

Mulai dari 21 Maret sampai 10 hari ke depan, tim PKPU akan mulai melakukan pendistribusian 300 ribu liter air yang diharapkan dapat membantu 25 ribu orang di Somalia.

Hingga kini, penggalangan dana masih berlangsung, baik melalui https://kitabisa.com/somalia , meng-klik tombol “Donasi” di bagian bawah laman ini, maupun langsung ke Bank Mandiri atas nama PKPU dengan nomor rekening 122.002.7000.002 

Penyaluran dana dari donasi dapat terus dipantau di  https://kitabisa.com/somalia. 

PKPU adalah LSM yang telah dikukuhkan sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional oleh Menteri Agama pada 2001. PKPU juga diresmikan menjadi Organisasi Sosial Nasional oleh Kementerian Sosial pada 2010. 

PKPU kemudian menjalin kerja sama dengan Perserikatan Bangsa-bangsa, terhitung dari 2008. 

PKPU rutin bekerja sama dengan LSM lainnya, juga bermitra dengan beragam perusahaan yang ingin melakukan Coorporate Social Responsibility (CSR).  Bantuan sosial yang dilakukan mulai dari gempa dan tsunami di Aceh sampai ke taraf internasional, yaitu bencana kelaparan di Somalia dan negara-negara di benua Afrika.