Hasil lengkap babak 16 besar UEFA Euro 2016

JAKARTA, Indonesia—Perhelatan sepak bola terbesar di Eropa, UEFA Euro 2016, telah memasuki babak 16 besar.

Tim yang lolos dari fase grup akan berhadapan mulai 25 Juni hingga 28 Juni, sebelum melaju ke babak perempatfinal mulai 1 Juli mendatang.

Perancis, Wales, Jerman, Kroasia, Italia, dan Hongaria lolos sebagai juara grup.

Sedangkan Swiss, Inggris, Polandia, Spanyol, Belgia, dan Islandia menempati peringkat runner-up masing-masing grup.

Slovakia, Irlandia, Portugal, dan Irlandia Utara melengkapi 16 besar setelah menjadi empat tim yang terbaik di peringkat 3 grup.

Siapakah yang akan melaju ke perempatfinal? Berikut hasil lengkapnya.

 

Selasa, 28 Juni

Inggris vs Islandia

Skor akhir: 1-2

Jalannya pertandingan: Tim Inggris gagal melaju ke perempatfinal Euro 2016 setelah menelan kekalahan memalukan 2-1 dari tim non-unggulan Islandia.

Kapten Wayne Rooney sempat membawa Inggris unggul lewat titik penalti lima menit setelah pertandingan dimulai. Namun 75 detik kemudian Ragna Sigurdsson berhasil membuat kedudukan imbang 1-1.

Pada menit 18 giliran Kolbeinn Sigthorsson yang berhasil mencetak gol ke gawang Joe Hart dan membawa keunggulan bagi negaranya. Hasil 2-1 pun berakhir hingga pertandingan usai.

Islandia berhasil maju ke perempatfinal dan akan berhadapan dengan tuan rumah Perancis pada 4 Juli mendatang. Sementara Roy Hodgson langsung mengundurkan diri dari kursi pelatih Inggris sesaat setelah pertandingan selesai.

Italia vs Spanyol

Skor akhir: 2-0

Jalannya pertandingan: Italia akhirnya berhasil membalaskan dendam kekalahan Euro 2012. Pasukan Gli Azzurri tersebut berhasil mengalahkan Spanyol 1-0. Gol semata wayang Italia dicetak Giorgio Chiellini di menit ke-33 dan Graziano Pelle di menit ke-91.

Gol Chiellini berawal dari eksekusi tendangan bebas Eder dari tepat di depan kotak penalti Spanyol. Tendangan Eder tak bisa ditangkap David De Gea. Bola mental itu sempat diteruskan Emanuelle Giaccherini namun Chiellini lah yang membuat bola menembus gawang kiper Manchester United tersebut. 

Pelle menggenapkan keunggulan Italia melalui skema serangan balik. Sayap kiri Spanyol yang terlambat turun membuat Matteo Darmian leluasa mengirim umpan kepada Pelle. Pemain Southampton yang berada di depan gawang De Gea itupun langsung melepas tembakan voli.

Italia mengawali pertandingan dengan agresif. Mereka menekan ketat hingga ke wilayah pertahanan Spanyol. Hasilnya, Spanyol kerap kehilangan bola. Mereka juga kesulitan membangun serangan.

Dalam 30 menit pertama, Italia sudah melepas 4 tembakan. Dua di antaranya on target. Sebaliknya, Spanyol hanya sekali tembakan yang berhasil diciptakan. Di babak kedua, Spanyol kembali menguasai penguasaan bola. Tapi, tak ada gol balasan yang berhasil diciptakan.

Senin, 27 Juni

Belgia vs Hongaria

Skor akhir: 4-0

Jalannya pertandingan: Belgia menang besar lewat gol yang dicetak Toby Alderweireld pada babak pertama. Sementara Michy Batshuayi, Eden Hazard, dan Carasco menambah keunggulan pasukan Marc Wilmots pada babak kedua. Ini adalah kemenangan terbesar di Euro 2016 sejauh ini.

Statistik mencatat bahwa Hongaria lebih menguasai kepemilikan bola dengan 54 persen berbanding 46 persen. Namun Belgia bermain lebih berbahaya dengan menorehkan 4 gol dari 14 sepakan on target, sementara Hongaria memiliki enam kesempatan. 

Belgia unggul 1-0 berkat gol yang disumbangkan Toby Alderweireld meneruskan bola liar hasil tendangan bebas De Bruyne pada menit 10. 

Michy Batshuayi, yang masuk menggantikan Romelu Lukaku pada babak kedua, menambah keunggulan menjadi 2-0. Kapten Belgia, Eden Hazard, ikut mencatatkan namanya di papan skor setelah menggiring bola dari sisi kiri untuk melewati dua bek Hongaria kemudian melepaskan sepakan khasnya yang meluncur masuk ke sudut bawah gawang pada menit 81. Skor menjadi 3-0. 

Belgia belum puas, Carrasco meneruskan umpan terobosan Radja Nainggolan untuk mengubah skor menjadi 4-0 pada menit 90.

Minggu, 26 Juni

Jerman vs Slowakia

Skor akhir: 3-0 

Jalannya pertandingan: Tiga gol kemenangan Jerman dicetak tiga pemain dari posisi yang berbeda-beda. Pemain bertahan Jerome Boateng dan striker Mario Gomez mencetak gol pada babak pertama, sedangkan gelandang Julien Draxler menambah keunggulan di babak kedua.

