Indonesia

Aksi 112: Ribuan orang padati Masjid Istiqlal

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Aksi 112: Ribuan orang padati Masjid Istiqlal
Calon wakil gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono terlihat di antara peserta tausiyah.

JAKARTA, Indonesia — Ribuan massa peserta tausiyah 11 Februari yang digelar oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF MUI) telah berdatangan ke Masjid Istitqlal, Jakarta.

Banyak dari mereka bahkan telah tiba di Istiqlal sejak tengah malam tadi. Mereka datang dengan menggunakan bus ataupun motor.

Mereka tak hanya datang dari Jakarta, tapi juga dari berbagai daerah. GNPF MUI Ciamis, misalnya, mengirimkan ribuan orang dari berbagai pondok pesantren.

Para peserta tausiyah ini berkumpul di Masjid Agung Ciamis terlebih dahulu sebelum meluncur ke Jakarta dengan menggunakan puluhan bus pada Jumat malam. 

“Perkiraan massa 50 bus,” kata Ketua GNPF MUI Ciamis, Deden Badrukamal kepada Rappler, Jumat 10 Februari 2017.

Selain GNPF MUI, massa Aliansi Pergerakan Islam (API) Jabar mengirimkan jamaah mereka ke Jakarta pada Jumat hampir tengah malam. Mereka datang dengan menggunakan bus.

“Yang diberangkatkan dari Pusdai (Pusat Dakwah Islam) Jabar antara 10-20 bis,” kata Ketua API Jabar, Asep Syaripudin saat dihubungi, Jumat.   

Di Masjid Istiqlal, peserta aksi 112 menggelar salat tahajud berjamaah pada sekitar pukul 02.15 WIB. Sebelumnya mereka sempat mendengarkan ceramah dari Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar.

Setelah itu mereka menggelar salat Subuh berjamaah. Pemimpin Pondok Pesantren Az Zikra, Arifin Ilham, kemudian mengajak peserta`berzikir bersama.

Di antara masa yang hadir, terdapat Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyon0. Keduanya adalah calon gubernur DKI Jakarta. Juga terlihat Sandiaga Uno, wakil calon gubernur pasangan Anies. Mereka mengikuti tahajud dan subuh berjamaah dan melakukan zikir bersama.

Sampai saat ini sejumlah massa masih terlihat berdatangan ke Masjid Istiqlal, meskipun hujan juga masih mengguyur. Mereka mencoba masuk ke dalam masjid yang sudah disesaki oleh jamaah. —dengan laporan Yuli Saputra/Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!