Berita hari ini: Jumat, 23 September 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Jumat, 23 September 2016
Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Jumat, 23 September 2016

 Indonesia wRap: Jumat, 23 September 2016

Dari koalisi kekeluargaan usung Agus-Sylvi hingga atlet PON Sulteng bisa kembali ke Palu

Koalisi kekeluargaan mengusung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dalam pemilihan kepala daerah DKI 2017. Agus Harimurti putra pertama SBY. Sementara Sylviana Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta.

Koalisi didukung empat partai, yakni Demokrat, PPP, PKB, dan PAN.

Pencalonan ini membuat Agus harus mundur dari karir militernya dan Sylviana meletakkan jabatannya.

Sementara, sejumlah atlet asal Sulawesi Tengah terlantar di Stasiun Manggari setelah mengikuti PON Jabar 2016.

Para atlet Muay Thai ini terlantar karena tidak berkoordinasi dengan pengrov Sulawesi Tenggara.

Kemenpora akhirnya turun tangan dengan menginapkan merek di hotel di area Cikini.

“Seluruh pimpinan kontingen harus mengkonsolidasikan keberadaan kontingennya,” Kata pejabat Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto.

Ahok siap mengambil cuti kampanye

Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan dirinya siap mengambil cuti asalkan tidak selama masa kampanye.

“Jadwal kampanye baru cuti. Masa kampanye jangan cuti. Kalau masa kampanye wajib cuti, bisa enam bulan saya enggak kerja,” kata Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jumat 23 September 2016.

Saat ini Ahok, sapaan Basuki Tjahaja Purnama, tengah mengajukan gugatan uji materi Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 70 ayat (3) tentang cuti pilkada.

Dalam gugatan tersebut ia ingin cuti dilakukan saat kampanye saja, bukan keseluruhan masa kampanye. “Berdoalah supaya MK mengabulkan permohonan saya,” kata Ahok.

Ahok telah memutuskan untuk maju bersama Djarot Saiful Hidayat dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Mereka akan diusung PDI Perjuangan, Golkar, Hanura, dan Nasdem. Baca berita selengkap di Detik.com

Kodam Jaya: Anggota TNI yang ikut Pilkada harus mundur

MAJU PILKADA. Koalisi Kekeluargaan pada dini hari tadi mengajukan nama Agus Harimurti Yudhoyono sebagai calon gubernur DKI di Pilkada 2017. Foto dari akun Instagram @agusyudhoyono

Dini hari tadi koalisi kekeluargaan resmi mengusung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni dalam Pilkada DKI 2017. Saat ini, Agus diketahui masih menjadi perwira aktif TNI Angkatan Darat berpangkat Mayor. Dia masih menjabat sebagai Komandan Batalyon 203/Arya Kamuning di bawah jajaran Kodam Jaya.

Kapendam Jaya, Kolonel Inf Heri Prakosa mengingatkan jika ingin maju dalam Pilgub DKI, maka Agus harus segera mengundurkan diri dari TNI.

“Iya, dong. (Harus mundur). Ada mekanisme untuk anggota TNI yang ingin ikut Pilkada,” ujar Heri.

Sementara, Kadispen TNI AD, Brigjen Sabrar Fadhilah mengatakan hingga saat ini pihaknya belum mendapat informasi soal rencana pengajuan pengunduran diri Agus. Dia pun mengetahui Agus ikut dalam pertaruangan Pilkada melalui media.

“Sampai saat ini, saya belum dengar. Belum ada (pengajuan pengunduran diri),” ujar Sabrar.

Selengkapnya baca di Detik.

Sri Mulyani serahkan LHKPN ke KPK

HARTA KEKAYAAN. Menteri Keuangan Sri Mulyani (kanan) didampingi Pimpinan KPK Agus Rahadjo (kiri) usai memberikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di kantor KPK, pada 22 September 2016. Foto oleh Reno Esnir/Antara

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Kamis, 22 September.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menjabat sebagai Menteri Keuangan sejak 27 Juli 2016, dan pernah menjadi Menteri Keuangan pada periode 2005-2010.

Sri Mulyani terakhir kali melaporkan hartanya pada 21 Mei 2010 setelah tidak lagi menjabat sebagai Menteri Keuangan. Saat itu, total harta miliknya adalah Rp17,29 miliar dan 393.289 dolar Amerika Serikat (AS).

Ia mencatatkan harta itu terdiri atas tanah dan bangunan senilai Rp4,4 miliar yang berada di satu lokasi di kota Tangerang Selatan, satu lokasi di Kota Depok, tiga lokasi di Kota Tangerang, dan satu lokasi di Jakarta Pusat.

Ia juga melaporkan harta bergerak berupa mobil Toyota Camry senilai Rp450 juta, logam mulia sejumlah Rp75 juta, barang seni dan antik senilai Rp9,5 juta dan harta benda bergerak lain senilai Rp211,75 juta.

Sri Mulyani masih memiliki surat berharga bernilai total Rp3,871 miliar dan 168.659 dolar AS, kemudian giro dan setara kas lain sejumlah Rp8,272 miliar dan 224.530 dolar AS. Selengkapnya di Antara.

Indonesia wRap: Kamis, 22 September 2016

Dari Irman Gusman ajukan penangguhan hingga Jokowi terima atlet Paralimpiade

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman resmi mengajukan penangguhan penahanan. Penangguhan tersebut disertai jaminan dari 51 orang anggota DPD.

Irman jadi tersangka kasus dugaan korupsi kuota gula impor yang diberikan oleh BULOG kepada CV Semesta Berjaya tahun 2016 untuk provinsi Sumatera Barat.

Wakil Ketua KPK Laode Syarif mengatakan pihaknya jarang berikan penangguhan penahanan, terutama untuk tersangka operasi tangkap tangan (OTT).

Sementara itu, Boy Sadikin mengundurkan diri sebagai kader PDI-P. Ia memilih bergabung dengan tim kandidat calon Gubernur DKI Jakarta lainnya, Sandiaga Uno.

Boy mengaku kecewa dengan keputusan PDI-P memilih calon gubernur petahana Ahok dalam Pilkada DKI.

“Saya tidak suka sama Ahok bukan karena SARA, karena Ahok etnis Tionghoa dan Kristen, tapi karena kepribadiannya yang suka memarahi PNS seakan paling benar,” kata Boy. 

Dari berita olahraga, Presiden Jokowi menerima atlet Paralimpiade yang berlaga di Olimpiade Rio, Brasil. Penerimaan ini merupakan bentuk tidak ada diskriminasi yang ditunjukkan pemerintah bagi atlet difabel.

Kontingen Paralimpiade Indonesia berhasil meraih 1 medali perunggu dari cabang angkat besi. Atlet angkat besi, Ni Nengah Widiasih, dijanjikan akan menerima bonus sebesar Rp 1 miliar. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!