Kapolri salut massa 212 tepati janji beraksi damai

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kapolri salut massa 212 tepati janji beraksi damai

ANTARA FOTO

“Tidak ada yang menganggu, tidak ada yang merusak, apalagi yang melakukan aksi kekerasan. Dan kami sangat menghargai itu,” tutur Tito.

JAKARTA, Indonesia – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengaku bersyukur Aksi Bela Islam jilid 3 berjalan dengan lancar dan damai. Dia salut dengan massa umat Muslim berkomitmen menepati janji dan membubarkan diri usai salat Jumat.

“Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para peserta. Kami juga mendapatkan laporan dari petugas taman DKI bahwa tidak ada satu pohon pun yang rusak. Ini berbeda dengan (aksi) 411 kemarin, karena betul-betul damai,” ujar Tito yang ditemui usai mengawal Aksi Bela Islam 3 di Monas, Jakarta Pusat pada Jumat, 2 Desember.

Berdasarkan informasi yang dia terima tidak ada peristiwa yang mencolok dalam aksi damai yang diprediksi diikuti ratusan ribu orang itu. Bahkan, massa aksi menjaga kebersihan area Monas dan sekitarnya.

“Tidak ada yang menganggu, tidak ada yang merusak, apalagi yang melakukan aksi kekerasan. Dan kami sangat menghargai itu,” tutur Tito.

Dia mengakui memang ada 150 orang dari massa yang mengalami gangguan kesehatan saat mengikuti salat istigosah di lapangan silang Monas. Namun, hanya 6 orang yang dirujuk ke rumah sakit.

“(Ada) satu karena menderita penyakit jantung yang sudah lama diderita, tapi sudah keluar. Sementara, 5 orang lainnya dirawat Rumah Sakit Tarakan karena kedinginan. Ini sudah dirujuk dan sudah pulang semua. Jadi, alhamdulilah para peserta kegiatan juga sudah kembali dalam keadaan baik,” kata Tito.

Dia juga mendoakan agar jemaah yang kembali ke rumah masing-masing bisa tiba dengan selamat. Dia memerintahkan kepada anggotanya untuk mengawal peserta aksi hingga tiba di rumah masing-masing.

“Saya telah menginstruksikan kepada anggota polisi yang ada di jalan. Saya minta untuk membantu mereka supaya lancar perjalanannya dan tiba di rumah dengan baik,” ujar pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya itu.

Siapkan 300 bus

Untuk membantu perjalanan pulang massa aksi damai, Kementerian Perhubungan mengerahkan 300 unit bus. Angkutan ini diperuntukan bagi peserta aksi damai 2 Desember yang mengalami kesulitan memperoleh angkutan untuk kembali pulang ke daerahnya.

Sebanyak 200 unit bus sudah siap di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Sedangkan, 100 unit bus digunakan sebagai cadangan yang siap dikerahkan jika dibutuhkan.

“Tadi sudah ada yang pulang ke Lampung, Bandung, Sukabumi, Bogor dan Serang. Saat ini sudah sekitar 50 bus yang diberangkatkan. Kami masih akan menunggu malam ini hingga esok,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya usai mengunjungi bus-bus yang akan diberangkatkan di Silang Monas pada Jumat, 2 Desember.

Bus tersebut juga melayani rute yang jauh, bahkan hingga ke Medan, Sumatera Utara. Kemenhub juga menyiapkan moda transportasi lainnya yakni masing-masing 2 gerbong kereta untuk tujuan Purwokerto dan Semarang. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!