Hasil lengkap babak penyisihan grup UEFA Euro 2016

JAKARTA, Indonesia—Kejuaraan sepak bola empat tahunan antar negara Eropa kembali diselenggarakan di tahun 2016 ini. UEFA Euro 2016 ke-15 akan berlangsung selama satu bulan, mulai 10 Juni hingga 10 Juli mendatang, di berbagai kota di Perancis.

Untuk pertama kalinya piala Euro akan diperebutkan oleh 24 tim yang dibagi menjadi enam grup berbeda.

Pertandingan pertama UEFA Euro 2016 akan mempertemukan tuan rumah Perancis dengan Romania di St. Denis, pada Sabtu, 11 Juni, pukul 02:00 WIB.

Bagaimana hasil seluruh pertandingan dalam babak penyisihan grup UEFA Euro 2016? Berikut hasil lengkapnya:

Kamis, 23 Juni 

Irlandia vs Italia

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Irlandia berhasil mengamankan posisi tiga grup E setelah mengalahkan tim unggulan Italia dengan skor 1-0. 

Gol kemenangan Irlandia diciptakan lewat tandukan cantik Robert Brady yang meneruskan umpan panjang Wesley Hoolahan pada menit 85.  

Kendati kalah, Italia tetap keluar sebagai juara grup E untuk berhadapan dengan Spanyol pada babak 16 besar. Belgia menjadi runner-up dengan perolehan enam poin, sementara Irlandia di posisi tiga dengan empat angka.  

Belgia vs Swedia

Hasil akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Radja Nainggolan mencetak gol kemenangan 1-0 untuk meloloskan Belgia ke babak 16 besar, sekaligus menyingkirkan Swedia dari Euro 2016 .

Radja Nainggolan mencetak gol saat laga memasuki menit 84 meneruskan umpan diagonal yang dilepaskan Eden HazardHazard. 

Penyerang Swedia, Zlatan Ibrahimovic sempat mencetak gol pada menit 63 namun dianulir wasit karena pemain Swedia lainnya, Berg, melakukan perlanggaran. Berg kemudian digantikan John Guidetti.

Sebaliknya, gol Belgia yang dicetak Romero Lukaku juga dibatalkan wasit karena pemain Everton itu dianggap terjebak offside pada menit 75. 

Pada pertandingan lainnya Italia tetap menjadi juara grup E kendati dikalahkan Irlandia dengan skor 0-1. 

Rabu, 22 Juni

Irlandia Utara vs Jerman

Skor akhir: 0-1

Jalannya pertandingan: Jerman akhirnya kembali ke jalur kemenangan. Setelah di laga kedua Euro 2016 ditahan Polandia 0-0, pasukan Joachim Loew itu membalas dengan mengalahkan Irlandia Utara 1-0.

Gol semata wayang Die Mannschaft--julukan Jerman--dicetak oleh Mario Gomez di menit ke-30 dengan assist dari Thomas Mueller. 

Dalam pertandingan tersebut, Jerman menguasai pertandingan. Mereka bahkan mengurung Irlandia hampir sepanjang pertandingan. Beberapa kali Jerman mendapat kesempatan membobol gawang pasukan Michael O'Neill.

Namun, baik Gomez maupun Mueller tak bisa menggandakan keunggulan timnya.

Hasil tersebut membuat Jerman keluar sebagai juara grup C. Mereka lolos langsung ke babak 16 besar bersama Polandia yang menang 1-0 atas Ukraina.

Ukraina vs Polandia

Skor akhir: 0-1

Jalannya pertandingan: Polandia akhirnya berhasil lolos ke babak kedua Euro 2016. Mereka menjadi runner up grup C setelah menang 1-0 atas Ukraina dengan gol dari Jakub Blaszczykowski di menit ke-54.

Meski memenangi pertandingan, Robert Lewandowski dan kawan-kawan kalah jauh dalam penguasaan bola. Mereka hanya mencatatkan ball possession 36 persen. 

Selain itu, Ukraina juga lebih agresif. Mereka melepas 12 tembakan. Bandingkan dengan Polandia yang hanya 8 tembakan. Tapi, hingga peluit akhir berbunyi, Ukraina tak bisa membalas gol Polandia.

