Vina Panduwinata akan gelar konser tunggal 'September Ceria'

JAKARTA, Indonesia —Penyanyi senior wanita Indonesia Vina Panduwinata berencana akan menggelar konser tunggalnya pada Jumat, 8 September mendatang. 

Bertempat di Balai Sarbini, kawasan Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, konser Vina akan bertajuk September Ceria with Vina Panduwinata. Vina tak sendiri, karena di konser ini kelak ia akan berbagi panggung dengan para musisi juniornya seperti Rian D'Masiv, Citra Scholastika, Hedi Yunus, DJ Goeslan dan drummer Ikmal Tobing.

Untuk konsernya kelak, Vina akan menyuguhkan berbagai aksi spektakuler dengan lagu-lagu hitsnya. Penyanyi kelahiran 6 Agustus 1969 ini akan membawakan 20 hingga 30 lagu nantinya. "Salah satunya Burung Camar," kata Vina saat ditemui di press conference konsernya di Balai Sarbini, Rabu, 23 Agustus.

Di usia yang tak muda lagi, Vina mengaku masih sanggup membawakan puluhan lagu di panggung. "Saya sanggup sayang karena menurut Mama Ina kalau kita lakukan itu dengan rasa nikmat, rasa suka, kesanggupan itu akan ada. Jadi kalau kita nikmati dan kita jalani dengan senang, insyaAllah kalau sampai 30 lagu juga masih sanggup." 

Secara fisik, Vina mengaku tidak terlalu mempersiapkan diri secara khusus. Yang penting baginya justru mempersiapkan mental. "Karena menurut Mama Ina setiap hari ada kegiatan atau yang lainnya pasti capek, yang penting itu ya mental nomor 1, yang kedua pastinya dicoba istirahat yang cukup." 

Ingin mengikuti perkembangan zaman dan bisa diterima penikmat musik dari generasi muda, Vina mengaku pasrah dengan arahan timnya. Termasuk soal koreografi dan busana yang akan dikenakannya di panggung kelak. Pilihan lagu-lagu pun akan diperbarui aransemennya.

"Ada yang original, ada yang di-arrange. Ada yang di-remix. Apapun yang terjadi Mama Ina sudah nyanyi 30 tahun, ya harus ada juga variasi. Sayur asem terus aja dikasih sambel, selama itu masih sayur asem. Kita harus cari cara bagaimana itu bisa dinikmati." 

Meski ini adalah konser tunggalnya yang keempat, Vina mengaku tetap akan menyuguhkan perbedaan.

"Konsep yang sekarang itu seperti yang dibilang ada waktu saya jatuh cinta, ada juga pas saya berbagi, cinta itu kan macam-macam, berbagai dengan orang yang membutuhkan, ada sahabat juga. Itu lain lagi kan dari sebelumnya. Pastinya akan ada perbedaan walaupun perbedaan itu mungkin saja orang bilang enggak terlalu jauh bedanya. Ya karena materinya Mama Ina." 

Ditambah lagi, di konsernya kali ini, Vina akan menggandeng banyak musisi muda yang lebih kekinian.

Hedi Yunus, vokalis Kahitna yang juga akan terlibat di konser ini pun merasa senang bisa berkolaborasi dengan sang senior. "Duet sama Mama Ina udah ke-sekian kalinya. Nyanyi di konser ini kedua kalinya. Mama Ina itu adalah satu orang penyanyi wanita yang dari saya msh sekolah SD, SMP udah saya beli (albumnya). Dan hampir semua lagu mama Ina saya hafal."

Sementara itu Direktur Kolam Ikan Creative Communication Iwan Kurniawan selau promotor konser memberi bocoran konsep konser Vina kelak. "Tema-tema keluarga, Vina dengan rasa cinta, Vina dan sahabat. Tiga konsep ini yang kita usung besok. Ada cerita Mama Ina pertama jatuh cinta, dengan keluarganya, dengan anaknya, katanya juga Mama Ina akan duet sama keponakamnya. Itu dia kita akan bikin kejutan-kejutan kecil. Di luar itu kita mau bikin ini seminimal mungkin."

Tiket untuk konser September Ceria with Vina Panduwinata sudah mulai dijual sejak 1 Agustus lalu. Tiket terbagi dalam 4 kategori berbeda. Untuk kategori Balcony di harga Rp 150 ribu, Silver Rp 350 ribu, Gold Rp 650 ribu dan Platinum senilai Rp 1juta. Tiket bisa diperoleh di www.tiket.com.