Indonesia

Penutupan empat bandara diperpanjang hingga 6 November

Febriana Firdaus

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Penutupan empat bandara diperpanjang hingga 6 November

ANTARA FOTO

Air Asia batalkan 67 penerbangan hari ini

JAKARTA, Indonesia—Kementerian Perhubungan mengumumkan perpanjangan penutupan empat bandara yang terdampak letusan Gunung Barujari di Nusa Tenggara Barat hingga Jumat, 6 November. 

“Empat bandara ditutup semuanya sampai Jumat, 6 November pukul 07.45,” kata juru bicara Kementerian Perhubungan JA Barata pada Rappler, Kamis, 5 November lewat pesan pendek. Penutupan ini sesuai dengan Notam (Notice to Air Men) baru yang dikeluarkan Kamis, 5 November pagi ini nomor A2479/15, B2685/15, C3472/15, dan C3473/15. 

Empat bandar udara itu adalah Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Lombok (Lombok Praya), Bandara Selaparang Lombok, dan Bandara Blimbingsari Banyuwangi. 

Perpanjangan ini adalah yang kedua setelah kemarin kementerian mengumumkan bandara ditutup hingga hari ini. 

Penutupan bandara ini berdampak pada pembatalan penerbangan maskapai, salah satunya Air Asia. 

Melalui pers rilisnya, maskapai milik Tony Fernandez ini menginformasikan bahwa ada 67 penerbangan dari dan menuju Bali serta Lombok telah dibatalkan pada hari ini.

Penutupan sementara kedua bandara ini telah diperpanjang hingga hari Jumat pukul 08.45 WITA dikarenakan meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Rinjani.

Aktifitas Gunung Baru Jari di Kawasan Gunung Rinjani terus meningkat. Hingga 5 Oktober lalu tercatat telah terjadi 74 kali ledakan. Hingga pada 3 November lalu, Kegiatan operasional Bandar Udara Ngurah Rai, Bali resmi ditutup untuk sementara. 

Penutupan dilakukan berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) dan Volcanic Ash Advisory Center (VAAC) di Darwin, Australia. —Rappler.com

BACA JUGA

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!