Selasa, 21 Juni 

Inggris vs Slovakia

Skor akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: Inggris harus puas ditahan imbang Slovakia dengan skor kacamata. Inggris sebenarnya tampil sangat dominan, namun lini depan The Three Lions tumpul.

Dari 30 kali percobaan tembakan, hanya 5 yang tepat sasaran dan tak satupun berbuah gol. Jamie Vardy dan Daniel Sturridge yang bermain sejak hanya dua kali menemui sasaran dan selalu digagalkan oleh kesigapan penjaga gawang Slovakia, Matus Kozacik. 

Upaya pelatih Roy Hodgson menurunkan kapten Wayne Rooney menggantikan Jack Wilshere untuk menambah kreativitas permainan pada menit 56 tak membuah kan hasil. Begitupun pergantian oleh Bamidelle Alli menggantikan Adam Lallana pada menit 60, dan Harry Kane menggantikan Sturridge pada menit 76. 

Hasil ini membuat Inggris finish di urutan kedua grup B dengan 5 poin, di bawah juara grup, Wales, dengan 6 poin. Inggris dan Wales dipastikan melaju ke babak 16 besar, sementara Slovakia berpeluang lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik, dengan 4 poin. 

Wales vs Rusia

Skor akhir: 3-0

Jalannya pertandingan: Pemain Real Madrid, Gareth Bale, mencetak gol kemenangan Wales atas Rusia pada menit ke-37.

Dua gol Wales lainnya dicetak oleh Aaron Ramsey dan Neil Taylor pada babak pertama. Ramsey membuka keunggulan Wales pada menit 11. Wales tidak membutuhkan waktu lama untuk menggandakan keunggulan mereka pada menit 20 melalui gol Taylor.

Memasuki babak kedua Wales tak mengendurkan serangan mereka, yang secara keseluruhan sepanjang 90 menit berhasil melepaskan 19 kali percobaan tembakan yang 12 di antaranya menemui sasaran.

Bale melengkapi kemenangan Wales menjadi 3-0. Berkat kemenangan ini, Wales menjuarai grup B dengan 6 poin. Sedangkan Rusia harus pulang lebih awal dari putaran final Euro 2016.

Senin, 20 Juni 

Perancis vs Swiss 

Skor akhir: 0-0 

Jalannya pertandingan: Swiss ikut lolos ke babak 16 besar setelah menahan imbang Perancis pada laga terakhir Grup A. Swiss lolos ke babak selanjutnya sebagai runner-up grup A dengan perolehan 5 poin, sementara Perancis yang sudah dipastikan lolos menjadi juara grup dengan 7 poin.  

Statistik UEFA mencatat, Perancis untuk pertama kalinya pada Euro 2016 kalah dalam penguasaan bola. Paul Pogba dan kolega hanya memiliki 41 persen penguasaan bola berbanding 59 persen dari Swiss. 

Namun Perancis memiliki serangan yang lebih membahayakan dengan melepaskan empat sepakan on target

Albania vs Rumania

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Albania menempati posisi tiga klasemen akhir Grup A Euro 2016 usai menekuk Rumania dengan skor 1-0. Albania masih bisa lolos ke 16 besar jika menjadi salah satu dari empat peringkat tiga terbaik, sedangkan Rumania dipastikan tersingkir dari Euro 2016.

Albania yang kalah pada dua pertemuan pertama pada Euro 2016 akhirnya mengemas gol pertama sekaligus kemenangan perdana pada turnamen ini. Gol tunggal kemenangan Albania diciptakan Armando Sadiku. 

Minggu, 19 Juni

Portugal vs Austria

Hasil akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: Peluang Portugal untuk lolos ke babak 16 besar semakin sempit. Itu setelah mereka kembali bermain seri 0-0 di laga keduanya di grup F melawan Austria. Sebelumnya, di laga perdana Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan juga bermain imbang 1-1 melawan Islandia.

Portugal sejatinya mendapat kesempatan untuk menang di menit-menit akhir. Wasit asal Italia Nicola Rizzoli memberi hadiah tendangan penalti setelah bek Austria handsball di kotak penalti. Sayang, kesempatan di menit ke-79 itu gagal. Akibatnya, Portugal harus puas berada di peringkat ketiga dengan hanya 2 poin.

