Provide your email for confirmation

Tell us a bit about yourself

country *
province *

why we ask about location

Please provide your email address

Login

To share your thoughts

Don't have an account?

Login with email

Check your inbox

We just sent a link to your inbox. Click the link to continue signing in. Can’t find it? Check your spam & junk mail.

Didn't get a link?

Sign up

Ready to get started

Already have an account?

Sign up with email

By signing up you agree to Rappler’s Terms and Conditions and Privacy

Check your inbox

We just sent a link to your inbox. Click the link to continue registering. Can’t find it? Check your spam & junk mail.

Didn't get a link?

Join Rappler+

How often would you like to pay?

Monthly Subscription

Your payment was interrupted

Exiting the registration flow at this point will mean you will loose your progress

Your payment didn’t go through

Exiting the registration flow at this point will mean you will loose your progress

Ciri peradangan kanker payudara: tanpa benjolan, tapi lebih ganas

 

Peradangan kanker payudara, atau inflammatory breast cancer, adalah kanker payudara yang langka dan agresif, dan dapat menyebabkan payudara tampak merah dan bengkak. Di Amerika Serikat, diagnosis dari inflammatory breast cancer terhitung 1 sampai 5 persen dari semua kasus kanker payudara.

Dibandingkan dengan bentuk lain dari kanker payudara, peradangan kanker payudara cenderung menyerang wanita muda. Pria yang didiagnosis dengan inflammatory breast cancer berusia lebih tua daripada rata-rata pasien wanita. Namun, inflammatory breast cancer sering disalahartikan dengan kondisi lain.

Gejala dan ciri ‘inflammatory breast cancer’

Kasus peradangan kanker payudara akan bervariasi, tetapi ada beberapa gejala umum. Anda mungkin tidak akan mengalami semua gejala ini, atau tidak mendeteksi benjolan. Bahkan inflammatory breast cancer mungkin tidak muncul pada mammogram. 

Namun beberapa gejala berikut juga bisa menandakan kondisi lain, sehingga mintalah bantuan dokter Anda:

Bagaimana cara mendiagnosis ‘inflammatory breast cancer’?

Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan klinis payudara, termasuk pemeriksaan visual payudara Anda. Dokter akan melihat perubahan warna kulit yang mungkin disebabkan oleh sel-sel kanker menghalangi kelenjar getah bening dan pembuluh darah di kulit payudara Anda.

Jika payudara Anda bengkak, itu mungkin disebabkan oleh penumpukan cairan, kondisi yang disebut edema. Dokter Anda akan memeriksa kelenjar getah bening terdekat dengan payudara Anda. Jika kulit payudara Anda bergerigi, atau menyerupai kulit jeruk, juga akan dicatat. 

Gejala-gejala ini dapat berkembang dengan cepat, kadang-kadang hanya tampak dalam semalam dan kadang-kadang perlu beberapa minggu atau bulan.

Berdasarkan pemeriksaan payudara klinis, dokter akan membuat diagnosis inflammatory breast cancer, tetapi harus dikonfirmasi dengan tes lainnya. Karena peradangan kanker payudara dapat muncul menjadi kondisi lain, seperti mastitis, penting untuk menindaklanjuti dengan tes tambahan ini.

Pertumbuhan ‘inflammatory breast cancer’

Peradangan kanker payudara umumnya tumbuh dalam bentuk sarang atau lapisan, bukan berbentuk benjolan. Inflammatory breast cancer menyebar melalui tubuh, di luar payudara, melalui sistem getah bening. 

Ia dapat menjadi tumor yang tumbuh lambat, tetapi sekali kulit payudara terlihat meradang, dapat dikonfirmasi sebagai kanker yang lebih berkembang dan telah dengan cepat menjalar ke permukaan.

Stadium ‘inflammatory breast cancer’

Inflammatory breast cancer selalu diklasifikasikan sebagai stadium 3b atau stadium 4 kanker payudara. Stadium 3b berarti bahwa kanker lebih besar dari 5 cm, pada setidaknya satu kelenjar getah bening, dan belum menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda. 

Stadium 4 berarti bahwa kanker berada pada dinding dada dan/atau kulit, kelenjar getah bening ikut terlibat, dan telah menyebar ke organ lain. Penting untuk mengetahui stadium kanker Anda, karena sangat berpengaruh pada rencana pengobatan Anda dan peluang kambuhnya serta kelangsungan hidup.

Pengobatan 'inflammatory breast cancer'

Peradangan kanker payudara bersifat agresif, dan harus diobati dengan tepat. Langkah awal Anda adalah kemoterapi neoadjuvant, yang diberikan sebelum operasi. Anda akan dipantau dengan saksama untuk melihat bagaimana kanker Anda merespon terhadap pengobatan. 

Perawatan untuk peradangan kanker payudara mungkin termasuk:

Mungkinkah ‘inflammatory breast cancer’ kambuh lagi setelah dinyatakan sembuh?

Inflammatory breast cancer memiliki risiko kambuh yang lebih tinggi dari jenis kanker payudara lain.

Statistik menunjukkan bahwa angka harapan hidup 5 tahun untuk pasien inflammatory breast cancer adalah antara 25-50 persen, jauh lebih rendah daripada tingkat kelangsungan hidup untuk pasien dengan jenis lain dari kanker payudara. 

Setiap kasus adalah unik, jadi diskusikanlah prognosis Anda dengan dokter, untuk mendapatkan solusi yang lebih baik dari situasi Anda.

Jika Anda telah didiagnosis dengan peradangan kanker payudara stadium 3b dan menjalani perawatan yang efektif, Anda mungkin dapat hidup lebih lama dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik setelah diagnosis.

Jika ditemukan lebih dini, inflammatory breast cancer dapat diobati sebagai penyakit kronis, dan pasien mungkin dapat bertahan hidup lebih lama. —Rappler.com

Sumber tulisan ini berasal dari HelloSehat.com, sebuah situs kesehatan yang menyediakan informasi terpercaya yang mudah diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia.