Selebriti luar negeri yang meninggal dunia tahun 2016

Yetta Tondang

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Selebriti luar negeri yang meninggal dunia tahun 2016
Dunia kehilangan banyak sosok jenius di bidang musik dan film sepanjang tahun 2016

JAKARTA, Indonesia – Jelang penghujung tahun menjadi saat yang tepat untuk mengingat kembali sosok-sosok selebriti dunia yang meninggal sepanjang tahun 2016.

Tahun ini, banyak sosok musisi dan aktor senior yang berpulang menghadap Yang Kuasa. Tapi ada pula sosok penyanyi muda yang harus meninggal karena tragedi tragis yang menimpanya.

Berikut beberapa sosok selebriti internasional yang meninggal dunia sepanjang tahun 2016:

David Bowie

Foto dari AFP.

Penyanyi dan musisi asal Inggris David Bowie menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Minggu, 10 Januari waktu setempat.

Kabar duka tersebut diumumkan melalui akun Facebooknya pada Senin, 11 Januari. David Bowie meninggal setelah 18 bulan mengidap kanker.

Sebelum wafat, David Bowie dilaporkan meminta abunya disebarkan di Bali. Hal itu terungkap melalui surat wasiatnya di Pengadilan Manhattan, Amerika Serikat pada Jumat, 29 Januari.

(BACA JUGA: Kesedihan para selebriti dunia atas meninggalnya David Bowie)

Harian New York Post mengutip isi surat wasiat Bowie yang meminta agar abunya disebar di Pulau Bali sesuai dengan adat agama Budha.

Surat kabar tersebut juga melaporkan bahwa Bowie mewariskan uang sejumlah US$100 juta dan rumah mewah di kawasan Soho, New York, untuk istrinya supermodel kelahiran Somalia, Iman.

Dua anaknya, pembuat film Duncan Jones dan anak perempuannya Lexi mendapatkan sisa harta Bowie.

Alan Rickman

Foto oleh Gabriel Bouys/AFP

Aktor asal Inggris Alan Rickman, dilaporkan meninggal dunia pada Kamis, 14 Januari dalam usia 69 tahun.

“Aktor dan sutradara Alan Rickman telah meninggal dunia karena kanker dalam usia 69,” kata pihak keluarga dalam sebuah pernyataan.

Pemeran Profesor Snape dalam delapan film Harry Potter ini menghembuskan nafas terakhirnya dengan dikelilingi orang terdekatnya.

Semasa hidupnya, Rickman merupakan aktor dengan segudang prestasi. Ia pernah mendapatkan penghargaan Golden Globe sebagai aktor miniseri terbaik untuk perannya dalam Rasputin: Dark Servant of Destiny di tahun 1996.

Ia juga pernah mendapatkan penghargaan BAFTA, anugerah film Inggris, untuk aktor pendukung terbaik.

Prince

Foto oleh Bertrand Guay/AFP.

Pemilik nama asli Prince Rogers Nelson ini meninggal dunia di usia 57 tahun. Prince dilaporkan meninggal di kediamannya di Minnesota, Amerika Serikat pada Kamis, 21 April.

Penyebab kematian Prince tidak langsung diumumkan ke publik karena harus melewati serangkaian investigasi. Barulah sekitar dua bulan setelah ia meninggal, penyebab kematiannya terungkap.

Seorang sumber di kepolisian menyebut berdasarkan hasil tes Prince meninggal akibat overdosis obat jenis opioids.

Dalam ilmu kedokteran, opioids adalah obat penghilang rasa sakit seperti methadone dan morfin. Sementara, berdasarkan laporan yang dikutip oleh laman New York Daily News, 6 hari sebelum meninggal, Prince sempat menerima perawatan konsumsi obat yang berlebihan.

Prince menjadi bintang internasional pada tahun 1980an melalui beberapa album seperti 1999, Purple Rain dan Sign’O the Times. Selama berkarier, Prince sudah merekam lebih dari 30 album dan sudah terjual lebih dari 100 juta album.

