Provide your email for confirmation

Tell us a bit about yourself

country *
province *

why we ask about location

Please provide your email address

Login

To share your thoughts

Don't have an account?

Login with email

Check your inbox

We just sent a link to your inbox. Click the link to continue signing in. Can’t find it? Check your spam & junk mail.

Didn't get a link?

Sign up

Ready to get started

Already have an account?

Sign up with email

By signing up you agree to Rappler’s Terms and Conditions and Privacy

Check your inbox

We just sent a link to your inbox. Click the link to continue registering. Can’t find it? Check your spam & junk mail.

Didn't get a link?

Join Rappler+

How often would you like to pay?

Monthly Subscription

Your payment was interrupted

Exiting the registration flow at this point will mean you will loose your progress

Your payment didn’t go through

Exiting the registration flow at this point will mean you will loose your progress

Hasil lengkap: ISC A pekan pertama hingga empat

JAKARTA, Indonesia — Kompetisi sepakbola berformat liga akhirnya kembali bergulir dengan nama Indonesia Soccer Championship (ISC).

Dalam divisi A, sebanyak 18 tim bertarung memperebutkan posisi puncak klasemen selama delapan bulan.

Siapakah yang akan keluar sebagai pemenang ISC A 2016?

Berikut hasil lengkap pertandingannya:

PEKAN 2

Minggu, 8 Mei

Persipura Jayapura vs Bali United

Skor akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: Persipura Jayapura belum juga mencapai performa terbaiknya. Menjamu Bali United di kandang, Stadion Mandala, Minggu 8 Mei, tim Mutiara Hitam ditahan seri 0-0.

Hasil seri tersebut kembali diulangi pasukan Jafri Sastra. Boaz Solossa dan kawan-kawan sebelumnya juga bermain seri, yakni melawan Persija Jakarta pekan lalu dengan skor 1-1.

Persija Jakarta vs Semen Padang

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Laga kandang perdana Persija Jakarta di Indonesia Soccer Championship (ISC) A berlangsung manis. Mereka mengalahkan Semen Padang 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu, 8 Mei.

Gol semata wayang Persija dicetak oleh Ismed Sofyan di menit ke-78. Hadiah penalti diberikan wasit setelah pemain Persija dijatuhkan bek Semen Padang di dalam kotak penalti.

Bhayangkara Surabaya United vs PS TNI

Skor akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: Meskipun kedua tim melancarkan permainan menyerang, namun tidak ada satu pun gol yang dicetak oleh Bhayangkara Surabaya United dan PS TNI.

Pertandingan pun berakhir dengan hasil imbang tanpa gol.

Sabtu, 7 Mei

PSM Makassar vs Persela Lamongan

Skor akhir: 2-1

Jalannya pertandingan: Luciano Leandro masih punya waktu lebih lama di PSM Makassar. Pelatih tim berjuluk Juku Eja itu akhirnya mampu mempersembahkan kemenangannya di laga kedua Indonesia Soccer Championship (ISC) A.

PSM mengalahkan Persela Lamongan di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, 2-1, Sabtu, 7 Mei.

Tim Ayam Jantan dari Timur--julukan lain PSM--lebih dulu unggul 2-0 via tendangan bebas Rizky Pellu di menit ke-30. Eksekusi tendangan Rizky mengenai kepala pemain Persela hingga Khoirul Huda, kiper Persela, mati langkah.

Gol kedua dicetak pemain asing PSM, Alex Da Silva, di menit ke-42. Sama seperti gol pertama, tendangan Alex dari luar kotak penalti mengenai pemain Persela. Akibatnya, bola berubah arah. Khoiril Huda kembali mati langkah.

Di babak kedua, Persela mulai bermain lebih agresif. Mereka meladeni permainan cepat tim tuan rumah. Hasilnya, Herman Dzumafo mampu memperkecil ketertinggalan melalui gol di menit ke-50.

Pusamania Borneo FC vs Persib Bandung

Skor akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: Dua tim besar Indonesia Soccer Championship (ISC) A sama-sama puasa kemenangan. Hingga laga kedua ISC A, Persib Bandung dan Pusamania Borneo FC (PBFC) belum juga meraih tiga poin.

Bentrok kedua tim di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu 7 Mei, berakhir sama kuat 0-0.

Hasil tersebut membuat kedua tim sama-sama tak pernah menang. Sebelumnya, Persib Bandung ditahan seri 1-1 oleh Sriwijaya FC sedangkan PBFC juga bermain dengan skor yang sama melawan Bali United.

Persegres Gresik United vs Perseru Serui

Skor akhir: 1-1

Jalannya pertandingan: Duel antara Persegres Gresik United melawan Perseru Serui berakhir dengan hasil imbang.

Tuan rumah Persegres tertinggal terlebih dahulu pada menit 11 lewat gol Amadou Gakou.

Baru di babak kedua, akhirnya tuan rumah dapat menyamakan kedudukan, lewat gol bunuh diri Henry Njobi Elad pada menit 60.

Jumat, 6 Mei

Persiba Balikpapan vs Sriwijaya FC

Skor akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: Sriwijaya FC kembali menuai hasil seri ketika ditahan imbang tuan rumah Persiba Balikpapan.

Sejak awal pertandingan, tuan rumah memaksa Sriwijaya FC bermain bertahan dengan terus menggempur lini pertahanan Laskar Wong Kito, yang dalam pertandingan ini lebih banyak mengandalkan serangan balik. 

Peluang terbaik Persiba Balikpapan tercipta melalui Matsunaga Shohei. Namun tendangan kerasnya berhasil ditepis kiper Sriwijaya FC Teja Paku Alam dan masih membentur mistar gawang.

Teja Paku Alam menjadi bintang dalam pertandingan ini karena berhasil melakukan banyak penyelamatan sehingga Sriwijaya FC terhindar dari kekalahan.

