Pasca Brexit, warga Britania Raya bertanya: Apa yang dimaksud dengan Uni Eropa?

JAKARTA, Indonesia—Dunia dihebohkan dengan hasil referendum di Britania Raya yang menyebabkan negara tersebut resmi keluar dari keanggotaan Uni Eropa. Meskipun para pimpinan kampanye BrexitBritain exit, yang menginginkan Inggris keluar dari Uni Eropa—sedang merayakan kemenangannya, namun sebagian besar warga justru terlihat tidak paham apa yang sebenarnya mereka pilih.

Dengan turunnya bursa saham dan harga mata uang poundsterling merosot ke angka terburuk selama 30 tahun terakhir, warga Inggris menghadapi perekonomian yang diprediksi terus memburuk sebelum akhirnya bisa bangkit lagi. Konsekuensi dari hasil referendum ini juga dapat dirasakan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Bahkan beberapa warga mengaku menyesal karena telah memilih Brexit.

“Meskipun saya memilih untuk ‘keluar’, pagi ini saya bangun dan saya baru sadar bahwa kenyataan akan menghantam saya,” seorang perempuan berkata pada ITV news. “Jika diberi kesempatan untuk memilih kembali, saya akan memilih untuk ‘tetap’.”

Dalam laporan Washington Post, kebingungan tentang apa arti Brexit sepertinya berlaku di seluruh Britania Raya. Bahkan, Google melaporkan pencarian yang dilakukan tidak hanya berkaitan dengan hasil penghitungan suara, tapi juga pertanyaan-pertanyaan dasar tentang implikasi Brexit dan Uni Eropa.

Sekitar delapan jam setelah waktu pemungutan suara berakhir, laporan Google menunjukkan bahwa pencarian “apa yang akan terjadi jika kita keluar dari Uni Eropa” meningkat hingga tiga kali lipat.

"What will happen if we leave the EU?" Top questions on the #EUref in Northern Ireland since first results announced pic.twitter.com/VKmbRrZoPZ — GoogleTrends (@GoogleTrends) June 24, 2016

Kampanye sebelum referendum dilakukan memuat isu yang sangat bertentangan. Para pimpinan kampanye Brexit lebih menggunakan isu ketakutan terhadap imigran daripada isu ekonomi global.

Yang lebih mengherankan lagi, sepertinya banyak warga Inggris yang tidak tahu apa itu Uni Eropa.

"What is the EU?" is the second top UK question on the EU since the #EURefResults were officially announced pic.twitter.com/1q4VAX3qcm — GoogleTrends (@GoogleTrends) June 24, 2016

Namun apa boleh buat. Hasil referendum telah resmi membuat Inggris keluar dari keanggotaan Uni Eropa. —Rappler.com

BACA JUGA: