#PHVote

Lumba-lumba terdampar di Pantai Kenjeran dalam kondisi lemah

Amir Tedjo

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Lumba-lumba terdampar di Pantai Kenjeran dalam kondisi lemah

ANTARA FOTO

Nelayan mencoba mengembalikan lumba-lumba kembali ke tengah laut, tapi ia terlalu lemah untuk berenang

 

SURABAYA, Indonesia — Tim Dokter Kebun Binatang Surabaya (KBS) melakukan evaluasi pada kondisi lumba-lumba yang terdampar di Pantai Nambangan, Kenjeran, Surabaya, pada Minggu, 22 Mei.

“Evaluasi dilakukan sesudah dini hari tadi, Tim KBS melakukan upaya penanganan, di antaranya dengan pemberian antibiotik dan vitamin,” kata Pjs Direktur Utama KBS Aschta Nita Boestani Tajudin pada Senin, 23 Mei.

Menurut Aschta, kondisi lumba-lumba yang terdampar terus melemah karena di badannya ada luka, meski tidak terlalu banyak. 

“Dia stress karena terpisah dari kelompoknya, kalau memang kondisinya terus memburuk maka harus dipindahkan ke tempat terpisah,” kata Aschta.

Lumba-lumba ini ditemukan sesudah Maghrib, pada Minggu petang oleh para nelayan di kawasan Nambangan, Pantai Kenjeran Surabaya.

Menurut mereka, lumba-lumba dengan panjang sekitar 1,5 meter tersebut tersangkut jaring.

Malam harinya sebenarnya para nelayan terus berupaya mendorong lumba-lumba tersebut ke tengah laut, tapi sampai sekarang upaya itu gagal.

Hal ini disebabkan kondisi lumba-lumba yang terus melemah. Meski sudah berupaya ditengahkan, lumba-lumba tidak bisa berenang normal.

Ada dugaan lumba-lumba ini sakit, karena gerakannya terus melemah.

Rencananya Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur, juga akan ke lokasi untuk melihat kondisi lumba-lumba yang terdampar ini. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!