Berita hari ini: Rabu, 17 Agustus 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Rabu, 17 Agustus 2016

ANTARA FOTO

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Rabu, Agustus 2016

Indonesia wRap: Rabu, 17 Agustus 2016

Dari Gloria Hamel kembali jadi anggota paskibraka hingga satu kru kapal kabur dari Abu Sayyaf

Mimpi siswi SMA Islam Dian Didaktika, Gloria Natapradja Hamel untuk menjadi anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tetap hidup. Presiden Joko “Jokowi” Widodo akhirnya memberikan izin bagi remaja berusia 16 tahun itu untuk kembali bertugas.

Kendati dia absen dalam tim pasukan pengibaran bendera merah putih pada pagi hari, Gloria tetap ikut dalam upacara penurunan bendera.

“Terima kasih kepada Pak Presiden yang telah mengizinkan saya kembali,” ujar Gloria merespons keputusan itu.

Sementara, MS, satu dari 7 kru kapal TB Charles yang diculik oleh kelompok bersenjata di Filipina selatan berhasil melarikan diir dari penculik. Dia kabur ke hutan mangrove karena khawatir akan keselamatannya.

Penculik yang diduga merupakan kelompok Abu Sayyaf mengancam akan memenggal kepala MS dan 6 rekannya jika permintaan mereka tidak segera dituruti. Bagaimana kondisi MS saat ini? Selengkapnya saksikan video wRap hari ini:

 

3.528 narapida bebas pada hari kemerdekaan

Sebanyak 3.528 narapidana di seluruh tanah air keluar dari penjara pada Rabu, 17 Agustus 2016, setelah mendapat pemotongan masa penjara atau remisi berkaitan dengan perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 71.

Selain itu, pemerintah juga memberikan remisi umum kepada 78.487 narapidana lain, termasuk 128 narapidana kasus korupsi dan 17 narapidana perkara terorisme.

“Mereka mendapatkan remisi setelah memenuhi syarat seperti berkelakuan baik, mengikuti program pembinaan, perubahan perilaku yang lebih baik,” kata Menteri Hukum dan Hak Asasai Manusia Yasonna Laoly di Jakarta pada Rabu.

Menurut Yasonna, saat ini tercatat 131.954 narapidana yang menjalani masa hukuman di lembaga-lembaga pemasyarakatan dan 67.426 orang menempati rumah tahanan. Baca berita selengkapnya di Antara.

 

4 hal yang berbeda dari peringatan 17 Agustus di Istana Negara tahun ini

UPACARA BENDERA. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mengikuti gladi bersih Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 15 Agustus. Foto oleh Yudhi Mahatma/ANTARA

Istana melakukan sedikit perubahan dalam kegiatan pengibaran bendera yang berlangsung pagi ini. Menurut Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala, ada 4 hal yang berbeda dalam penyelenggaraan upacara bendera.

Pertama, adanya arak-arakan bendera pusaka dari Monas menuju ke Istana Negara, kedua, tamu yang diundang Presiden Joko “Jokowi” Widodo merupakan tamu-tamu khusus. Mereka adalah sosok-sosok inspirator pembangunan di masyarakat, para juara olimpiade matematika dan sains serta para pelajar yang masih duduk di bangku sekolah dasar dan taman kanak-kanak.

“Mereka itu pahlawan masyarakat. Inspirator pembangunan di grass root. Orang-orang yang kayak begitu, saat ini sedang kami inventarisir,” ujar Djumala.

Ketiga, terobosan penggunaan video 360 derajat dan keempat, 67 anggota paskibraka. Semula, jumlah anggota paskibraka mencapai 68. Tetapi, karena adanya insiden Gloria Natapradja Hamel yang digugurkan di detik-detik terakhir. Selengkapnya baca di kompas.com

Indonesia wRap: Rabu, 17 Agustus 2016

Dari Tontowi/Liliyana ke final Olimpiade hingga isi pidato tahunan Jokowi

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir maju ke final Olimpiade Rio. Di babak final, mereka akan bertemu pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Coh Liu Ling. Akankah bulu tangkis dapat menyumbang emas pertama bagi Indonesia?

Sementara, Presiden Joko “Jokowi” Widodo menyampaikan 3 pidato di Sidang Tahunan MPR 2016. Fokus pemerintah tahun ini yakni percepatan pembangunan nasional.

Jokowi juga menyampaikan rancangan fiskal negara dalam RAPBN 2017, dengan asumsi pertumbuhan ekonomi 2017 sebesar 5,3 persen dan tingkat inflasi 4,0 persen.

Selengkapnya saksikan di video Wrap berikut:

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!