Indonesia terima ‘Miracle Foam’ dari Jepang untuk padamkan kebakaran hutan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia terima ‘Miracle Foam’ dari Jepang untuk padamkan kebakaran hutan

EPA

"Jepang telah memutuskan untuk mengirimkan bantuan darurat berupa substansi kimia khusus sebanyak kurang lebih dua ton (2.000 liter) untuk penanganan bencana kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan di Indonesia"

JAKARTA, Indonesia — Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menerima bantuan dari Pemerintah Jepang untuk mengatasi kebakaran lahan dan hutan serta kabut asap di beberapa wilayah di Indonesia.

Serah terima bantuan itu dilakukan oleh Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki di Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Jumat, 16 Oktober.

“Jepang telah memutuskan untuk mengirimkan bantuan darurat berupa substansi kimia khusus sebanyak kurang lebih dua ton (2.000 liter) untuk penanganan bencana kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan di Indonesia,” kata Tanizaki.

Pada pertemuan itu, Tanizaki juga memberikan daftar dan sampel bantuan darurat kepada Fachir.

Menurut Tanizaki, bantuan darurat berupa 100 botol cairan pemadam api bernama “Miracle Foam a+”, yang masing-masing botolnya berisi 20 liter cairan tersebut, akan tiba di Palembang antara Sabtu – Senin, 17 – 19 Oktober. 

Selain itu, Pemerintah Jepang juga akan mengirimkan seorang ahli dari Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk membantu upaya pemadaman kebakaran dan kabut asap.

“Pemerintah Jepang berharap bantuan darurat ini dapat digunakan dengan baik dan efektif, serta bantuan ini berguna untuk meredakan bencana kabut asap ini,” ujar Tanizaki.

Pemerintah Indonesia mengapresiasi bantuan dari Jepang dan menilai hal itu sebagai bentuk persahabatan kedua negara dan akan memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang di masa yang akan datang.

Sejak pertengahan Juni telah terjadi pencemaran udara yang cukup parah di Indonesia dan negara sekitarnya yang disebabkan oleh kebakaran hutan besar di Pulau Sumatera.

Kebakaran lahan dan hutan itu menyebabkan bencana kabut asap yang dibawa oleh angin musim (muson) ke Semenanjung Malaysia dan Singapura. — Laporan dari Antara/Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!