Madura United vs Arema Cronus

Skor akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: Arema Cronus benar-benar tak berkutik dengan absennya pilar utamanya. Bermain melawan tuan rumah Madura United di Gelora Bangkalan, Jawa Timur, Jumat, 6 Mei, tim berjuluk Singo Edan itu ditahan imbang tanpa gol.

Dalam laga tersebut, Arema tak bisa diperkuat tiga pilarnya. Mereka adalah Syaiful Indra Cahya, Dendi Santoso, dan bomber Cristian Gonzales. Akibatnya, mereka sulit mencetak gol.

PEKAN 1

Senin, 2 Mei

Perseru Serui vs Mitra Kukar

Skor akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: Tuan rumah Perseru Serui gagal mendapatkan poin penuh saat menjamu pemenang Piala Jenderal Sudirman Mitra Kukar yang berakhir imbang tanpa gol.

Minggu, 1 Mei

Bali United vs Pusamania Borneo FC

Skor akhir: 1-1

Jalannya pertandingan: Tuan rumah Bali United sempat unggul terlebih dahulu lewat tendangan penyerang asal Serbia Nemanja Vidakovic pada menit 19.

Namun gol bunuh diri Kiko Insa pada menit 35 yang salah mengantisipasi bola, membuat Pusamania Borneo FC berhasil menyamakan kedudukan.

Di penghujung babak kedua, Bali United sempat merobek kembali gawang PBFC, namun gol tersebut dianulir karena dianggap offside.

Arema Cronus vs Persiba Balikpapan

Skor akhir: 2-0

Jalannya pertandingan: Dua gol Arema masing-masing dilesakkan oleh Hamka Hamzah pada menit ke-11 dan Cristian Gonzales pada menit ke-34. 

Sementara satu gol lainnya yang dipersembahkan Johan Alfarizie pada menit ke-77 dianulir wasit karena dianggap offside.

Sejak kick-off babak pertama, Arema langsung mendominasi permainan tanpa memberikan kesempatan bagi para pemain Persiba untuk mengembangkan permainannya, apalagi menerobos lini pertahanannya dengan mudah.

PS TNI vs Madura United

Skor akhir: 1-2

Jalannya pertandingan: Madura United berhasil mengalahkan tuan rumah PS TNI dalam laga tandang pertamanya.

Gol pertama dicetak pada menit 20 lewat sundulan Pablo Rodqiguez. Disusul gol Slamet Nur Cahyo yang langsung melakukan shooting dari lapangan tengah tujuh menit kemudian.

Setelah babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk tim tamu, PS TNI akhirnya berhasil memperkecil ketinggalannya lewat tendangan Tambun pada menit 89.

Sabtu, 30 April

Persela Lamongan vs Persegres Gresik United

Skor akhir: 0-1

Jalannya pertandingan: Kedua tim bermain skor kacamata hingga menit ke-32 ketika tendangan keras Yusuf Efendi mengubah kedudukan menjadi 0-1. Kedua tim menyajikan pertarungan yang dinikmati penonton dan menyuguhkan permainan saling serang.

Persib Bandung vs Sriwijaya FC

Skor akhir: 1-1

Jalannya pertandingan: Laga perdana Persib Bandung di ISC A tidak berlangsung mulus. Tim berjuluk Maung Bandung itu ditahan seri Sriwijaya FC 1-1.

Gol semata wayang Laskar Wong Kito dicetak oleh Beto Goncalves di menit-menit akhir babak pertama via sundulan. Gol balasan Persib dicetak oleh Tantan di injury time babak kedua. 

Dalam pertandingan tersebut, tim tuan rumah sebenarnya lebih menguasai pertandingan. Di babak pertama, penguasaan bola Atep dan kawan-kawan mencapai 65 persen. Sedangkan Sriwijaya hanya 35 persen.

Barito Putera vs Bhayangkara Surabaya United

Skor akhir: 1-2

Jalannya pertandingan: Tuan rumah Barito Putera kalah di kandang sendiri setelah sempat unggul terlebih dahulu lewat gol yang dicetak Ibrahim Conteh pada menit 17.

Namun Bhayangkara Surabaya United hanya butuh dua menit untuk menyamakan kedudukan, lewat tendangan penalti yang dieksekusi oleh Octavio Dultra.

Kemenangan tim tamu diraih berkat gol pada menit 80 yang dicetak lewat sundulan Rudi Widodo.

Jumat, 29 April

Persipura Jayapura vs Persija Jakarta

Skor akhir: 1-1

Jalannya pertandingan: Persipura Jayapura ditahan imbang Persija Jakarta 1-1 di Stadion Mandala, Jayapura.

Persipura yang diunggulkan karena tampil di kandang sendiri justru kebobolan lebih dulu. Pergerakan Ade Jantra di depan kotak penalti Persipura membuahkan gol di menit ke-11.

Namun, keunggulan tersebut hanya sebentar. Di menit ke-18, bek sayap Persipura Tinus Pae dijatuhkan di kotak penalti. Wasit Thoriq Alkatiri pun memberi hadiah tendangan penalti untuk Persipura. James Koko Lomell yang bertindak sebagai eksekutor menunaikannya dengan sukses.

Semen Padang vs PSM Makassar

Skor akhir: 2-1

Jalannya pertandingan: Semen Padang unggul dengan skor 2-0 di babak pertama melalui dua gol oleh M. Nur Iskandar pada menit ke-6 dan Marcel Silva pada menit ke-38.

Di babak kedua, PSM hanya bisa membalas satu gol lewat kaki Ferdinand Sinaga pada menit ke-65. Skor akhir pertandingan 2-1 untuk kemenangan Semen Padang.

—Rappler.com