Beberapa lagunya yang hits di dunia antara lain Let’s Go Crazy dan When Doves Cry. Sementara di Indonesia, Prince dikenal melalui lagu The Most Beautiful Girl in the World.

Christina Grimmie

Foto oleh Manman Dejeto/Rappler.com

Christina Grimmie, penyanyi yang terkenal sejak menjadi kontestan ajang pencarian bakat The Voice, meninggal dunia karena ditembak sesaat setelah konsernya di Orlando, Amerika Serikat.

Penyanyi bernama lengkap Christina Victoria Grimmie tersebut meninggal dunia pada Sabtu, 11 Juni, setelah beberapa jam mendapatkan perawatan intensif paska ditembak pada Jumat malam, 10 Juni. Christina meninggal dunia di usia 22 tahun.

Sepekan setelah Christina Grimmie tewas ditembak, jenazahnya akhirnya dimakamkan pada Jumat, 17 Juni.

Upacara pemakaman dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat Christina. Mentor Christina di The Voice, vokalis Maroon 5, Adam Levine, dilaporkan membiayai pemakaman tersebut.

Gene Wilder

Foto oleh: Mychele Daniau/AFP.

Aktor Gene Wilder menghembuskan nafas terakhir di kediamannya di Stamford, Connecticut, Amerika Serikat pada Senin, 29 Agustus.

Aktor yang dikenal karena peran fenomenalnya di film Willy Wonka and the Chocolate Company (1971) ini meninggal dunia akibat komplikasi penyakit alzheimer yang sudah dideritanya selama tiga tahun terakhir.

Selama itu pula, Gene dan keluarganya sepakat untuk tidak mempublikasikan penyakit yang dideritanya tersebut.

Gene mengawali kariernya sebagai aktor di film Bonnie and Clyde di tahun 1967. Tapi nama Gene benar-benar mulai dikenal saat membintangi film The Producers (1968) besutan sutradara kondang Mel Brooks.

Hingga kini, The Producers masih disebut sebagai salah satu film komedi klasik terbaik yang pernah ada. Atas perannya sebagai Leo Bloom di film The Producers tersebut, Gene pun diganjar dengan nominasi Best Supporting Actor di ajang Academy Awards ke-41 di tahun 1968.

Saat berperan di film Willy Wonka and the Chocolate Factory, Gene mencuri perhatian jutaan penikmat film, terutama anak-anak dari seluruh penjuru dunia. Perannya sebagai Willy Wonka, sang raja cokelat, membuatnya dicintai banyak orang. Beberapa film lain yang juga melambungkan nama Gene adalah Young Frankenstein (1974) dan Silver Streak (1976).

Leonard Cohen

Foto oleh Diego Tuson/AFP.

Leonard Cohen, penyanyi dan pencipta lagu asal Kanada yang sudah berkarier selama hampir lima dekade, meninggal dunia pada Jumat, 11 November.

Namun baru beberapa hari setelahnya, penyebab kematian Cohen diungkap lewat pernyataan manajer Cohen yang bernama Robert Kory yang menyebutkan bahwa Cohen meninggal dunia dalam tidurnya.

“Kematiannya sangat tiba-tiba dalam damai,” kata Kory di website resmi Cohen, Cohencentric, Rabu, 16 November.

Cohen meninggal dunia di usia 82 tahun. Jenazahnya dimakamkan di sebuah pemakaman di Montreal, Kanada, berdampingan dengan makam ayah dan ibunya serta putranya, Adam.

Selama berkarier nyaris lima dekade, Cohen menulis banyak lagu bertema agama, cinta, depresi, bunuh diri, politik dan perang. Tercatat lebih dari 2,000 lagu pernah diciptakan oleh Cohen selama hidupnya.

Sejumlah musisi dunia pun pernah menyanyikan ciptaannya seperti U2, Elton John, Sting, Trisha Yearwood dan Aretha Franklin.

Salah satu lagu terbaik yang pernah dibawakan Leonard Cohen adalah Hallelujah yang ada di album Various Positions.-Rappler.com

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!