Paslon cagub-cawagub DKI tiba di lokasi debat pertama

Ursula Florene
Paslon cagub-cawagub DKI tiba di lokasi debat pertama
Apa yang sudah dipersiapkan oleh Agus, Ahok, dan Anies?

JAKARTA, Indonesia — Menjelang debat publik pertama calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, anggota tim sukses sudah mulai berdatangan, pada Jumat petang, 13 Januari. Bahkan, salah satu calon gubernur pun sudah tiba sejak sore hari.

Ketua Tim Pemenangan Ahok-Djarot, Prasetyo Edi, mengatakan kedua paslonnya sudah siap. 

“Basuki Tjahaja Purnama dengan Pak Djarot sudah siap. Apa yang akan dipertanyakan akan dijawab kita sama-sama. Kami semua, saya sebagai ketua tim, diberikan ketenangan dalam perdebatan nanti,” kata Prasetyo di Hotel Bidakara, lokasi debat perdana dilangsungkan, pada Jumat.

Ia mengaku optimistis dengan debat hari ini, karena menurutnya pasangan petahana sudah memegang pembangunan Jakarta selama memimpin. Pengalaman ini pun membuat mereka tak perlu lagi melakukan persiapan khusus.

Prasetyo tiba sejak sekitar pukul 5 sore, namun ia menginformasikan kalau Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama sudah tiba terlebih dahulu. “Pak Djarot masih di jalan,” katanya.

Awak media pun sempat bertemu dengan istri Ahok, Veronica Tan. Ia enggan mengomentari tentang debat yang akan dihadapi suaminya.

“Saya di sini sebagai bentuk dukungan,” kata Veronica.

Sementara itu, juru bicara Timses Agus-Sylvi, Nachrowi Ramli, mengatakan calonnya juga sudah siap menghadapi debat. “Tidak ada persiapan khusus, sudah lewat gerilya ke masyarakat,” kata Nachrowi.

Sekitar pukul 18:19 WIB, pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni sudah tiba di lokasi. Kepada media, Agus menceritakan soal persiapannya saat dimentori sang ayah, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ia juga berbagi nasehat yang diberikan kepadanya. “Pesannya adalah be confident, kemudian tenang dan bisa menghadapi semua pertanyaan dengan baik. Itu harapan beliau, dan saya jadikan prinsip dalam debat ini,” kata Agus.

Anies tiba didampingi keluarga

Calon gubernur nomor urut 2, Anies Rasyid Baswedan, pun telah tiba di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, sekitar pukul 19:00 WIB. Ia tiba bersama ibunya, istri, dan anaknya yang berkunjung dari Yogyakarta.

“Kebetulan juga ibunda dari Yogya masih libur. Beliau masih mengajar di Yogya, kampusnya belum mulai. Masih liburan di Jakarta, jadi kita ajak di sini,” kata Anies.

Ia sendiri merasa debat ini tidak ada beda dengan sebelumnya secara substansi. Namun, memang lebih besar perhatian yang didapatkan lantaran diselenggarakan oleh KPUD Jakarta.

Menurutnya, debat ini adalah kesempatan bagi warga Jakarta untuk mengetahui calon gubernur dan wakil gubernur dengan lengkap. Ia juga merasa tema yang diberikan hari ini, ekonomi sosial, dapat dieksplorasi secara luas.

“Banyak hal yang bisa didiskusikan di situ dan saya rasa, saya yakin warga Jakarta memang menginginkan kita untuk bisa memberikan kesejahteraan,” katanya.

SBY dan Ani datang, Megawati belum pasti

Sebelumnya, diberitakan kalau orang tua Agus, Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono akan datang menyaksikan langsung putranya berdebat. Nachrowi mengatakan, keduanya memang akan menontong langsung.

“Mungkin agak terlambat, tetapi seperti biasa, ibu [Ani] yang akan datang duluan,” kata dia.

Sementara itu, Prasetyo belum bisa menjamin apakah Ketua Umum Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) Megawati Soekarnoputri akan datang. “Masih tentatif,” katanya. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.