Satu-satunya peluang mereka lolos ke babak selanjutnya adalah menang atas Hungaria di laga pemungkas. Namun, laga itu ibarat final. Sebab, Hungaria sebagai pemuncak klasemen tentu ingin lolos langsung ke babak selanjutnya. Laga bakal tak mudah bagi kedua tim.

Islandia vs Hungaria

Hasil akhir: 1-1

Jalannya pertandingan: Islandia terus menjaga kejutannya di Euro 2016. Mereka kembali bermain seri 1-1. Kali ini melawan Hungaria. Gol semata wayang mereka dicetak Gylfi Sigurdsson di menit ke-40 melalui tendangan penalti. Mereka hampir saja menang jika Birkir Saevarsson tidak membuat gol bunuh diri di menit ke-88.

Hasil tersebut memang belum menjamin Islandia lolos ke 16 besar. Namun, mereka bisa lolos ke 16 besar jika menang atas Austria di laga pemungkas. Austria yang hanya meraih 1 poin dalam dua laga kemungkinan tak lagi ngotot untuk berebut tiket ke babak lanjutan. Kecuali mengharapkan slot empat peringkat ketiga terbaik. 

Sabtu, 18 Juni

Belgia vs Irlandia

Hasil akhir: 3-0

Jalannya pertandingan: Belgia langsung menuntut balas atas kekalahan 0-2 dari Italia. Tim berjuluk Setan Merah itu menghajar Irlandia 3-0. 

Tiga gol pasukan Marc Wilmots itu dicetak Romelu Lukaku di menit ke-48 dan 70’ kemudian Axel Witsel di menit ke-61. 

Belgia tampaknya belajar banyak dari laga perdana. Mereka bermain lebih terkendali tapi juga sangat agresif. Striker Romelu Lukaku juga tampil lebih baik. 

Bahkan, gol pertama striker Everton itu adalah peluang pertamanya di pertandingan tersebut.

Kemenangan itu membawa Belgia menempel Italia di posisi kedua dengan 3 angka. Mereka masih harus berebut tiket ke 16 besar dengan Swedia. Laga kedua tim bakal menjadi final grup E untuk memastikan pendamping Italia.

Spanyol vs Turki

Hasil akhir: 3-0

Jalannya pertandingan: 

Spanyol membuktikan bahwa mereka tetap layak menyandang status tim favorit juara. Melawan Turki, tim Matador menghajar telak 3-0.

Tiga gol pasukan Vicente Del Bosque itu dicetak Alvaro Morata di menit ke-34 dan 48', kemudian Nolito di menit ke-37.

Kemenangan besar tersebut membayar laga Spanyol sebelumnya yang hanya mampu menang 1-0 atas Republik Ceko.

Selain itu, dua hasil sempurna membawa La Furia Roja memimpin klasemen grup D dengan 6 angka. Mereka sudah pasti lolos langsung ke babak kedua Euro 2016.

Republik Ceko vs Kroasia

Hasil akhir: 2-2

Jalannya pertandingan: Kemenangan di depan mata Kroasia sirna. Sempat unggul 2-0, mereka justru ditahan seri 2-2. Kroasia awalnya unggul lebih dulu melalui Ivan Perisic di menit ke-37 dan 59.

Namun, semangat pantang menyerah dari Ceko membuat Ceko memperkecil ketinggalan melalui Milan Skoda di menit ke-76.

Pertandingan sempat terhenti karena ada flare. Di akhir babak kedua, Ceko mendapat penalti setelah bek Kroasia handsball. Tomas Necid mengeksekusi dengan sempurna.

Hasil tersebut membuat Ceko tetap membuka peluangnya lolos ke babak kedua.

Jumat, 17 Juni

Italia vs Swedia

Hasil akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Italia melanjutkan kiprah sempurnanya di Euro 2016. Setelah mengalahkan tim bertabur bintang Belgia, kali ini giliran Swedia. Zlatan Ibrahimovic dan kawan-kawan dikalahkan 1-0.

Gol semata wayang dicetak Eder di menit ke-88 melalui aksi solo run dari sayap kiri. Pemain Inter Milan itu membawa bola dari sayap kiri dan masuk ke kotak penalti Swedia. Tiga bek Swedia tak sanggup menghentikan kecepatan pemain 29 tahun tersebut.

