Mengenal peran ‘reserve driver’ di Formula One

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Mengenal peran ‘reserve driver’ di Formula One

Manor Racing

Karena tak sanggup penuhi kontrak, Rio Haryanto didapuk menjadi pembalap cadangan Manor Racing. Apa saja perannya?

 

JAKARTA, Indonesia – Pebalap Formula One (F1) asal Indonesia, Rio Haryanto telah kehilangan posisinya sebagai salah satu pembalap utama tim Manor Racing, pada 10 Agustus lalu.

Manor memutus kontraknya dengan Rio, setelah pembalap asal Solo itu dan sponsornya, Pertamina, tidak dapat memenuhi kewajiban kontrak sebesar 15 juta euro.

Rio telah melakoni 12 balapan di F1 musim ini. Namun seharusnya, kontrak sebesar 15 juta euro tersebut sudah dipenuhi pada balapan ke-11 Rio, yakni di Hungary Grand Prix.

Manor kemudian memberi keringanan dengan mengizinkan Rio bertanding di Germany Grand Prix sepekan setelahnya, namun dana untuk kontrak Rio tak kunjung terpenuhi.

Dari 15 juta euro, pihak Rio telah membayar 8 juta euro, namun kekurangan sebesar 7 juta euro tidak dapat dipenuhi.

Alhasil, Manor memutus kontrak Rio sebagai pembalap utama, dan mempromosikan pembalap asal Perancis, Esteban Ocon, sebagai pengganti Rio di tim utama untuk sisa musim 2016 ini.

Ocon pun akan memulai sebagai salah satu pembalap utama Manor, di samping Pascal Wehrlein, pada Belgia Grand Prix, pada akhir pekan ini.

Meski demikian, Manor menawarkan Rio posisi sebagai reserve driver (pembalap cadangan), yang kemudian disetujui oleh pembalap berusia 23 tahu ini.

Apa itu reserve driver? Dan seberapa penting peran reserve driver di F1?

Di balik layar

Reserve driver, atau biasa dikenal sebagai pembalap ketiga atau cadangan, memiliki peran di balik layar yang cukup penting bagi tim dan pembalap itu sendiri. 

Peran utama mereka adalah sebagai pebalap pengganti apabila salah satu dari dua pebalap utama tim tidak dapat bertanding atau melanjutkan balapan.

Mereka juga bertugas mempelajari sirkuit, mobil, dan hal menyangkut teknis lainnya.

Pembalap cadangan umumnya akan diikutsertakan pula dalam rapat teknisi, dan juga digunakan untuk kepentingan publikasi tim.

Namun peran ini seringkali dianggap remeh. Padahal, jika pembalap cadangan bisa dengan baik memanfaatkan posisinya, maka perannya begitu vital.

Pembalap cadangan bisa memanfaatkan “kekosongan” waktunya untuk menganalisis sirkuit dan balapan dari sudut pandang yang berbeda. Mereka juga kerap melakukan kontak langsung dengan dua pembalap utama, dan mempelajari sirkuit dan balapan bersama.

Dengan itu, pembalap cadangan bisa mengenali, mempelajari, dan mengevaluasi cara dan kebiasaan balapan kedua pembalap utama, dan menjadikan dirinya lebih baik dari kedua pembalap utama.

Pembalap cadangan umumnya mendapat kesempatan untuk tes kemudi dan latihan pada sesi latihan bebas sebelum balapan dimulai. Mereka akan menggantikan salah satu pembalap utama pada sesi tersebut, dan memanfaatkan kesempatan itu untuk menguji kendaraan.

Pembalap cadangan yang menjadi pembalap utama

Rio yang kini sudah resmi menjadi pembalap cadangan Manor, digantikan oleh Ocon yang sebelumnya merupakan pembalap cadangan untuk tim Renault.

Sedangkan pembalap utama Manor lainnya, yakni Pascal Wehrlein, sebelumnya merupakan pembalap cadangan tim Mercedes, bekerja di bawah juara dunia Lewis Hamilton dan Nico Rosberg.

Nama-nama lainnya seperti Fernando Alonso, David Coulthard, dan Bruno Senna, dulunya merupakan pebalap cadangan. Namun mereka berhasil pergi dari bayang-bayang dua pembalap utama dan meraih posisi yang “nyata”.

Senna merupakan salah satu pembalap yang meraih posisi utama karena menggantikan pebalap utama timnya yang cedera.

Namun, rasanya sulit dan tak tentu, bila pembalap cadangan hanya menunggu kesempatan balap dari pembalap utama. 

Rio, yang memiliki rekor pribadi finish tertinggi di posisi 15, tentunya masih memiliki harapan untuk kembali menjadi pembalap utama. 

Pedro de la Rosa, yang dulunya merupakan pebalap utama tim McLaren dari 2003 hingga 2009, pun pernah merosot menjadi pebalap cadangan.

Maka, sebagaimana yang dinyatakan Manor soal karier Rio, yakni memberikan posisi pebalap cadangan untuk “mendukung ambisi balapan Rio,” ambisi tersebut tak boleh dibiarkan pudar. Karena nyatanya, pembalap cadangan pun mampu “memanjat” tebing karier dan menjadi yang utama lagi. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!