Lee Chong Wei incar gelar ketujuh di Indonesia Open 2017

JAKARTA, Indonesia - Atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto harus mengakui keunggulan Lee Chong Wei dalam kejuaraan Indonesia Terbuka 2017 yang digelar pada Rabu, 14 Juni di Jakarta Convention Center. Tommy ditundukan dalam tiga game 21-13, 10-21 dan 18-21 selama 62 menit permainan.

Pemain wakil tuan rumah peringkat 30 dunia itu telah unggul pada pertengahan game ketiga yang menjadi babak penentuan. Dia memulai dari skor 9-6, 13-9 hingga 16-12.

Tetapi, atlet Negeri Jiran dengan gelar Datuk Lee itu mampu mengejar dan menyamakan kedudukan 17-17 dan 18-18. Sayang, game ketiga ditutup dengan score 21-18.

“Saya tidak dapat memanfaatkan peluang untuk mengembalikan serangan lawan,” ujar mantan atlet pelatnas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) itu.

Tommy mengaku sempat pesimistis menaklukan Lee, karena dia bukan termasuk pemain unggulan. Tetapi, dia mencoba untuk tetap berpikiran positif.

“Saya terus berpikir positif untuk mengembalikan keadaan meskipun hasilnya tidak sesuai dengan harapan saya. Setidaknya, saya sudah mencoba bermain yang baik untuk Indonesia,” kata Tommy.

Dia pun tidak lantas berkecil hati karena telah dikalahkan 16 kali oleh Lee. Justru itu semua dianggap sebagai bagian dari perjalanan kariernya.

Incar gelar ketujuh

Sementara, bagi Lee kemenangannya melawan Tommy membuka peluang untuk meraih gelar ketujuh dalam turnamen Indonesia Terbuka tahun ini. Sebab, dalam turnamen tersebut, pemain-pemain bulu tangkis terbaik dunia akan ikut serta.

“Saya ingin meraih gelar ketujuh di sini, meskipun lawan-lawan dalam turnamen ini kuat, sebab pemain peringkat 10 dunia pasti turun,” kata Lee usai mengalahkan Tommy.

Walaupun telah mengalahkan Tommy belasan kali, namun Lee tidak memandang rendah pemain tuan rumah. Dia menganggap Tommy juga pemain yang kuat.

Usai bermain rubber game, Lee harus memulihkan energinya, sebab pada Kamis esok dia harus melawan atlet asal India, Prannoy H.S. Di babak kualifikasi, Prannoy berhasil mengalahkan pemain tuan rumah Anthony Sinisuka Ginting.

“Saya sudah mengetahui lawan besok. Tetapi, saya akan kembali berbicara dengan pelatih saya, Hendrawan, untuk bersiap menghadapi pertandingan esok. Saya akan bermain yang terbaik,” tutur Lee. - dengan laporan ANTARA/Rappler.com