Begitu masuk ke kotak penalti, Eder menendang bola ke sisi jauh tiang gawang Swedia yang dikawal Andreas Isaksson. 

Hasil tersebut membuat Italia mengamankan peluang ke babak kedua. Slot tim yang menemani Gli Azzurri ke ronde selanjutnya bakal menjadi pertarungan Belgia, Irlandia, dan Swedia. 

Jerman vs Polandia

Hasil akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: Polandia akhirnya benar-benar menyulitkan Jerman. Mereka mampu meredam kekuatan pasukan Joachim Loew hingga tak berkutik. Beberapa kali serangan tim berjuluk Die Mannschaft itu tak bisa menembus gawang Polandia yang dikawal Lukasz Fabianski.

Meski menguasai pertandingan hingga 63 persen, Jerman juga cukup kerepotan dengan pressing Polandia. Akibatnya, total kedua tim mendapat 6 kartu kuning sepanjang pertandingan.

Padahal, sepanjang pertandingan, Robert Lewandowski dan kawan-kawan tak sekalipun melepas tembakan akurat. Sebaliknya, Jerman justru melepas 4 tembakan on target dari total 12 tembakan. 

Hasil ini membuat peluang Polandia semakin besar untuk lolos ke babak berikutnya. Saingan berat mereka memang Irlandia Utara. Namun, Polandia lebih diuntungkan karena bertemu Ukraina di laga terakhir sedangkan Irlandia Utara harus menghadapi Jerman.

Ukraina vs Irlandia Utara

Hasil akhir: 0-2

Jalannya pertandingan: Irlandia Utara menjaga harapannya untuk lolos ke babak berikutnya. Di laga keduanya, mereka mengalahkan Ukraina dengan dua gol tanpa balas. Dua gol Irlandia Utara dicetak Gareth McAuley di menit ke-49 dan Niall McGinn di menit ke-90.

Hasil tersebut membuat mereka berada di peringkat ketiga dengan 3 poin. Mereka bisa bersaing untuk lolos langsung ke babak selanjutnya jika bisa menang atas Jerman di pertandingan terakhir.

Kamis, 16 Juni

Inggris vs Wales

Hasil akhir: 2-1

Jalannya pertandingan: Inggris hampir saja menelan kekalahan di laga keduanya di Euro 2016. Mereka ketinggalan lebih dulu melalui tendangan bebas Gareth Bale di menit ke-42. 

Inggris mulai mampu memberi perlawanan setelah pelatih Roy Hodgson memasukkan Jamie Vardy dan Daniel Sturridge. Vardy menyamakan kedudukan pada menit ke-56. Meski terlihat jelas dalam posisi offside, wasit Felix Brych asal Jerman tetap mengesahkannya.

Striker Liverpool, Daniel Sturridge, membalik keadaan menjadi kemenangan melalui aksi agresifnya di kotak penalti Wales di menit ke-90. 

Hasil tersebut membuat Inggris memimpin klasemen sementara grup B. Sedangkan Wales berada di posisi ketiga. Juara grup dan runner-up masih harus ditentukan hingga laga ketiga. Inggris akan menghadapi Slovakia sedangkan Wales bentrok melawan Rusia.

Perancis vs Albania

Hasil akhir: 2-0

Jalannya pertandingan: Sempat ketar-ketir hingga menjelang akhir laga, Perancis akhirnya mampu meraih kemenangan di laga keduanya melawan Albania. Pasukan Didier Deschamps tersebut sempat frustrasi hingga Antoine Griezmann mengoyak jala gawang Albania melalui sundulan di menit ke-89.

Dimitri Payet menyempurnakan kemenangan Perancis dengan mencetak gol kedua di menit ke-95.

Sepanjang pertandingan, tim berjuluk Les Bleus itu menguasai 61 persen penguasaan bola. Mereka juga melepas 13 tembakan. Namun, tak satupun yang on target. Apalagi berbuah gol.

Deschamps sempat menggantikan Antony Martial dengan Paul Pogba. Tapi, perubahan itu tak menghasilkan perbedaan. Di menit ke-68, dia mengganti Kingsley Coman dengan Griezmann.

Hasilnya, striker Atletico Madrid itu membayar penampilan buruknya di laga pertama. Dia mencetak gol kemenangan bagi tim tuan rumah.

