Mari merangkul adik Alfa yang orangtuanya tewas tertimpa pohon

JAKARTA, Indonesia — Foto itu menggambarkan sepasang suami-istri yang sedang mengapit seorang balita. Dengan menebak pun kita tahu mereka adalah pasangan yang masih muda. 

Keduanya tersenyum menyirat rasa bahagia, sementara si kecil berwajah polos dan nyaris tanpa ekspresi. Sayangnya, foto itu adalah foto terakhir ibu dan ayah yang dimiliki balita bernama lengkap Alfa Naufal Nareswara itu. 

Sepasang suami-istri, Miftah Abdillah Achmad (27 tahun) dan sang istri; Rustiana Imala Putri (27), tewas setelah tertimpa pohon roboh di Jalan Lingkar Utara Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, pada Sabtu, 4 Februari, akhir pekan lalu. Keduanya adalah orangtua Alfa.

Peristiwa ini mendapat perhatian publik ketika seorang netizen bernama Iqbal Maulana memulai petisi di situs urun daya kitabisa.com untuk menggalang dana pendidikan bagi Alfa. Maklum, Alfa harus menjadi yatim piatu ketika masih berumur 9 bulan. Sementara, ia dan almarhum kedua orangtuanya selama masih hidup masih harus menetap bersama sang nenek. 

“Saya kenal beliau [Miftah] karena pernah bekerja di kantor yang sama. Saat ia masuk, kami cukup intens mengerjakan tugas yang sama, jadi setiap hari pasti ngobrol dan sampai satu kost bareng,” ujar Iqbal mengenang Miftah, melalui tulisan di kitabisa.com.

Ia mengakui, bahwa dirinya memulai petisi ini karena Miftah dan Rustiana meninggalkan seorang balita berusia 9 bulan. 

“Rencananya dana yang akan disumbangkan akan digunakan untuk pendidikan anak beliau yang ditinggalkan, yaitu Alfa Naufal Nareswara,” kata Iqbal.

Sehari berikutnya, pada 5 Februari, Iqbal mengabarkan bahwa Alfa sekarang diasuh oleh keluarga dari pihak ibunya. Pada hari yang sama, donasi sudah mencapai Rp20 juta dalam waktu empat jam.

Hingga tulisan ini ditulis, donasi sudah mencapai angka 162 juta, hanya kurang dari sepekan. Padahal target awalnya hanya Rp50 juta.

Dikarenakan dana yang terkumpul sangat banyak, Iqbal berjanji akan memberikan donasi tersebut untuk keperluan lain di masa depan Alfa. 

Miftah dan Rustiana merupakan alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) dan berasal dari angkatan yang sama. 

Kisah hidup Rustiana, sang istri, cukup sulit. Ia ditinggal sang ayah dan adik di waktu yang hampir berdekatan sehingga hanya menyisakan dirinya dan sang ibu. Kini, sang ibu harus kehilangan anaknya kembali dan Alfa harus tumbuh tanpa ibu yang mendampingi. 

Kendati perjuangan balita ini masih sangat panjang, bantuan dari netizen setidaknya mampu mempermudah langkahnya di masa depan. 

Hingga sekarang kesempatan untuk berdonasi masih dibuka. Bagi yang ingin menyumbang, bisa membuka tautan berikut: kitabisa.com/tributeformiftah.

—Rappler.com