Indonesia

F1: Menangi Grand Prix AS, Lewis Hamilton kunci gelar juara dunia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

F1: Menangi Grand Prix AS, Lewis Hamilton kunci gelar juara dunia
Kemenangan di AS membuat jumlah poin Hamilton sudah tak terkejar oleh para pesaingnya di klasemen pebalap

JAKARTA, Indonesia — Pebalap tim Mercedes Lewis Hamilton memastikan diri meraih gelar juara dunia Formula 1 (F1) musim ini setelah memenangi Grand Prix F1 Amerika Serikat (AS) yang berlangsung di Circuit of the Americas pada Senin, 26 Oktober dini hari WIB. 

Kemenangan di AS membuat jumlah poin Hamilton sudah tak terkejar oleh para pesaingnya di klasemen pebalap. 

Gelar ini merupakan gelar ketiga Hamilton sepanjang karirnya. Ia menjadi pebalap kesepuluh dalam sejarah F1 yang mampu meraih tiga gelar juara dunia.


Grand Prix F1 AS sendiri dimulai dengan start yang kacau dan membuat lima pebalap langsung masuk pit di lap pertama. Will Stevens (Marussia) malah harus mengakhiri balapannya.

Situasi di Circuit of the Americas memang tak ideal. Lintasan masih basah setelah terus-terusan diguyur hujan. Cuaca buruk yang dipicu oleh Badai Patricia ini juga memaksa sesi kualifikasi tertunda dan harus dilaksanakan dalam hari yang sama dengan balapan pada hari ini.

Setelah tujuh lap, rekan setim Hamilton dan pemilik pole position Nico Rosberg tercecer di belakang dan Hamilton yang memulai balapan dari posisi kedua kemudian mengambil alih posisi terdepan. 

Sementara itu di lap keenam, prosedur Virtual Safety Car diterapkan untuk memberikan petugas membersihkan puing-puing yang tercecer di lintasan.

Setelah itu sejumlah pebalap kemudian harus satu persatu meninggalkan sirkuit karena berbagai persoalan hingga pada lap ke-48, tinggal tersisa 12 pebalap yang masih bertahan. Safety car pun masuk dan balapan harus restart

Pada periode inilah Hamilton kemudian terlibat duel head to head dengan Rosberg untuk memperebutkan posisi pertama. Duel berlangsung sengit terutama memasuki sepuluh lap terakhir. Kejelian memilih waktu mengganti ban akhirnya membawa Hamilton unggul. — Rappler.com

 

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!