FOTO: Misa Natal di Indonesia

JAKARTA, Indonesia — Hari ini, Jumat, 25 Desember, diperingati sebagai hari kelahiran Isa Almasih. Tahun ini, tema yang diangkat adalah "Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah".

Umat Kristiani dan Katolik menggelar Misa Natal semalam, Kamis, 24 Desember, di gereja di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Jakarta, Kudus, hingga ke Medan. Misa Natal di sejumlah tempat di kota-kota tersebut pun berlangsung aman dan khidmat. 

Berikut foto-foto Misa Malam Natal yang kami rangkum. Selamat Natal!

Sumber foto: Antara

Umat Kristiani mengikuti misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta.

Menyalakan lilin saat melaksanakan ibadah malam Natal di Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Immanuel, Jakarta.

Umat Katolik mengikuti Misa Natal di Gereja Santo Yohanes Evangelista, Kudus, Jawa Tengah.

Umat Katolik mengikuti Misa Natal di Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan.

Misa Natal di Gereja Katedral Medan, Sumatera Utara. Ratusan umat Kristiani dengan khidmat melaksanakan Misa Natal di gereja tertua di Kota Medan.

Umat Katolik mengambil air berkat untuk menyucikan diri sebelum memasuki gereja saat melaksanakan Misa Natal di Gereja Katolik Tritunggal Mahakudus Paroki, Desa Tuka, Kabupaten Badung, Bali.

Umat Kristen di kawasan itu telah mewarisi tradisi Misa Natal dengan mengenakan pakaian adat Bali dan beberapa sarana layaknya umat Hindu.

Umat Katolik mengenakan pakaian adat Jawa memvisualisasikan kelahiran Yesus Kristus saat perayaan Malam Natal di Gereja Santo Thomas, Seyegan, Sleman, Yogyakarta.

Perarakan rombongan Misdinar, Prodiakon, dan Romo saat perayaan Misa Natal di Gereja Katolik Santo Paulus Miki, Salatiga, Jawa Tengah.

—Rappler.com

BACA JUGA: