Tips dan trik untuk para ‘Pokemon Trainer’

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Tips dan trik untuk para ‘Pokemon Trainer’
Ingin memulai petualangan di Pokemon Go? Baca ini dulu!

JAKARTA, Indonesia — Game Pokemon Go telah diluncurkan di beberapa negara mulai pekan lalu.

Kini kita bisa berperan sebagai pelatih Pokemon (Pokemon trainer) dengan pemanfaatan teknologi Augmented Reality yang membuat dunia Pokemon dan dunia nyata seolah-olah bergabung menjadi satu.

Jika kamu baru saja akan memulai petualangan di dunia Pokemon Go berikut adalah beberapa informasi yang perlu kamu tahu sebelum menangkap mereka semua!

Memulai permainan

Saat memulai petualangan di dunia Pokemon Go, kamu akan berkenalan dengan sosok Profesor Willow. Peneliti bernama lengkap Winston Alexander Willow tersebut adalah profesor termuda di dunia Pokemon. Ia baru berusia 20-an dan ayahnya merupakan teman dekat dari Profesor Elm.

Sebagai permulaan, Profesor Willow akan memberikan berkesempatan untuk memilih antara Charmander, Squirtle, atau Bulbasaur sebagai Pokemon pertama.

Selain tiga pilihan tersebut, ternyata kamu bisa mendapatkan Pikachu sebagai Pokemon pertamamu dengan sebuah trik mudah.

Kamu cukup tidak menghiraukan Charmander, Bulbasaur dan Squirtle dan berjalan menjauh dari ketiga Pokemon tersebut. Sebuah Pikachu liar akan segera muncul dan kamu bisa menangkapnya.

Pokemon pertamamu harus ditangkap dengan cara melemparkan PokeBall ke arah mereka. Tapi hati-hati jika mereka tiba-tiba melompat, kamu bisa kehilangan PokeBall-mu.

Setelah mendapatkan Pokemon pertama, kamu bisa mulai jalan-jalan mengitari sekitar rumah, atau kemanapun dengan terus membuka aplikasi Pokemon Go. Siap-siap, para Pokemon bisa muncul kapan saja dan di mana saja!

PokeStop dan Gym

 PokeStop dan Gym

Lokasi dengan tanda berbentuk kubus warna biru adalah PokeStop, tempat kamu bisa mendapatkan item-item pendukung kegiatan menangkap Pokemon. Kamu bisa mendapatkan berbagai item, mulai dari PokeBall, Potion, Revive, hingga telur.

Sementara Gym adalah tempat di mana kamu bisa membuktikan kehebatan Pokemonmu. Warna di setiap Gym melambangkan tim yang berhasil merebut kekuasaan di lokasi tersebut, kuning untuk tim Instinct, merah untuk tim Valor, dan biru untuk tim Mystic. Kamu baru bisa bergabung dengan tim dan bertanding di Gym jika sudah mencapai level 5.

Menemukan Pokemon terdekat

Untuk menemukan Pokemon secara spesifik, kamu bisa memilih Pokemon dari daftar yang ada di sebelah kanan bawah. Jumlah jejak kaki mengindikasikan Pokemon dengan lokasi terdekat: satu adalah yang terdekat, tiga adalah yang terjauh.

Pertama-tama, pilih Pokemon yang menjadi targetmu. Jika jumlah jejak kakinya bertambah, putar 180 derajat dan berjalan ke arah tersebut hingga jumlah jejak kaki berkurang. Pada satu titik, jejak kaki tersebut kembali bertambah.

Dari titik tersebut kamu dapat mulai kembali berjalan dengan berbelok ke arah 90 derajat. Jika jejak bertambah, kamu tinggal berbalik arah 180 derajat dan kamu sudah pasti menuju ke arah yang benar.

Menetaskan telur

Setiap telur yang diperoleh harus menetas sebelum kita mengetahui Pokemon apa yang berada di dalamnya. Untuk menetaskan telur dibutuhkan dua hal: inkubator dan berjalan.

Agar menetas, telur ini membutuhkan inkubator dan perjalanan sejauh 5 kilometer.

Setiap telur membutuhkan waktu untuk menetas, dan waktu dalam Pokemon Go dihitung dalam jarak.

Namun sebelum memulai perjalanan yang akan dihitung untuk menetaskan telur, telur tersebut harus dimasukkan ke dalam inkubator. Caranya, pilih Pokemon, lalu klik di bagian atas kanan ‘Egg’ lalu klik telur yang diinginkan dan masukkan ke dalam inkubator.

Secara otomatis Pokemon Go akan menghitung jarak yang telah kamu tempuh. Tapi harus diingat, jangan keluar dari aplikasi selama perjalanan tersebut.

Evolusi

Untuk membuat Pokemon berevolusi, kamu membutuhkan Candy dalam jumlah tertentu, tergantung dari jenis Pokemonnya.

Sebagai contoh, sebuah Pidgey membutuhkan 12 untuk berubah menjadi Pidgeotto. Candy yang dibutuhkan dapat diperoleh saat menangkap Pidgey, jadi untuk membuat Pidgey berevolusi, kamu butuh menangkap banyak Pidgey.

Kamu juga bisa memperoleh Candy dengan memberikan satu Pokemonmu ke Profesor Willow. Caranya, kamu pilih Pokemon yang ingin kamu serahkan, lalu klik Transfer. Tapi hati-hati dalam memilih, kamu tidak bisa mengambil kembali Pokemon yang telah ditransfer.

Pokemon yang menetas juga akan memberikan Candy, tergantung jenis Pokemon apa yang muncul.

Menyembuhkan Pokemon

Setelah bertarung, Pinsir hanya punya 2 HP. Ia butuh Potion atau Revive untuk mengembalikan kekuatannya seperti semula.

Setelah pertarungan di Gym, Pokemonmu pasti kehilangan darah (HP). Untuk mengembalikan kekuatan mereka yang hilang, satu-satunya cara adalah dengan menggunakan Potion atau Revive.

Potion akan mengembalikan 20 HP sementara Revive akan mengembalikan setengah dari kapasitas HP Pokemon tersebut.

Revive dan Potion dapat diperoleh dengan membeli di PokeShop, atau dengan mengunjungi PokeStop sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan secara cuma-cuma.

—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!