5 fakta menarik tentang Reza Artamevia

 

JAKARTA, Indonesia – Di akhir era tahun 90-an, nama Reza Artamevia dikenal publik sebagai penyanyi bersuara berat yang khas. Banyak single miliknya yang meledak di pasaran dan digemari pendengar musik di Tanah Air. Sebut saja Pertama, Keabadian, Satu yang Tak Bisa Lepas, dan banyak lagi.

Selain karier bermusik, Reza juga dikenal karena kehidupan pribadinya yang banyak diekspos ke publik. Seperti apa sebenarnya perjalanan karier dan kehidupan ibu dua anak ini?

Berikut lima fakta menarik mengenai Reza Artamevia:

1. Penyanyi festival

Tak banyak yang tahu, wanita bernama asli Reza Artamevia Adriana Eka Suci ini memulai karier bermusiknya dari panggung festival. Sejak kecil, ia sudah lihai mengolah vokal dari satu festival ke festival lainnya.

Ibunda Reza adalah sosok penting yang mendukungnya untuk memasuki dunia tarik suara. Di tahun 1985, Reza pertamakali menjuarai ajang Lomba Lagu Anak-anak TVRI.

Sejak saat itulah ia kerap mengikuti banyak perlombaan dan membentuk band sendiri ketika menjelang usia remaja hingga duduk di bangku perkuliahan.

Ia sukses menyabet beragam penghargaan di bidang tarik suara, dari kelas lokal provinsi DKI Jakarta hingga tingkat nasional.

2. Diorbitkan Ahmad Dhani

Sukses menjajal festival dan ajang perlombaan menyanyi, merdunya suara Reza ternyata sampai hingga ke telinga Ahmad Dhani, yang kala itu tengah naik daun bersama grup band Dewa 19. Reza pun akhirnya ditunjuk sebagai penyanyi latar Dewa 19.

Bahkan di beberapa lagu Dewa 19, vokal Reza kerap terdengar. Salah satunya di lagu Aku Disini Untukmu dari salah satu album terbaik Dewa 19, Pandawa Lima (1997).

Di awal karier bermusik profesionalnya, Reza pun mendapat bantuan besar dari Ahmad Dhani yang berperan sebagai produser album perdananya yang bertajuk Keajaiban. Untuk kali pertama, Reza mulai dikenal publik karena lagu hits yang berjudul, Pertama.

3. Menikah, terlibat 'skandal' dan bercerai

Selain urusan karier, sosok Reza juga banyak dibicarakan karena kehidupan pribadinya. Di puncak kariernya, Reza memutuskan untuk menikah dengan model, aktor, sekaligus politikus, Adjie Massaid.

Keduanya menikah pada 9 Februari 1999 dan dikaruniai dua putri, Zahwa Massaid dan Aaliyah Massaid, yang kini telah beranjak remaja.

Pernikahan Reza dan Adjie hanya bertahan 6 tahun. Tangal 17 Januari 2005, keduanya resmi bercerai. Proses perceraiannya dengan Adjie pun tidak berlangsung mudah karena dibumbui “skandal” tak mengenakkan yang berhubungan dengan sosok Gatot Brajamusti.

Selama proses jelang putusan perceraian pula, Reza sempat dikabarkan “menghilang” dan kemudian diketahui tengah menenangkan diri di padepokan milik Gatot Brajamusti di Sukabumi, Jawa Barat.

Saat bercerai, hak asuh kedua putrinya jatuh ke tangan Adjie Massaid. Adjie lantas menikah dengan Putri Indonesia 2001, Angelina Sondakh, pada 29 April 2009, sampai Adjie menghembuskan nafas terakhirnya pada 5 Februari 2011.

4. Sempat berganti nama

Reza mengalami masa-masa sulit dalam hidup saat menjalani proses perceraian dengan Adjie Massaid. Ditambah lagi isu perselingkuhan dan “skandal” yang melibatkan sosok Gatot Brajamusti. Ia pun sempat memutuskan untuk vakum dari dunia musik. Padahal saat itu karier Reza tengah memuncak.

Setelah perceraiannya rampung dan pemberitaan mengenai dirinya mereda, akhirnya Reza yang sempat vakum selama dua tahun, kembali lagi berkarier di dunia tarik suara. Di tahun 2007, Reza mulai rutin tampil benryanyi di layar kaca maupun di panggung-panggung.

Ia pun sempat mengganti nama belakangnya, dari “Artamevia” menjadi “Artamevira” meski ada akhirnya ia kembali menggunakan nama aslinya. Saat itu, Reza mengungkapkan bahwa “Mevia” dalam bahasa Latin berarti “kesedihan”, sementara “Mevira” berarti “kebahagiaan”.

5. Mentor Aaliyah

Darah seni yang mengalir di diri Reza pun ternyata mengalir di Aaliyah Massaid, putri Reza. Aaliyah sudah sejak 2011 lalu membentuk grup vokal yang bernama Lollipop. Reza berperan besar dalam menunjang karier bermusik Aaliyah. Reza pun ditunjuk sebagai mentor vokal khusus untuk Lollipop.

Reza rutin berlatih bersama Aaliyah hampir setiap hari demi memuluskan karier putrinya di dunia tarik suara.

Setelah Angelina Sondakh ditahan karena terjerat kasus korupsi, Reza kembali aktif mengasuh kedua putrinya. Keduanya pun dikenal sangat dekat. Bahkan Reza sempat berencana untuk berduet bersama Zahwa dan Aaliyah namun rencana tersebut harus ditunda mengingat Reza tengah terbelit kasus narkoba. -Rappler.com