Berita hari ini: Sabtu, 2 Juli 2016

Menteri Agama akan tentukan nasib Dirjen Bimas Buddha setelah Lebaran

KORUPSI. Menteri Agama, Lukman Saifuddin (kanan) akan mencopot Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama setelah Lebaran karena terlibat dalam kasus korupsi pengadaan buku agama. Foto oleh Andreas Harsono

KORUPSI. Menteri Agama, Lukman Saifuddin (kanan) akan mencopot Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama setelah Lebaran karena terlibat dalam kasus korupsi pengadaan buku agama.

Foto oleh Andreas Harsono

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin baru akan menentukan nasib Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha (Dirjen Bimas), Dasikin usai Lebaran. Dasikin ditangkap oleh Kejaksaan Agung pada Senin, 27 Juni karena diduga terlibat dalam dugaan korupsi pengadaan buku pendidikan Agama Buddha dan penunjang lainnya untuk pendidikan anak usia dini, dasar dan menengah. 

Dalam kasus tersebut, Dasikin diduga ikut mengatur proyek pengadaan buku pendidikan Agama Buddha. 

“Ini sedang kami dalami, kami pelajari karena statusnya sudah menjadi tersangka. Tentu, pada saatnya akan ditetapkan Pgs Dirjen,” ujar Lukman yang ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. 

Dia menjelaskan, pencopotan Dasikin kemungkinan akan dilakukan dalam waktu dekat. 

“Ini kan sudah menjelang Idul Fitri. Mungkin (pencopotan) dilakukan setelah Lebaran,” kata dia. 

Dia menyerahkan pengusutan kasus tersebut kepada proses hukum yang berjalan. Kini, Dasikin telah ditahan di rumah tahanan Salemba cabang Kejaksaan Agung selama 20 hari. Total kerugian negara yang diakibatkan dalam kasus korupsi itu mencapai lebih dari Rp 1 miliar. 

Selengkapnya baca di Detik

 Indonesia wRap: Jumat, 1 Juli 2016

Dari jumlah kasus intoleransi di Indonesia meningkat hingga harapan Jokowi di hari Bhayangkara

Komisi Nasional Hak Asasi Nasional (Komnas HAM) pada Kamis, 30 Juni mengumumkan temuan mereka mengenai jumlah dugaan pelanggaran kebebasan beragama dan berkeyakinan (KBB). Hasilnya, menurut Koordinator Desk KBB Komnas HAM, Jayadi Damanik, sejak periode 2014 hingga 2016 telah terjadi peningkatan aduan. 

"Tahun 2014 tercatat 74 pengaduan, meningkat menjadi 89 aduan pada 2015. Enam bulan pertama 2016 tercatat 34 kasus pelanggaran KKB,” ujar Jayadi. 

Lalu, apa rekomendasi dari Komnas HAM kepada pemerintah menyangkut kenaikan pengaduan tersebut?

Pada tanggal 1 Juli diperingati sebagai Hari Bhayangkara. Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan pesan khusus kepada para personil kepolisian di hari jadinya yang ke-70. Jokowi meminta agar di tubuh Polri, dihindari aksi percaloan. 

Saksikan rangkuman berita terpilih dari Redaksi Rappler dalam video Indonesia wRap berikut: 

- Rappler.com