Berita hari ini: Senin, 12 Desember 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Senin, 12 Desember 2016
Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Senin, 12 Desember 2016.

Sidang praperadilan Buni Yani digelar besok, Polisi optimistis menang

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono optimistis pihaknya akan menang dalam sidang praperadilan Buni Yani yang akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 13 Desember 2016.

“Iya kita siap, optimis saja (menang),” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin 12 Desember 2016. 

Buni Yani dijerat dengan Pasal 28 ayat (2) UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) karena dinilai menyebarkan informasi bernuansa SARA melalui postingan video Basuki Tjahaja Purnama di laman Facebooknya. Baca berita selangkapnya di sini.

Polda Jatim ledakkan bom Ngawi

Anggota Gegana Brimob Polda Jabar berusaha mengamankan kotak hitam yang diduga berisi bom pada simulasi penanganan ancaman dan sistem pengamanan huru hara di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) PLN Tamansari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (19/11). Foto oleh Adeng Bustomi/ANTARA

Tim Gegana Satuan Brigadir Mobil (Brimob) Polda Jawa Timur melakukan disposal terhadap bahan peledak yang ditemukan di rumah terduga teroris KF (22) asal Ngawi di Madiun.

Disposal dipimpin langsung oleh Komandan Detasemen C Pelopor Madiun AKBP Ary Nyoto Setiawan pada Senin, 12 Desember 2016. Bahan peledak tersebut berdaya ledak tinggi (high Explosive).

“Ini termasuk high explosive. Jadi kalau sudah dalam bentuk bom, sudah ada casing atau isinya, akan lebih dahsyat lagi efeknya,” kata AKBP Ary Nyoto. Baca selengkapnya di sini.

Ikut perayaan Maulid Nabi, Ahok santuni anak yatim

Cagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (kiri) bernyanyi bersama penyanyi Marcel Siahaan (kanan) di depan para pendukungnya di Rumah Lembang, Jakarta, Selasa (6/12). Foto oleh Riyan Prayoga/ANTARA

Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama merayakan Maulid Nabi Muhammad bersama Djarot Saiful Hidayat dan tim pemenangannya di Masjid Al Huda, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 12 Desember 2016.

Ahok datang dengan memakai baju batik hitam bermotif coklat. Kedatangannya langsung disambut warga. “Hidup Ahok. Ahok menang,” seru seorang warga. 

Dalam kesempatan tersebut Ahok dan Djarot memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu. Mereka juga menyalami warga yang hadir. Baca berita selengkapnya di sini.   

Tingkatkan kerjasama investasi, Presiden Jokowi bertolak ke India

Presiden Jokowi saat tiba di New Delhi, Minggu malam (11/12) malam waktu setempat. Foto oleh BPMI/ES

Presiden Joko “Jokowi” Widodo bersama ibu negara berkunjung ke India untuk memperkuat kerjasama kedua negera, terutama dalam hal investasi untuk industri bahan baku obat-obatan.

Presiden tiba di Pangkalan Udara Palam, New Delhi, India, pada Minggu malam pukul pukul 23.31 waktu setempat atau Senin dinihari sekitar pukul 01.01 WIB.

Di New Delhi, Presiden diagendakan bertemu Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden India Pranab Mukherjee serta beberapa CEO perusahaan India. Baca berita selengkapnya di sini.

GNPF MUI gelar aksi salat subuh berjamaah 1212 di Masjid Pusdai Bandung 

Ilustrasi. Jamaah salat Tahajud Masjid Pusdai Bandung pada 12 Desember 2016. Foto dari Twitter/@AQLIslamiCenter

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) merayakan Maulid Nabi dengan beribadah salat subuh berjamaah pada Senin,12 Desember. Aksi salat subuh berjamaah ini serentak dilakukan lebih dari 90 titik wilayah di Indonesia, dan dipusatkan di Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Bandung.

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, pimpinan Pesantren Darut Tauhid Bandung Abdullah “Aa Gym” Gymnastiar, pimpinan GNPF MUI Ustadz Bachtiar Nasir, serta beberapa tokoh Muslim lainnya turut hadir di Masjid Pusdai.

GNPF-MUI mengatakan aksi ini, yang juga disebut 1212, sebagai tonggak persatuan umat Muslim. Aksi ini juga ditujukan untuk memelihara kekompakan dan kekuatan umat muslim.

Sebelumnya umat muslim dengan koordinasi dari GNPF-MUI melakukan aksi salat Jumat dan doa bersama pada 2 Desember (212), dan demonstrasi pada 4 November (411). Selengkapnya di sini. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!