Resmi, Rio Haryanto tak lagi balapan di Formula 1

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Resmi, Rio Haryanto tak lagi balapan di Formula 1

REUTERS

Kehadirannya sebagai pembalap tim Manor Racing digantikan oleh pembalap asal Perancis Esteban Ocon.

JAKARTA, Indonesia — Teka-teki mengenai masa depan Rio Haryanto di Formula 1 terjawab sudah. Hari ini, Rabu, 10 Agustus, Manor Racing telah resmi menggantikannya dengan pembalap yang baru untuk sisa balapan F1 musim ini.

Hal itu diumumkan secara resmi oleh Manor Racing lewat akun Facebooknya.

“Hari ini Manor Racing mengumumkan bahwa kami memutuskan untuk menghentikan kontrak balapan Rio Haryanto karena tidak berhasil memebuhi kewajiban kontraktualnya,” demikian tertulis dalam pernyataan resmi Manor Racing.

Sebagai “hiburan”, Rio Haryanto diberikan posisi sebagai pembalap cadangan tim Manor Racing yang dapat balapan jika dua pembalap utama tim berhalangan untuk bertanding. Namun pihak Rio mengaku masih memikirkan tawaran dari Manor tersebut.

“Masih kami pertimbangkan,” ujar Ibunda Rio, Indah Pennywati kepada Rappler, Rabu malam, 10 Agustus.

Sang Ibunda juga menyatakan bahwa pihaknya tetap merasa bahwa apa yang dicapai Rio sejauh ini merupakan sebuah keberhasilan.

“Rio kan sudah menjalani balap F1 meski hanya setengah musim. Setidaknya Rio sudah melakukan yg terbaik untuk negara kita dan berhenti hanya karena masalah dana,” tuturnya.

Posisi Rio digantikan oleh pembalap asal Perancis Esteban Ocon, pembalap cadangan tim Renault Sport F1 2016. Ia akan balapan bersama Pascal Wehrlein di sisa race hingga akhir tahun nanti.

Meskipun Rio tidak dapat menyelesaikan satu musim Formula 1, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tetap mengapresiasi prestasi yang telah diraih oleh pembalap 23 tahun tersebut.

“Kemenpora mengapresiasi tim manajemen Rio Haryanto dan khususnya kedua orang tua Rio yang telah mengorbankan finansial dan tenaga serta pikirannya untuk Rio Haryanto,” demikian tertulis dalam rilis yang dikeluarkan Kemenpora pada Rabu sore.

Lebih lanjut Kemenpora berjanji akan mendukung Rio Haryanto jika di masa depan ia kembali mendapatkan kesempatan untuk berlaga di Formula 1.

“Kemenpora akan berusaha memperbaiki mekanisme persiapan untuk partisipasi Rio Haryanto pada F1 tahun berikutnya jika memang masih ada peluang. Paling tidak waktu persiapannya tidak terlalu singkat.”

Seperti diketahui, Rio Haryanto masih menunggu pembayaran sebesar 7 juta euro dan pihak Manor telah memberikan waktu setengah musim bagi ia dan timnya untuk melunasi. Namun hingga GP Jerman dua pekan lalu, biaya tersebut belum dapat dibayarkan. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!