Asteroid yang jauh jadi ancaman serius bagi Bumi

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Asteroid yang jauh jadi ancaman serius bagi Bumi
Besarnya sekitar 96 kilometer persegi atau lebih 22 kali lapangan sepakbola

PARIS, Perancis  ̶  Penduduk Bumi harus mulai waspada. Sejumlah komet raksasa berpeluang besar akan menumbuk bumi. Bahkan yang jaraknya lebih jauh dari Bumi.

Beberapa ahli menyatakan, benda-benda luar angkasa yang akan menumbuk bumi berasal dari sabuk asteroid yang berada di antara Mars dan Jupiter. Di sini bercokol ratusan komet raksasa yang dijuluki sebagai sentaurus. besarnya diperkirakan sekitar 60 mil, atau sekitar 96 kilomenter persegi. Atau lebih 22 kali lapangan sepakbola!!

Komet, benda luar angka yang tersusun dari material es dan debu biasanya memiliki lebar sekitar 50 hingga 100 kilometer, dan memiliki orbit yang tidak stabil dan berbentuk elips serta mulai bergerak di luar orbit Neptunus, planet terjauh di tata surya kita.

Orbit komet memotong orbit planet raksasa Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Medan gravitasi planet-planet tersebut terkadang membelokkan pergerakan komet ke Bumi, sekitar 40 ribu hingga 100 ribu tahun sekali.

Ketika kian mendekati matahari, komet secara perlahan akan hancur, yang merupakan pemicu terbentuknya ekor komet sehingga dampak terhadap Bumi menjadi tak terelakkan.

“Hancurnya komet-komet raksasa akan memicu periode benturan yang tidak rutin namun lama mencapai hingga 100 ribu tahun,” demikian laporan tim peneliti di jurnal Royal Astronomical Society, Astronomy and Geophysics.

Ahli ruang angkasa kini tidak hanya fokus pada asteroid yang dekat dengan bumi. Namun NASA juga melacak benda-benda berjarak 12,992 dekat bumi yang beredar di dalam sistem tata surya yang dekat dengan orbit dan yang berjarak sekitar 1,607. Mengutip the Daily Mail, yang terakhir ini digolongkan sebagai “asteroid potensial berbahaya”.

Para ilmuwan percaya benturan komet membentuk kehidupan di Bumi dengan membawa air dan molekul organik. Namun benturan komet juga diduga menjadi penyebab punahnya dinosaurus 65 juta tahun lalu.   ̶   Laporan AFP/Antara

BACA JUGA 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!