Polisi tangkap inisiator bom Kampung Melayu

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Polisi tangkap inisiator bom Kampung Melayu
Ia diduga memberikan target kepada pelaku bom bunuh diri

JAKARTA, Indonesia — Detasemen Khusus 88 Antiteror menangkap dua terduga teroris dalam kasus bom bunuh diri di Kampung Melayu, Jakarta Timur. Seorang di antaranya diduga merupakan orang yang memberikan target dan arahan kepada pelaku bom bunuh diri.

Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan kedua pelaku tersebut masing-masing berinisial WT dan MA alias AN. Menurut Martinus, MA adalah terduga pelaku yang menginisiasi penyerangan bom bunuh diri. 

“Keterlibatan MA pada 19 Mei 2017 memimpin pertemuan di (pengajian) Assunah bersama-sama dengan MI alias Iqbal dan dua pelaku bom bunuh diri yaitu Ichwan Nurul Salam dan Ahmad Sukri. Dia juga memberikan arahan kepada kedua pelaku bom bunuh diri Kampung Melayu,” kata Martinus dalam keterangan yang diterima, Rabu 7 Mei 2017.

Martinus menambahkan, MA ditangkap di daerah Pasir Biru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Rabu pukul 07.45. Sedangkan WT dibekuk di Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kota Bandung pada pukul 11.30. WT. 

“Yang bersangkutan ikut melakukan pertemuan di Assunah dan merupakan ketua Tim Asykari Assunah yang beranggotakan di antaranya adalah Ahmad Sukri dan Ichwan Nurus Salam yang merupakan pelaku bom bunuh diri Kampung Melayu,” kata Martinus.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua ledakan terjadi di dekat Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, pada Rabu malam, 24 Mei 2017. Akibat ledakan ini tiga anggota Polri tewas dan 6 anggota Polri lainnya mengalami luka-luka. Ledakan juga menyebabkan 5 warga sipil terluka.

Ledakan diduga berasal dari bom bunuh diri yang dilakukan oleh dua pelaku. Keduanya, yakni Ahmad Sukri dan Ichwan Nurus Salam, tewas di tempat. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!