Hasil itu membuat Perancis memastikan sebagai tim pertama yang lolos ke babak berikutnya. Tapi, status juara grup masih harus dipastikan saat bentrok dengan Swiss di laga ketiga. 

Rumania vs Swiss

Hasil akhir: 1-1

Jalannya pertandingan: Swiss membuka lebar peluang lolos ke babak kedua Euro 2016 dengan hasil seri melawan Rumania 1-1. Meski sempat ketinggalan 0-1 melalui gol tendangan penalti Bogdan Stancu di menit ke-18, Swiss akhirnya mampu menyamakan kedudukan melalui Admir Mehmedi di menit ke-57.

Hasil seri tersebut cukup membuat mereka masuk dalam dua besar klasemen sementara grup A dengan koleksi 4 angka. Hasil seri saja di laga ketiga bakal membuat mereka lolos ke fase knock-out Euro 2016.

Namun, Rumania masih berpeluang. Itu jika Swiss kalah atas Perancis dan Rumania menang atas Albania.  

Rabu, 15 Juni

Rusia vs Slovakia

Hasil akhir: 1-2

Jalannya pertandingan: Sukses menahan Inggris 1-1 di laga perdana, Rusia justru melempem di laga kedua. Mereka keok di tangan Slovakia 1-2. 

Slovakia unggul lebih dulu melalui gol Vladimir Weiss di menit ke-32. Keunggulan tersebut digandakan Marek Hamsik di menit ke-45. Rusia baru mampu membalas di menit ke-80 melalui gol Denis Glushakov. 

Hasil tersebut jelas sangat mengecewakan bagi Rusia. Mereka seharusnya bisa menjaga harapan untuk lolos ke babak berikutnya. Hasil ini membuat peluang mereka untuk lolos ke babak kedua Euro 2016 semakin sulit. 

Portugal vs Islandia

Skor akhir: 1-1

Jalannya pertandingan: Islandia membuat kejutan di Euro 2016. Negara yang baru kali ini mengikuti ajang sepak bola Eropa empat tahunan itu sukses menahan seri Portugal 1-1. Mereka memang ketinggalan 0-1 setelah Nani mencetak gol di menit ke-31. Namun, di babak kedua, tepatnya di menit ke-50, Birkir Bjarnason menyamakan kedudukan melalui tendangan voli kencang ke gawang Rui Patricio.

Islandia tampil dengan sangat disiplin. Mereka juga tak jarang bermain keras. Pasukan Lars Lagerbaeck bahkan menciptakan beberapa peluang emas. Untungnya masih bisa dihalau Patricio.

Selain itu, hasil seri itu juga berkat kegemilangan kiper Islandia Hannes Thor Halldorsson. Dia beberapa kali menyelamatkan peluang. Bahkan, sundulan Cristian Ronaldo tepat di depan gawang berhasil dia mentahkan. 

Berikut jumlah tendangan ke arah masing-masing gawang yang berpotensi menciptakan gol: 

Hasil seri ini membuka peluang Islandia ke babak selanjutnya. Setelah sukses menahan seri Portugal, negara terkecil yang berpartisipasi di Euro 2016 itu bisa bersaing dengan Austria dan Hungaria untuk lolos ke babak berikutnya.

Austria vs Hungaria

Skor akhir: 0-2

Their last EURO victory was a 3-1 extra-time defeat of Denmark on 20 June 1964. #EURO2016 #HUN pic.twitter.com/zTHfW2a0up — UEFA EURO 2016 (@UEFAEURO) June 14, 2016

Jalannya pertandingan: Hungaria membuat kejutan di laga perdana grup F. Mereka menang besar 2-0 atas Austria. Dua gol diciptakan oleh Adam Szalai di menit ke-63 dan Zoltan Stieber di menit  ke-87. 

Meski tidak diunggulkan, Hungaria justru tampil dominan. Mereka menguasai bola hingga 52 persen. Mereka juga melepas tembakan lebih banyak, 13 tembakan. Sebaliknya, Austria hanya 10 tembakan.

Hasil tersebut membuat Hungaria langsung meroket ke pemuncak klasemen grup F. Beban mereka untuk lolos ke babak selanjutnya lebih mudah dengan raihan 3 poin.

Selasa, 14 Juni

Belgia vs Italia

Skor akhir: 0-2

Jalannya pertandingan: Italia mampu membuktikan bahwa mereka tak bisa diremehkan. Melawan skuat muda Belgia, pasukan Antonio Conte itu justru menang 2-0. Dua gol kemenangan Gli Azzurri dicetak Emanuele Giaccherini di menit ke-32 dan Graziano Pelle di menit ke-90.

Dalam pertandingan tersebut, Belgia lebih banyak menguasai permainan. Namun, permainan bertahan yang menjadi andalan Italia tak bisa ditembus Belgia. Beberapa kali Belgia berusaha menyerang melalui sayap tapi selalu berakhir di kaki bek Italia.

Sebaliknya, Italia tak banyak melepas tembakan. Hanya 8 kali. Bandingkan dengan Belgia yang mencapai 11 kali. Tapi, 

Hasil tersebut membuat Italia menguasai grup E dengan 3 poin. Belgia yang digadang-gadang jadi kambing hitam justru duduk di posisi paling buncit.

Irlandia vs Swedia

Skor akhir: 1-1

Jalannya pertandingan: Laga perdana bagi Swedia dan Irlandia berakhir seri 1-1. Padahal, kedua tim membutuhkan poin maksimal untuk bersaing dengan tim lain. Apalagi, mereka berada di grup E yang cukup ketat. Kedua tim harus bersaing dengan Belgia dan Italia.

Dalam pertandingan tersebut, Irlandia unggul lebih dulu via Wesley Hoolahan di menit ke-48. Sementara, Swedia membalasnya di menit ke-71 melalui gol bunuh diri Ciaran Clark.

Senin, 13 Juni 

Spanyol vs Republik Ceko

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Juara bertahan Spanyol membuktikan diri bahwa mereka tetap layak diperhitungkan di Euro 2016. Di laga perdananya, tim berjuluk La Furia Roja itu mengalahkan Republik Ceko 1-0. Gol tunggal pasukan Vicente Del Bosque itu dicetak Gerard Pique di menit ke-87.

Pemain Barcelona itu menerima umpan lambung Andres Iniesta dari sisi kiri ke sayap kanan. Pique yang tepat berada di depan gawang Petr Cech pun langsung menyambar umpan matang tersebut. Posisi Pique yang terlalu dekat membuat Cech tak berkutik.

Gol tersebut membuyarkan harapan Ceko untuk meraih angka. Apalagi pertahanan mereka cukup solid menahan gempuran serangan cepat dan dominan dari Spanyol. Hasil tersebut langsung membawa Spanyol menguasai klasemen sementara grup D dengan tiga poin.

Jerman vs Ukraina 

Skor akhir: 2-0 

Jalannya pertandingan: Gol pertama Jerman dicetak Shkodran Mustafi yang menyundul bola umpan tendangan bebas Toni Kroos pada menit 19. 

Bastian Schweinsteiger menggenapkan kemenangan Jerman menjadi 2-0 setelah menerima umpan dari Mesut Ozil dari skema serangan balik. Skor 2-0 bertahan hingga laga usai.  

Kemenangan ini membawa Jerman memimpin klasemen grup C dengan perolehan tiga poin, atau memiliki nilai sama dengan Polandia namun unggul selisih gol. Adapun Ukraina dan Irlandia Utara yang sama-sama menelan kekalahan belum mendapatkan poin.  

Jerman akan menjalani pertandingan krusial melawan Polandia pada 17 Juni 2016, satu hari setelah Ukraina menghadapi Irlandia Utara pada laga kedua grup C. 

Polandia vs Irlandia Utara

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Polandia mencatatkan hasil sempurna di laga perdana Piala Eropa. Mereka mengalahkan Irlandia Utara 1-0. Gol tunggal pasukan Adam Nawalka dicetak Arkadiusz Milik di menit ke-51.

Polandia bermain sangat dominan di laga tersebut. Mereka menguasai pertandingan dengan 61 ball possession. Mereka juga mampu melepas 13 tembakan. Empat di antaranya on target.

Hasil tersebut membuat Polandia memimpin klasemen sementara grup C. Dengan tiga poin, mereka bisa lebih percaya diri bersaing dengan juara dunia Jerman dan Ukraina yang diprediksi berpeluang lolos ke babak kedua.

Minggu, 12 Juni 

Turki vs Kroasia

Skor akhir: 0-1

Jalannya pertandingan: Kroasia langsung meraih hasil sempurna di laga perdananya. Mereka membekuk Turki 1-0. Gol semata wayang Kroasia dicetak Luka Modric di menit ke-41.  

Hasil tersebut membuat tim pecahan Yugoslavia itu memimpin klasemen sementara grup D dengan 3 angka. 

Inggris vs Rusia

Skor akhir: 1-1

Jalannya pertandingan: Kutukan laga perdana di turnamen besar masih menghantui Inggris. Mereka kembali tak bisa meraih hasil maksimal di Euro 2016. Tim berjuluk The Three Lions itu ditahan seri Rusia 1-1.

Inggris sejatinya langsung menggebrak sejak menit pertama. Mereka langsung bermain dengan kecepatan dan intensitas tinggi. Namun, penampilan gemilang kiper Rusia Igor Akinfeev membuat barisan depan Inggris frustasi.

Padahal, mereka melepas tembakan ke gawang sebanyak lima kali. Tapi, hanya satu yang jadi gol. Itupun via eksekusi tendangan bebas Eric Dyer di menit ke-73. Keunggulan 1-0 itu bertahan hingga memasuki injury time. Namun, gol balasan Vasili Berezutski membuyarkan mimpi Wayne Rooney dan kawan-kawan.

Wales vs Slovakia

Skor akhir: 2-1

Jalannya pertandingan: Wales membuka lebar peluang lolos ke babak selanjutnya di Euro 2016 dengan kemenangan. Mereka menaklukkan Slovakia 2-1. Dua gol tim berjuluk The Dragons itu dicetak oleh Gareth Bale di menit ke-10 dan Hal Robson-Kanu di menit ke-81. 

Sementara itu, gol balasan Slovakia dicetak oleh Ondrej Duda di menit ke-61.

Dalam pertandingan tersebut, Slovakia sejatinya lebih dominan dalam penguasaan bola. Namun, pasukan Chris Coleman justru lebih mampu melepas tembakan ke gawang lawan. Mereka mengemas 10 tembakan. Delapan di antaranya on target.

Sebaliknya, Slovakia hanya mampu melepas 3 tembakan ke gawang.

Sabtu, 11 Juni

Albania vs Swiss

Skor akhir: 0-1

Jalannya pertandingan: Swiss mengawali kiprahnya di Euro 2016 dengan sempurna. Mereka meraih kemenangan setelah mengalahkan Albania dengan skor tipis 1-0. Padahal, Albania terpaksa bermain dengan 10 orang setelah Lorik Cana mendapat kartu kuning kedua di menit ke-36.

Meski unggul jumlah pemain, Swiss tak menambah keunggulan. Mereka menang dengan gol semata wayang Fabian Schaer di menit ke-5. 

Hasil tersebut membuat Swiss menguntit Perancis di posisi kedua di grup A dengan koleksi poin sama-sama 6. Meskipun begitu, Albania layak diacungi jempol. Meski baru kali pertama berkiprah di Euro, mereka mampu melawan Swiss dengan baik. 

Bahkan, beberapa kali mereka mengancam gawang Yann Sommer. Namun karena penyelesaian akhir buruk, Albania harus menyudahi laga dengan nol gol.

Perancis vs Rumania

Skor akhir: 2-1

Jalannya pertandingan: Gelandang West Ham United Dimitri Payet berhasil memberikan kemenangan bagi tuan rumah Perancis dalam laga perdana Euro 2016 melawan Rumania.

Payet menjadi bintang dalam partai ini. Sebelum mencetak gol kemenangan pada menit 89, ia juga menjadi pengumpan dalam gol pembuka yang dicetak Olivier Giroud pada menit 57.

A sensational Payet strike secures France all three points. #EURO2016 #FRAROU pic.twitter.com/x9KmhD7MYI — UEFA EURO 2016 (@UEFAEURO) June 10, 2016

Gol tunggal Rumania dicetak lewat titik penalti oleh Nicolae Stancu pada menit 65, akibat tackle bek Perancis Patrice Evra.—Rappler.com

BACA JUGA: