8 selebriti tanpa akun media sosial

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

8 selebriti tanpa akun media sosial
Di tengah riuhnya penggunaan media sosial, para selebriti ini justru memilih untuk menghindar

JAKARTA, Indonesia – Di era di mana media sosial marak digunakan untuk mengekspresikan diri dan berbagi informasi, para selebritis ini justru memilih untuk tidak menggunakan media sosial sama sekali.

Dan keputusan mereka ternyata tidak berpengaruh apapun terhadap karier dan pencapaian. Kemampuan para selebriti ini untuk tidak mengekspos kehidupan dan karier mereka patut diacungi jempol.

Berikut sebagian selebriti yang masih bertahan tanpa memiliki akun media sosial.

George Clooney

Untuk banyak hal, suami dari Amal Clooney ini memang tertutup, terutama untuk soal kehidupan pribadinya. George pun menepi dari dunia media sosial. Dalam sebuah wawancara dengan Esquire tahun 2013 lalu, George menyebut dia tidak mengerti mengapa ada public figure memiliki akun Twitter.

“Dengan Twitter, kau akan lebih terekspos. Belum lagi jika suatu malam kau mabuk dan ketika kau sampai di rumah, kau kesal terhadap orang yang sedang kau tonton di televisi dan mau membalas. Lalu kau pergi tidur dan ketika terbangun, seluruh kariermu sudah berakhir. Atau hal-hal lain yang dapat terjadi di malam kau mabuk mendadak tersebar ke seluruh penjuru dunia bahkan sebelum kau bangun,” ungkap George.

Julia Roberts

Senada dengan sang sahabat, George Clooney, Julia Roberts pun memilih bergabung dengan pasukan selebriti tanpa akun media sosial. Aktris berusia 49 tahun menganggap media sosial ibarat godaan. Sekali terjatuh, selamanya akan terikat pada media sosial.

Kepada Marie Claire di tahun 2013, Julia pernah menyebut bahwa ia lebih nyaman berhadapan dengan orang lain secara langsung. “Ada unsur anonimitas yang membuat orang merasa aman berpartisipasi dalam tindak kebencian. Aku sendiri menyukai gaya kelahi dengan tangan kosong. Jika memang orang-orang saling kesal satu dengan yang lain. Aku hanya merasa jika kamu benar-benar marah dan ingin berkelahi, berkelahilah.” 

Benedict Cumberbatch

Pemeran Doctor Strange ini pun memilih memprioritaskan privasi ketimbang membuka diri pada seluruh orang di dunia lewat akun media sosial. Kata Benedict, ia tidak mungkin bisa menyelamatkan hidupnya lewat ocehan di media sosial.

“Itu akan menghabiskan energiku dan buatku keseluruhan ide itu sangat beracun. Aku jauh lebih memilih untuk menghabiskan energiku untuk melakukan hal yang sedari awal membuat orang-orang menaruh perhatian terhadapi, yang adalah pekerjaanku,” kata Benedict pada majalah People tahun 2016 lalu.

Jennifer Lawrence

Bukan sekali dua kali, Jennifer Lawrence menjelajah dunia maya dan menemukan banyak akun media sosial yang menggunakan namanya. Bisa dipastikan, semua akun itu palsu, karena aktris berusia 26 tahun ini tidak memiliki akun media sosial sama sekali.

Pada BBC Radio, di tahun 2014, J-Law, begitu ia akrab disapa, memang mengaku tidak terlalu mengikuti tren teknologi. “Aku bahkan tidak terlalu bisa mengikuti email, jadi ide Twitter sendiri buatku sangat sulit untuk dicerna. Karena internet sudah terlalu sering mencemoohku, dan aku merasa seperti gadis SMA yang selalu menjadi bahan pembicaraan orang-orang.”

Kate Winslet

Menurut aktris berusia 41 tahun ini, media sosial saat ini sangat berpengaruh untuk menentukan kadar kepercayaan diri seseorang, terutama kaum perempuan. Kate melihat, dengan media sosial, banyak orang seperti tidak memiliki identitasnya sendiri.

“Karena apa yang mereka lakukan adalah sibuk merancang banyak hal supaya orang menyukai mereka. Dan apa yang terjadi setelahnya? Eating disorder. Dan itu membuatku emosi. Itulah kenapa aku tidak memiliki akun media sosial,” ujar Kate pada Sunday Times tahun 2015 lalu.

Kristen Stewart

Sejak popularitasnya meroket usai membintangi serangkaian film Twilight, seorang Kristen Stewart justru semakin tidak nyaman berbagi soal kehidupan pribadi dan pencapaian kariernya lewat media sosial.

Kristen yang tahun ini berusia 27 tahun lebih memilih untuk berbicara langsung, atau paling tidak lewat telepon, jika ingin berkomunikasi dengan orang lain. “Kalau lewat teks atau percakapan media sosial, itu seperti dialog antara dirimu dan interpretasimu terhadap bayangan. Itu adalah bahasa baru. Tapi kemudian kamu jadi kecanduan tak bisa lepas darinya,” kata Kristen saat diwawancara V awal Maret lalu.

Reza Rahardian

Tak hanya selebriti luar negeri, beberapa selebriti dalam negeri pun masih bertahan tanpa menggunakan media sosial. Salah satunya adalah aktor Reza Rahadian. Saat berbincang dengan Rappler tahun lalu, aktor berusia 30 tahun ini memilih berinteraksi langsung.

“Saya senang ngobrol. Lebih suka interaksi lebih senang ngobrol. Saya enggak betah berlama-lama di device. Saya berkarya hampir 11 tahun dengan atau tanpa sosmed, berjalan saja.”

Sarah Sechan

Selasa, 28 Februari lalu, Sarah Sechan mengunggah foto diri sekaligus keterangan foto yang menyebutkan bahwa dirinya memutuskan untuk tidak mengunggah apapun lagi di akun Instagramnya. “Hidup di media sosial sangat melelahkan dan telah menyita banyak waktu saya sebagai ibu. Terima kasih telah menjadi follower saya yang luar biasa,” tulis Sarah saat itu.

Namun, ternyata Sarah menemukan jalan untuk kembali ke media sosial. Nyaris dua bulan setelah memutuskan untuk berhenti meng-update akun Instagramnya, Sarah kembali. Tapi ia memilih cara berbeda, kembali sebagai sosok anjing baru peliharaannya. Sarah bahkan mengganti nama akunnya menjadi nama anjingnya, shokuthetoy.

Setelah kembali, Sarah tidak pernah mengunggah foto dirinya, dan hanya berfokus pada kisah-kisah keseharian anjing peliharaannya. 

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu memilih untuk menggunakan sosial media atau tidak? Bagi pendapatmu di kolom komentar di bawah ini! -Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!