FOTO: Indonesia-Malaysia sepakat bentuk dewan kelapa sawit

JAKARTA, Indonesia — Pemerintah Indonesia dan Malaysia sepakat untuk membentuk dewan negara penghasil kelapa sawit atau Council of Palm Oil Producing Countries (C-POP) yang akan bermarkas di Indonesia.

"Sore hari ini telah diputuskan beberapa kesepakatan, salah satunya adalah yang berkaitan dengan degan negara penghasil minyak sawit, karena kita tahu 85 persen produksi minya kelapa sawit ada di Indonesia dan Malaysia," kata Presiden Joko “Jokowi” Widodo seusai menerima Perdana Menteri Malaysia Najib Razak di Istana Bogor, Minggu, 11 Oktober.

Menurut Jokowi, dewan tersebut akan membuat sebuah standar minyak sawit global baru yang berkelanjutan.

Diharapkan standar baru yang ramah lingkungan dapat menyejahterakan 4 juta petani sawit di Indonesia dan sekitar 300 ribu petani sawit Malaysia.

Kedua negara juga sepakat untuk membentuk sebuah satuan tugas dalam merumuskan standar baru ini.

Indonesia dan Malaysia juga sepakat untuk membangun zona hijau ekonomi yang juga akan mempromosikan penggunaan bahan bakar ramah lingkungan.

"Ini merupakan inisiatif bersejarah bagi industri kelapa sawit Indonesia dan Malaysia mengingat pembahasan mengenai ini sudah berlangsung sejak tahun 2006. Semoga dapat bermanfaat bagi petani kelapa sawit Indonesia dan Malaysia," ujar Jokowi. 

Berikut foto-foto pertemuan Jokowi dan Najib di Istana Bogor yang diambil oleh fotografer biro pers Istana, Rusman.

—Rappler.com

BACA JUGA: