Rosberg puncaki sesi latihan pertama GP China

Aswin Prasetyo

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Rosberg puncaki sesi latihan pertama GP China
Rio Haryanto di posisi 16. Sesi sempat terhenti dua kali karena insiden yang menimpa Massa dan Magnussen

Nico Rosberg menjadi yang tercepat di sesi latihan pertama GP China, pada 15 April 2016. Foto dari Twitter/@F1  

JAKARTA, Indonesia — Sesi latihan pertama (Free Practice 1) gelaran Grand Prix China memperlihatkan pembalap Formula 1 tim Mercedes, Nico Rosberg, menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 38.037 detik. 

Di belakangnya menyusul rekan satu timnya, Lewis Hamilton, dengan catatan waktu yang terpaut 0.146 detik. Pembalap tim kuda jingkrak, Sebastian Vettel, melengkapi jajaran tiga teratas dengan waktu putaran 1 menit 38.665 detik, atau lebih lamban 0.628 detik dari Rosberg. 

Yang menarik, sesi FP1 selama 90 menit ini juga memperlihatkan tiga insiden yang terkait dengan kegagalan ban kiri belakang. Insiden-insiden ini memaksa sesi latihan harus dihentikan (red flagged) sebanyak dua kali dikarenakan banyaknya puing dan pecahan ban yang berhamburan di lintasan trek. 

Pembalap tim Williams, Felipe Massa, mengalami masalah yang sama sebanyak dua kali, di mana yang pertama terjadi pada menit ke-25 sesi latihan dan membuatnya melintir di tengah lintasan. 

Momen yang kedua terjadi di pertengahan jalannya latihan, hanya beberapa menit sebelum pembalap tim Renault, Kevin Magnussen, mengalami pecah ban kiri belakang yang sama.

Pirelli mengatakan kedua problem yang menimpa Massa tersebut tidak terkait dengan struktur ban yang digunakan. Tim Williams, setelah dua masalah yang sama mengatakan bahwa kemungkinan besar ada masalah dengan velg kiri belakang pada mobil Massa (wheel rim problems)

Sementara untuk Magnussen, meski dikarenakan problem debris yang sama, namun kerusakannya sedikit lebih parah karena mengakibatkan rusaknya sistem suspensi belakang dan floor mobil balapnya.

Sementara itu, pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto, berhasil menempati mobil Manor-nya di posisi ke-16 dengan catatan waktu 1 menit 41.614 detik. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!