Dua lagi teridentifikasi, total korban Mina asal Indonesia menjadi 129

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dua lagi teridentifikasi, total korban Mina asal Indonesia menjadi 129

EPA

Total korban Mina asal Indonesia bertambah menjadi 129 orang

MEKAH, Arab Saudi — Dua jemaah haji asal Jawa Barat dari kloter 61 embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 61) yang menjadi korban meninggal dalam peristiwa Mina akhirnya ditemukan setelah melalui proses verifikasi dan identifikasi panjang. 

“Akhirnya PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) bisa mengidentifikasi dua jemaah yang menjadi korban peristiwa Mina,” kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekah Arsyad Hidayat, Jumat dini hari, 16 Oktober. 

Dua jemaah tersebut adalah Nugroho Muhammad Sofwan Hadi dan Nji Saadah Eno Martawijaya. Dengan demikian total jemaah haji Indonesia yang menjadi korban meninggal dalam peristiwa tersebut sebanyak 129 orang terdiri dari 124 jemaah dari Tanah Air dan lima WNI yang telah bermukim di Arab Saudi.

“Penemuan ini juga menjadi tanda berakhirnya pencarian korban Mina di pemulasaran mayat Al Mu’ashim,” ujar Arsyad.

Sementara itu Ketua Tim Verifikasi dan Identifikasi Korban Mina Letkol Jaetul Muchlis Basyir mengatakan penemuan kedua jenazah terakhir tersebut terbilang cukup sulit mengingat pihaknya harus membuka ulang file dan dokumen korban meninggal akibat peristiwa Mina yang ada di pemulasaran mayat.

“Penemuan dua jenazah tersebut mengalami proses yang cukup sulit karena akses yang sulit ditembus,” kata Muchlis yang juga Kepala Seksi Perlindungan Jamaah Daker Mekkah.

Ia berharap masyarakat maupun keluarga korban bisa memaklumi proses yang terbilang agak lama untuk melakukan identifikasi jenazah karena kendala di lapangan itu. — Laporan dari Antara/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!