Tak hanya di Bali, bandara di Banyuwangi dan Lombok juga ditutup

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Tak hanya di Bali, bandara di Banyuwangi dan Lombok juga ditutup

EPA

Di Bali, 692 penerbangan dibatalkan

JAKARTA, Indonesia — Pemerintah mengumumkan penutupan Bandara Blimbingsari di Banyuwangi, Jawa Timur, sejak Rabu, 4 November, karena abu yang dihasilkan dari erupsi Gunung Barujari di Lombok. 

“Sehingga diperkirakan sampai besok pagi ada tiga bandara ditutup, yaitu Bandara Ngurah Rai Bali, Selaparang (di) Lombok dan (Blimbingsari) Banyuwangi,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata. 

Gunung Barujari, anak Gunung Rinjani, meletus pada Selasa, 3 November. Ketinggian letusan mencapai sekitar 1.000 meter di atas kawah. 

“Abunya sangat halus dan terbawa angin ke arah barat. Berdasarkan citra Satelit Terra, terpantau sebaran abu vulkanik menutupi Selat Lombok, wilayah Bali, Selat Bali hingga Banyuwangi,” kata Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho.

Ratusan penerbangan dibatalkan di Bali

Sejak Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali ditutup Selasa, ada 692 penerbangan baik domestik dan internasional dibatalkan. 

“Bandara kita saat ini sudah terpapar dengan debu vulkanik dari erupsi Barujari,” kata Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV, Yusfandri Gona, Rabu. 

Untuk rute domestik, ada 183 jadwal kedatangan dan 189 keberangkatan yang dibatalkan. Sementara untuk rute internasional, ada 137 jadwal kedatangan dan 163 keberangkatan yang dibatalkan. 

Pada Rabu, sebanyak lima penerbangan internasional dialihkan ke Bandara Soekarno Hatta di Jakarta, dan Juanda di Surabaya, yaitu Singapore Airlines, SQ-948 rute Singapura-Denpasar, AirAsia, AWQ-833 rute Bangkok-Denpasar, Garuda Indonesia GA-857 rute Hong Kong-Denpasar dan Emirates 398 rute Dubai-Denpasar, serta AirAsia 545 rute Perth-Denpasar. 

Tiga pesawat terpaksa kembali ke bandara asal, seperti KLM 835 dari Singapura menuju Denpasar, MXD-308 dari Kuala Lumpur menuju Denpasar dan AXM 374 dari Kuala Lumpur menuju Denpasar.

Meski penutupan dijawalkan sampai Kamis, pihak berwenang masih belum pasti kapan akan membuka kembali bandara, karena menunggu sampai situasi aman.  — Laporan dari Antara/Rappler

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!