Hasil lengkap perempatfinal UEFA Euro 2016

JAKARTA, Indonesia — Delapan tim terbaik telah memastikan langkahnya di babak perempatfinal Euro 2016.

Kedelapan tim tersebut—Polandia, Portugal, Belgia, Wales, Jerman, Italia, Perancis, dan Islandia—akan bertarung memperebutkan empat kursi semifinal.

Keseruan perempatfinal dimulai dengan pertandingan Polandia vs Portugal pada Jumat dini hari, 1 Juli, diikuti oleh laga antara Belgia vs Wales keesokan harinya.

Sementara pada Minggu dini hari, 3 Juli, akan ada duel menarik antara Jerman melawan Italia. Sedangkan tuan rumah Perancis akan menjamu sang kuda hitam Islandia pada Senin, 4 Juli.

Berikut hasil lengkap babak perempatfinal Euro 2016:

Senin, 4 Juli

Perancis vs Islandia

Skor akhir: 5-2

Jalannya pertandingan: Kejutan Islandia berakhir di tangan Perancis. Mereka keok dengan skor telak 2-5. Lima gol Perancis dicetak Olivier Giroud di menit ke-13 dan 59’, Paul Pogba 20’, Dimitri Payet 43’, Antoine Griezmann 45’. 

Sementara itu, dua gol balasan Islandia dicetak Kolbeinn Sigthorsson di menit ke-56 dan Birkir Bjarnason di menit ke84. 

Dalam laga tersebut, Islandia benar-benar tak berkutik. Mereka tak berdaya dengan serangan bertubi-tubi dari Perancis. Mereka hanya menguasai permainan 41 persen. 

Tembakan ke gawang Hugo Lloris pun hanya 5 tembakan yang on target. Sebaliknya, Perancis mencatatkan 8 tembakan on target.

Hasil tersebut membuat Perancis bersua Jerman di semifinal. 

Minggu, 3 Juli

 

Jerman vs Italia

 

Skor akhir: 1-1 (6-5)

 

Jalannya pertandingan: Jerman berhasil melaju ke semifinal Euro 2016 setelah mengalahkan Italia lewat drama adu penalti.

 

Ozil sempat membuat Jerman unggul terlebih dahulu saat ia mencetak gol pada menit 65.

Namun selang lima menit, pelanggaran handball Jerome Boateng di dalam kotak penalti memberikan Leonardo Bonucci kesempatan untuk menyamakan kedudukan lewat titik putih.

 

For the fourth time at #EURO2016, we head into extra time! How are those nerves, #GER & #ITA? #GERITA pic.twitter.com/JCnlH6v0io — UEFA EURO 2016 (@UEFAEURO) July 2, 2016

Setelah 15x2 menit perpanjangan waktu tidak menghasilkan gol bagi kedua tim, pertandingan dilanjutkan lewat adu penalti yang dimenangkan Jerman.

 

Sabtu, 2 Juli

Wales vs Belgia

Skor akhir: 3-1

Jalannya pertandingan: Wales melenggang mulus ke semi final Euro 2016. Mereka membekuk Belgia dengan skor telak 3-1. The Dragons--julukan Wales--ketinggalan lebih dulu melalui gol Radja Nainggolan di menit ke-13. Pemain berdarah Indonesia melepas tembakan keras dari luar kotak penalti.

#WAL pull off a huge shock to beat #BEL and reach the semi-finals! #WALBEL #EURO2016 pic.twitter.com/DNGz2i6M9e — UEFA EURO 2016 (@UEFAEURO) July 1, 2016

Ketinggalan 0-1 justru membuat Wales semakin agresif menyerang. Mereka mendominasi pertandingan hingga menguasai bola 61 persen. Hasilnya, Wales membalas melalui gol sundulan sang kapten Ashley Williams di menit ke-31. Dia menerima umpan via tendangan pojok Aaron Ramsey.

Skor sama kuat tak lantas membuat Wales berhenti menekan. Mereka terus menyerang Belgia dengan umpan-umpan taktis dan direct. Di menit ke-55, Hal Robson-Kanu yang menerima bola di dalam kotak penalti melakukan turn around (berbalik) untuk menipu tiga bek Belgia. Dia lantas menaklukkan Thibaut Courtois dan membuat timnya berbalik unggul 2-1.

Lagi-lagi Ramsey yang menciptakan assist bagi gol Wales.

Pasukan Chris Coleman terus menekan Belgia. Melalui serangan balik, Sam Vokes menggandakan keunggulan Wales menjadi 3-1 di menit ke-86. Crossing dari sayap kanan berhasil dia konversikan menjadi gol. 

Hasil tersebut membuat Wales kembali menorehkan sejarah. Di penampilan perdana mereka di Euro 2016, Ashley Williams dan kawan-kawan langsung tembus semi final. Mereka sudah ditunggu Portugal yang lolos ke final setelah menaklukan Polandia.

Jumat, 1 Juli

Polandia vs Portugal

Skor akhir: 1-1 (3-5)

Jalannya pertandingan: Portugal berhasil menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Euro 2016 setelah berhasil mengalahkan Polandia lewat adu penalti.

Polandia sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Lewandowski pada menit kedua—gol tercepat di Euro 2016 dan tercepat kedua sepanjang sejarah kompetisi Euro.

Namun pada menit 33 Renato Sanchez berhasil menyamakan kedudukan menjadi imbang 1-1. Skor tersebut bertahan hingga 90 menit berakhir dan pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Nothing to separate the teams after 90 minutes. Extra time to follow! #EURO2016 #POLPOR pic.twitter.com/WP0nJQ0uNk — UEFA EURO 2016 (@UEFAEURO) June 30, 2016

Dalam 2x15 menit perpanjangan waktu yang sempat diganggu oleh kehadiran penonton tak bertanggung jawab ke dalam lapangan, kedua tim tak mampu mencetak satu gol pun.

Laga kemudian berlanjut ke adu penalti yang dimenangkan Portugal dengan skor 5-3, setelah Błaszczykowski gagal melakukan tugasnya dengan baik.

—Rappler.com

Baca laporan lengkap Rappler tentang Euro 2016: