Jokowi luncurkan uang rupiah baru tahun emisi 2016

JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo meresmikan peluncuran uang rupiah tahun emisi 2016 yang menampilkan sejumlah tokoh pahlawan nasional, pada Senin, 19 Desember.

"Di dalam setiap lembar rupiah kita tampilkan gambar pahlawan nasional, tari nusantara, dan pemandangan alam Indonesia sebagai wujud kecintaan kebudayaan dan karakteristik bangsa Indonesia,” kata Jokowi saat meresmikan pengeluaran dan pengedaran uang rupiah emisi 2016 di Bank Indonesia, Jakarta.

“Karena itu saya mengajak setiap insan di Tanah Air perlu terus mencintai rupiah dengan cara-cara yang nyata," ujarnya.

Masyarakat, lanjut Jokowi, dapat mencintai rupiah dengan menggunakan mata uang itu dalam setiap transaksi di nusantara dan menyimpan tabungan dalam bentuk rupiah. Ia juga meminta agar Bank Indonesia memperketat pengaman pada rupiah untuk menghindari pemalsuan.

"Saya menginstruksikan agar pengaman pada uang rupiah harus diperkuat dan teknologi pengamanan rupiah yang digunakan negara jangan sampai kalah dengan para pemalsu rupiah," katanya.

Dalam peluncuran hari ini, sebanyak tujuh uang rupiah kertas dan empat uang rupiah logam diperkenalkan kepada masyarakat. Hal ini menjadi yang pertama kali dalam sejarah Bank Indonesia mengeluarkan uang dengan sejumlah pecahan dalam waktu bersamaan.

Sejumlah uang rupiah kertas yang baru dikeluarkan BI yaitu: 

Sedangkan untuk uang logam, BI mengedarkan di antaranya:

—Rappler.com