Jerman unggul 1-0 saat pertandingan baru berjalan delapan menit lewat sepakan kaki kanan Boateng dari luar kotak penalti yang meluncur masuk ke sudut kiri gawang Slowakia.  

Wasit memberikan hadiah penalti untuk pasukan Joachim Loew akibat pelanggaran Martin Skrtel yang tertangkap melanggar terhadap Gomez pada menit 13.  

Sayang, tendangan 12 pas yang dilancarkan Mesut Ozil mampu terbaca oleh kiper Slowakia Kozacik sehingga Jerman gagal menambah gol.  

Gomez membawa Jerman unggul usai menerima umpan tarik Draxler yang merangsek ke dalam kotak penalti pada menit 43. Jerman kembali menambah keunggulan menjadi 3-0 lewat aksi Draxler memaksimalkan situasi kemelut di mulut gawang Sliwakia pada menit 63.  

Jerman akan menghadapi pemenang laga antara Spanyol dan Italia di Bordeaux pada 2 Juli untuk babak perempatfinal. Sementara Slowakia menyusul Kroasia, Swiss, Irlandia, dan Irlandia Utara angkat kaki dari Piala Eropa 2016. 

Perancis vs Irlandia

Skor akhir: 2-1

Jalnnya pertandingan: Keunggulan Irlandia diperoleh berkat eksekusi penalti yang dilakukan oleh Robbie Brady saat pertandingan baru berjalan dua menit. Wasit Nicola Rizzoli memberikan penalti kepada Irlandia karena Paul Pogba dianggap menjatuhkan Shane Long di dalam kotak penalti Perancis.

Apabila kedudukan bertahan hingga laga usai, Irlandia bukan hanya sukses melangkah ke perempatfinal Piala Eropa, namun juga menuntaskan dendam beberapa tahun silam saat mereka tersingkir dari laga playoff Piala Dunia 2010 lantaran gol handball Thiery Henry.

Namun Irlandia tak boleh keburu girang. Pasalnya, Antoine Griezmann berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-58. 

Tak berhenti sampai di situ, Griezmann kembali mencetak gol selang 3 menit kemudian. Perancis membalikkan kedudukan menjadi 2-1.

Beberapa menit kemudian, Irlandia harus bermain dengan 10 pemain setelah Duffy diganjar kartu merah karena menjatuhkan Griezmann di dekat kotak penalti.

Kroasia vs Portugal

Skor akhir: 0-1

Jalannya pertandingan: Bentrok antara Kroasia versus Portugal berlangsung ketat. Kroasia yang diunggulkan memang menguasai pertandingan dengan dominasi 59 persen penguasaan bola dan melepas 16 tembakan. 

Sebaliknya, Portugal yang lebih banyak terkurung hanya melepas 5 tembakan. Namun, kedua tim bermain imbang 0-0 hingga 90 menit pertandingan. Laga pun berlanjut ke extra time.

Namun, tim berjuluk Seleccao das Quinas tersebut justru yang beruntung di akhir pertandingan. Melalui skema serangan balik, Cristiano Ronaldo yang tak terjaga mendapat umpan matang di depan gawang Danijel Subasic. 

Ronaldo melepas tembakan keras. Tapi, kiper AS Monaco tersebut mampu memblok. Namun, bola mental mampu dimanfaatkan Ricardo Quaresma yang berdiri bebas. Gol yang terjadi di menit ke-117 tersebut membuat Kroasia tak memiliki kesempatan untuk membalas.

Wales vs Irlandia Utara

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Wales melenggang ke ronde ketiga Euro 2016. Ashley Williams dan kawan-kawan membekuk Irlandia Utara 1-0. Gol semata wayang Wales tercipta melalui gol bunuh diri Gareth McAuley di menit ke-75.

Gol bunuh diri tersebut terjadi ketika Gareth Bale yang melakukan penetrasi ke sayap kiri melepas crossing mendatar. McAuley hendak menghalau bola. Tapi, si kulit bundar justru menembus gawang Michael McGovern.

Dalam laga tersebut, Wales memang lebih menguasai pertandingan dengan penguasaan bola 56 persen. Namun, kedua tim sejatinya cukup imbang. Irlandia Utara melepas 4 tembakan. Begitu juga Wales.

Namun, Irlandia Utara jauh lebih akurat. Sebanyak 3 tembakan mereka on targer. Sebaliknya, Wales hanya 1 tembakan yang tepat sasaran.

Sabtu, 25 Juni

Swiss vs Polandia

Skor akhir: 1-1 (4-5)

Jalannya pertandingan: Laga sengit tersaji di Saint- Etienne dalam pertandingan pertama di babak 16 besar yang dimenangkan oleh Polandia sebagai tim pertama yang lolos ke perempatfinal.

Polandia unggul terlebih dahulu pada menit ke-39 lewat tendangan Jacub Błaszczykowski. Pada menit 82, Swiss berhasil menyamakan kedudukan lewat gol indah dari kaki Xerdan Shaqiri. Skor imbang yang kemudian bertahan hingga perpanjangan waktu berakhir membuat pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Penendang kedua Swiss Granit Xhaka gagal menendang bola ke arah gawang. Setelah kelima pemainnya berhasil mencetak gol, akhirnya Polandia berhasil unggul di babak tos-tosan dengan skor 5-4 dan lolos ke perempat final.

—Rappler.com

BACA JUGA: