Kebakaran Gunung Merbabu belum bisa dipadamkan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kebakaran Gunung Merbabu belum bisa dipadamkan

AFP

Api sudah berkobar selama tiga hari.

JAKARTA, Indonesia— Hingga hari ketiga, api di Gunung Merbabu, Magelang, Jawa Tengah belum kunjung padam.

Api mulai membakar kawasan sekitar puncak Gunung Merbabu sejak Rabu, pukul 17.00, tepatnya di Dusun Bentrokan, Desa Wonoleo, Kecamatan Sawangan. Sejak saat itu, upaya pemadaman telah dimulai oleh warga dan petugas.

Kondisi udara yang kering dan minimnya peralatan membuat api semakin meluas. Tadinya, kebakaran hanya terjadi di Kecamatan Sawangan, kini sudah sampai di Kecamatan Pakis, Magelang.

Namun, api di beberapa area telah berhasil dipadamkan. 

“Api di Sabana 1, Sabana 2, dan di Kenteng Songo sudah terkendali,” kata Koordinator Perlindungan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Kurnia Adi Wirawan, Jumat, pada Okezone

Diduga dari api unggun

Pemadaman yang belum berhasil tersebut membuat gunung ini rawan bagi para pendaki. Meski di beberapa daerah sudah berhasil dipadamkan, petugas tetap menutup pendakian.

“Pendaki yang telanjur naik, kami imbau segera turun. Petugas yang sedang memadamkan api dan bertemu pendaki langsung meminta pendaki turun. Pendakian ditutup sampai batas aman.”

Hingga saat ini, sumber kebakaran belum ditemukan, namun petugas menduga bahwa api bermula dari sisa api unggun pendaki yang ditinggalkan tanpa dipadamkan. 

“Di bulan Agustus memang musim mendaki, beberapa hari yang lalu setelah 17 Agustus, Gunung Ungaran juga sempat dilanda kebakaran,” kata salah sorang petugas di Posko SAR Merbabu, Kamis malam, pada Tribunnews—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!